Sabtu, 05 Maret 2011

Bahasa Vagina Indonesia

tulisan ini akan diawali dengan kata : MAAF !
maaf kalau banyak kata-kata dan aneka bahasa yang berbau selangkangan. bukan maksud porno. tapi apadaya memang tulisan ini membahas tentang selangkangan dari sudut perbahasan!

okey. cekdisout!

————————————————

Indonesia. semua juga tau kalau negeri kita yang betapa-oh-indahnya ini sangat dan sangat mengedepankan itu yang namanya KESOPANAN!

Segala rupa sisi hidup masyarakatnya selalu memperhatikan unsur yang satu itu. mungkin karena negeri betapa-oh-indahnya ini ketimuran, mungkin karena kebiasaan nenek moyang atau mungkin juga faktor sok-sokan.
Yang jelas tetek bengek di negeri Indonesia ini mengedepankan sekali satu kata itu : SOPAN!
Dan karena mungkin-mungkin itulah kesopanan juga masuk menyusup menyungsep ke kancah perbahasaan negeri betapa-oh-indahnya ini.
Beda kasta beda bahasa, sama orang tua lain lagi ceritanya, dengan teman sebaya EYD kabur gak tau kemana, sama lawan woyooo saatnya absen kebun binatang ragunan, ngomongin selangkangan? aw. jangaaaaaaaaan!




Lalu dunia perbahasaan selangkangan kena imbas paling besar. Entah kenapa mengapa ada apanya, tapi perbahasaan selangkangan negeri ini jadi minder gak karuan. Sampai akhirnya para pernak-pernik selangkangan seperti punya banyak jelmaan. Saya pernah bertemu beberapa dari jelmaan mereka. Diantaranya adalah : Anu, Ms.V, Meki, Kemem, Gua, Barang, Mekay, Ms. Happy, dan banyak lagi lainya yang malu-malu waktu saya ajak kenalan.

Ada satu jelmaan yang paling terkenal seantero Indonesia raya, namanya : VAGINA!

Entah gimana cerita pada jaman dulunya, yang jelas jelmaan yang satu ini diterima banyak manusia Indonesia sebagai kata yang paling dianggap sopan untuk memanggil menyebut mengistilahkan itu si aktor utama kelamin perempuan. Padahal ya, VAGINA bukan bahasa Indonesia. Dia berasal dari bahasa Latin sana. Nih sumbernya : http://www.merriam-webster.com/dictionary/vagina

padahal ya bahasa Indonesia menyediakan dengan gratis istilah untuk menyebut si pernik selangkangan perempuan. Coba intip Kamus Besar Bahasa Indonesia. dengan cuma-cuma kita bisa menggunakan kata PEPEK untuk menyebut kemaluan perempuan.

Tapi kenapa seantero Indonesia lebih menganggap sopan si vagina, ya?

Untuk dunia kedokteran, biologi, kesehatan dan segala kawan-kawannya. ya gak apa-apa ya.. secara itu urusan dunianya mereka dan kawan-kawannya. Tapi yang jadi pertanyaan, kenapa masyarakat kita menganggap sopan si vagina ? trus si vagina jadilah digunakan dimanamanamana. Kenapa gak menyebutnya dengan Pepek? padahal itu yang dicatat bahasa Indonesia sebagai istilah untuk kelamin perempuan. Apa karena alasan kesopanan? atau dari nenek moyang emang udah kebiasaan demikian? atau masyarakat Indonesia yang terlalu gak mau tau tentang tetek bengek bahasa Indonesia? atau MUNGKIN lagi faktor sok-sokan? hahahahhaa.

hmm. PR untuk mereka gak tau siapa.

eh? pada heran ya? kenapa yang saya bahas cuma seputaran selangkangan perempuan  hahaha tenang tenang.. selangkangan laki-laki sudah diulas oleh Paman Syam sang idola aneka remaja.
Silakan nikmati Burung Si Dick :)

Purwokerto, lupa tanggal juli 2010


Gimana kalo aku nulis……. MEM*K? hahahahaha pasti pada bilang aku gak sopan, ya? ayo cari tau dulu artinya apa. di kamus juga ada.

Taruhan! gak akan ditemukan bau selangkangan di kata yang satu itu. hihihihihihi  :)

10 komentar :

  1. extraordinary post...bravo ***plokplokplok***

    BalasHapus
  2. hehe makasih om todi :)

    BalasHapus
  3. hehe baru tau ya? semoga informasinya bermangpaat yak :D

    BalasHapus
  4. ane ngikut aja lah..
    "meky" juga boleh.
    kalo "memek" kan kedengarnya mentah banget tuh.
    Hihihi.. :D

    BalasHapus
  5. memek tuh kan Mama yak?

    di beberapa daerah orang biasa manggil mama dengan sebutan Memek..

    BalasHapus
  6. om samani : hehe terserah om aja pngen nyebutnya apa. asal tetep sopan. katanya :D

    Gaphe : kalo di KBBI, memek itu artinya merengek. tapi aku baru tau kalo ada daerah yang manggil mama dengan sebutan memek :)

    BalasHapus
  7. @Gaphe : hihi aku abis cari tau. memek itu artinya Mama dalam bahasa bali. dan bukan memek sebenernya, tapi meme' :)

    BalasHapus
  8. Iya, bener, dalam bahasa Bali, cara menyebutnya adalah: meimei.

    BalasHapus
  9. Dari seluruh tulisan yang pernah saya baca, dari setumpuk majalah yang memenuhi ruang tamu, dan berlapis lapis koran serta buku dimeja sana..tulisan ini paling edukatif dan paling horor..hahahha

    salut untuk BAHASA SELANGKANGAN....

    Uppss. dalam bahasa BUGIS disebut LESSI ..hahhha

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...