Senin, 04 April 2011

Buang Waktu Luang dengan Kolaborasi Manual dan Digital

Baca buku, bosen! mau nulis juga lagi gak ada ide, mau smsan gak punya pulsa, mau pacaran tapi pacarnya sibuk entah kemana. Sampe tiba-tiba menemukan mainan baru yang sumpah gak boong SERU BANGET ! mainan yang bikin betah di kamar seharian dan lupa sama makan! hihihihi. aku nyebut ini sebagai kolaborasi manual dan digital. Untuk para designer grafis profesional, mainan kayak gini udah dari jaman kapan tau. Tapi secara si Pungky ini kuper, makanya baru siang tadi menemukan mainan yang super duper hypermegatron extra seru sekali ini. hahahaha norak ya. Bodo amat ah.


AYOO ! IKUT MAIN MAINAN BARU PUNGKY!!  :D :D

Modalnya : pamflet bekas yang bagian belakangnya putih polos, spidol hitam merek snowman dua (satunya seribu maratusan di warung), kamera (kamera poket atau kamera hape juga bisa kok), adobe photoshop CS, dan rasa lapar yang mendesak untuk berubah menjadi seabrek ide kreatif di kepala. Hahaha


Cara mainnya gampang! nih tahapannya. Teretteretteretttteeereeet…
Pertama, mari menggambar manual di pamflet bekas yang di balik (jangan pake kertas baru ! sayaaaaaaang. Kata Mama nanti bumi nangis kalo buang-buang kertas. Mamanya siapa gatau hahahhaa). Gambarnya pake spidol item yang beli di warung seribumaratusan. Gambar apa aja  apapun yang ada di kepala. Keluarin ! urek-urek semua imajinasi ke atas kertas. Bagus enggak nomer dua, yang penting sotoy sok-sokan bisa gambar ! hahahaha. aku gambar beginian. pasti ada yang inget gambar ini pernah ada ditulisan ini. hehe


Setelah digambar, hasilnya kita foto pake kamera. Kamera apa aja bisa kok. Kenapa di foto? ini sebagai pengganti mesin scanner. Secara ya scanner itu harganya mahal banget dan si Pungky kerenya juga banget. Jadi kita foto aja pake kamera, biar si gambar bisa masuk ke komputer.


Setelah di foto, tentu aja si gambar spidol tadi kita masukin ke komputer. Terus kita olah deh di Adobe Photoshop. Kalo aku makenya yang photoshop CS. Soalnya cuman itu yang tersedia di komputer pinjeman. Hihihihi.
Oke? gambar masuk Photoshop? dan sekarang adalah saatnya OLAH DIGITAAAAL ….. taraaaaaaaa.

Langkah pertama di kotak Photoshop adalah dengan merapihkan si warna dan si cahaya. Gampang kok. Tinggal klik Shift + Ctrl + L, trus klik Alt + Shift + Ctrl + L, dan terakhir klik Shift + Ctrl + B .



Setelah warna dan cahayanya rapih, kita masukin lagi gambar lain ke Photoshop. Bisa berupa gambar tekstur atau gambar Motif yang ingin dijadikan background. Gambar apa aja deh boleh. Kalo aku kebetulan pake gambar Tekstur Kertas. Gambarnya juga boleh malak dari Om Google. Hehe. Cari aja, banyak kok. Tapi yang Stockphoto ya. Biar gak diomelin yang punya gambar. hiiii

Setelah si gambar ke dua tadi masuk ke Photoshop, selanjutnya adalah dengan menumpuk ke dua gambar tadi. Gampang! tinggal di drag, trus di seret ke gambar pertama tadi.


Nah, gambar udah numpuk nih. Langkah selanjutnya adalah menyatukan dua gambar tadi. Et tapi sebelumnya, si gambar ke dua tadi harus di sesuaikan bentuk dan ukurannya dengan si gambar pertama. Gampang lagi! cukup klik Ctrl + T, trus tarik-tarik deh gambarnya sampe gambar pertama tadi gak keliatan sama sekali. Setelah itu, pilih Multiply di kotak bawah kanan. Kalo mau coba-coba yang lain, silakan aja pilih selain Multiply di kotak yang sama. Nanti tumpukan gambarnya jadi berubah-ubah. Pilih aja yang sesuai selera. Hehe


Sip! gambar sudah menyatu. Ayo dikit lagi!
Untuk penyempurnaan. Tinggal klik Ctrl + L untuk atur-atur Levels nya. Abis itu Klik Ctrl + B, untuk atur-atur warnanya. Jangan ragu-ragu, geser-geser aja sesuka hati. Sampe nemuin paduan warna yang diinginkan.


Dan taraaaaaaaaaaa. Mainan kita sudah selesai….


Hasilnya bisa untuk macem-macem lho..
Selain untuk membuang-buang waktu luang, karya mainan yang satu ini bisa juga dipakai untuk membuat pamflet, brosur, untuk desain iklan cetak, untuk koleksi wallpapper, untuk narsis-narsisan dan pastinya… UNTUK BERKARYA GAYA-GAYAAN TANPA DUPLIKASI ATAU NYOMOT KARYA ORANG ! hahahahhahaha. Maap buat yang kesindir. Lagian kamu sih, bisa berkarya kok pake nyolong karya tetangga! hah!

buat kampanye rokok kan lucu. hehe


hihi. ini hadiah buat pacar sayang :D



kalo yang ini hadiah ulang taun buat permaisurinya om Edu :D




kamar kosan. 3 agustus 2010

selamat bermain :)

13 komentar :

  1. hihi...kreatif ya si Punky.... saya mah lom bisa... masih baru mau belajar sotoysop

    BalasHapus
  2. hehe terima kasih ibu guruuu. jadi mayu :D

    BalasHapus
  3. ahhh, make paint aja saya ngga bisa :D

    BalasHapus
  4. wihh gambarnya bagus,,, ajarin ajarinn ajarin,,,

    BalasHapus
  5. @eks : hehe gampang kok. kan diatas ada cara-caranya :D :D



    @Ewi : aduh. gimana cara ngajarinnya?? hihi

    BalasHapus
  6. berhubung narsis saya lagi kumat, jadi saya baru belajar potoshop *ga ada yg nanya-.-
    dan postingan ini tepat^^

    BalasHapus
  7. Punk, pake potoshop 7,0 bisa kan?? gambarnya keren, aku nyoba ahhhh :p

    BalasHapus
  8. @ Rini : ihweew. makasyooong rini :D :D *girang dibilang keren. ehem

    @fizerO : ihiy. geer aaah dibilang keren :D maacih eaaah :D

    @Nova : hehe selamat mencoba yaa :D

    BalasHapus
  9. @ajeng : bisa kok bisaaa. ayo cobain. ntar kalo udah jadi pamer yaaah. aku mau liat >.<

    BalasHapus
  10. Pngky, aku dah nyoba...seru!

    cuman aku nggak jago ngegambar kayak kamu :p

    BalasHapus
  11. widdih!!diliat dari pisi(baca:pc)nya pangki abis dah.. huahaakyknya jago ngegraffnya nih...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...