Rabu, 08 Juni 2011

Membuat Bergerak yang Tidak Bergerak

ketagihan ini diawali karena keisengan akut buat nyulap sampah-sampah di kosan jadi ’sesuatu’. kertas bekas, styrofoam bekas, dan ide segapok hampir jadi rongsokan di tempat sampah. sampe seorang teman ijig-ijig ngomongin soal gambar bergerak. yang dalam bahasa Batak biasa disebut sebagai stopmotion. menurut tuhan google dan nabi wikipedia. stopmotion adalah gambar bergerak. dan gambar bergerak adalah stopmotion. ya pokoknya intinya stopmotion adalah gambar yang disusun dan disatukan supaya si objek dalam gambar terlihat seperti bergerak. terus jadilah si objek bergerak. padahal aslinya gak bergerak. itu karena fotonya aja yang disusun jadi keliatan kayak bergerak

dan jadilah si sampah-sampah kosan tadi bereinkarnasi menjadi secuplik stopmotion. bermodalkan kamera kesayangan, barang-barang bekas tadi tuh yang hampir mendarat di tong item depan kosan, segapok ide sok-sokan kreatif, dan tentunya aplikasi maha yoi dari komputer yang membuat si gambar-gambar atau foto-foto tadi menjadi satu. banyak aplikasi atau software atau perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat stopmotion. tapi karena otak aku ini berisi kolaborasi dongo dan gaptek. jadilah aku menyatukan gerombolan foto-foto tersebut dengan menggunakan windows movie maker. hahahaha gampang! tersedia di komputer lagi. gak perlu nyari CD instalan ke sana kemari dulu.

bikinnya ya gitu deh. ngejelimet mengasyikan! bayangin aja. 400-an foto cuma jadi stopmotion satu menit coba. ngek banget gak sih. belom lagi ngegerakin si objek yang kudu detil. makin ngekngok banget sumpah pas motretnya ampe nungging-nungging pegel. gile aja, 400 foto!
tapi ya anu deh. pas jadinya dan pas ditonton sama banyak orang apalagi dibilang keren sama banyak orang, kerasanya jadi asoy bukan main. puas ampe ke ubun-ubun. dan terlintas satu kalimat dalam hati “gilaaa… yoi juga gue bisa bikin yang beginian”. hahahaha narsis itu halal.

ini dia nih hasil eksperimen pertama aku. pernah nongol di kompasiana.com. cuman lupa di tulisan yang mana. (males ngubek sebenenernya).



terus terus. aku ketagihan bikin. akhirnya pas ulang taun pacar, aku bikin lagi. tapi jelek. gambarnya pletat pletot, soalnya dibikinnya tengah malem sampe subuh-subuh. mau bikin pagi, tapi teringat kalo si pacar bakal ngapel pagi-pagi buta. jadilah hasilnya plitat plitut gak karuan. hahahaha video maker maha kuasa!



dan ternyata tanpa di duga. seorang dosen yang sangat yoi menantang aku pada suatu hari. katanya begini “sanggup gak kamu bikin stopmotion tentang metode penelitian”. tanpa diduga tanpa dikira, aku pun mengangguk. hahahahaha betapa oh si pungky ini. jadilah dalam tujuh hari aku harus ngejubleg buat bikin stopmotion tentang metode penelitian. gak usah ditanya kayak apa rumitnya. amit-amit! ngerangkum materi tiga mata kuliah maha ngekngok ke dalam stopmotion beberapa menit.
dan entahlah ini keajaiban darimana. aku pun ternyata sanggup membuatnya! heyoss. dibuat dengan 600 foto, dibantu seorang teman, seorang pacar, disokong dua kamera, dalam tiga hari pembuatan. jadilah stopmotion berdurasi DUA MENIT!! ngeeeeeeehhhhhhhh -____-



iya jadi seperti itu lah bagaimana proses ketagihan ini berlangsung sampai hari ini. sampai-sampai aku sudah menggepok-gepokan ide di kepala tentang cerita apa lagi yang akan digerakan dalam stopmotion ajaib hasil karya sendiri. hahaha tengil ye?
eh tapi bahagia juga, waktu seorang teman jauh ijig-ijig nyeletuk “pung. iseng-iseng deh bikinin video klip Jumping Baloon pake stopmotion, entar kalo bagus, lo gue promosiin ke temen-temen gue yang pada mau bikin video klip. lumayan pung siapa tau hobi aneh-aneh lu ini jadi duit”. iyak! nyengir.


Purwokerto. 2010

ini sebenernya si pungky punya janji buat ngasih tutorial kecil-kecilan tentang proses pembuatan stopmotion ke beberapa orang. cuman belon sempet ngetik. tugas kuliah lagi kayak tinja singa. jadi malah ngerepost tulisan lama. hahahaha groook.

18 komentar :

  1. Ciri khas Punky, selalu kreatip!

    ahhhh, gimana sih bikinnya >.<

    foto ama durasi nggak sebanding ya? tapi kerja keras selalu membawa hasil Punk, selonjoran gih dulu... hahah

    BalasHapus
  2. wahhahhahaa....kereenn pung, sumfah..tapi ribet juga yak cuman durasi semenit dua menit, tapi mesti pake ratusan poto..

    jadi inget sama pilm Shaun The Sheep, itu cara bikinnya kayak itu juga gak ya ?? -.-a

    BalasHapus
  3. Kreatif banget, keren...ayo terus berkarya, hehehe

    BalasHapus
  4. pung.. pung,.. tanyak. ntu ratusan foto yang kamu sebutin dipakek smua yah?? apa ratusan itu njepretnya, trus diambilnya beberapa??? kalo ratusan yang kamu sebutin itu yang jadi, trus yang jepret2nya doank lebih banyak lagi doonk????
    omigoooooodddd -_________________-"

    BalasHapus
  5. aw aw keren itu ,gw sama sekali gak ngarti gitu2an dan cuma bisa nikmatin apa yg ada di video =,=" (kesian gw)"

    eh iya tuhan google dan nabi wikipedia ?? maksudnya hihiihihii

    BalasHapus
  6. @ajeng : hahaha ayo bikin jugaaa. nanti ya kalo aku udah gak digrebek tugas kuliah seabrek2, aku bikinin tutorial sederhananya :)


    @OPI : pungkynya gak pernah nonton shaun the sheep... jadi enggak tauuuu :'(


    @claude : hehe ayooooo \(^o^)/



    @armae : ratusan itu yang dipake doang. kebayang kan pas motret harus berapa ribu foto yang dieksekusi. hahaha banyak bangetttttt >.<



    @om brikop : ayo om bikin ginian. gampang dan menyenangkan kooook :D

    BalasHapus
  7. thanks for the sweet comment! Cute blog you have here!

    BalasHapus
  8. wew. gw gak kebayang mesti berapa jam,ato malah berapa hari harus ngerjain itu? butuh kesabaran ekstra tuh..
    tapi menarik juga buat di coba. :D
    buruan dong kasih tutorialnya.. haha

    BalasHapus
  9. GILAAA!!!
    ULTRAMEN ISA BIKIN BEGINIAN!!!

    GYAHAHA

    Aul juga pernah bikin sih kak.
    Tapi KACAU BANGET.

    musiknya sama waktu transisi gambarnya acak-acakan... daaaan seratus kekurangan lainnya.

    akhirnya gak mau bikin lagi.
    Lebih suka yang gambar aja (gak dijadiin video) dan pastinya tapa musik.

    haha..


    salut!!

    BalasHapus
  10. waw keren banget, musti ekstra sabar banget ya

    BalasHapus
  11. keren kok, mau dong dibuatkan :)

    BalasHapus
  12. gak kebayang puuuuuuuuungg,.. *gak tega ngebayangin kamu nungging2 sambil jepret2* hahahaha

    tapi aku tertarik buat nyobak :D

    BalasHapus
  13. sumpah keren bgt, ajarin donk caranya punk, biar bisa bkin ndri :D hehehe.. *ngarep nyeehh

    BalasHapus
  14. @amber : you're welcome sweet :)


    @vivi : iyaaaa. sabar yaa. pelan pelan. soalnya susah bikin tutorialnya. hihi :D 8gaya bangeeet*


    @aul : bikin lagi dong kamuuuuuuuu. ayo buruan bikin. nanti aku tonton pasti :D

    BalasHapus
  15. @Fiction's World : iya. banget! kalo gak sabaran yang ada nanti videonya jadinya aneh :D hehe



    @Mama calvin : buatin ma? aduh. diusahain ya mama sayang. tapi gak janji. soalnya susah banget bikinnya. hehe :)


    @armae : buruan cobaaaaaaa. nanti kalo udah jadi pamer ke aku yaa :D

    BalasHapus
  16. kayaknya asik yak bikin ginian , wah tapi kalo aku yang bikin kayaknya bakalan ancur daah . sumfah keren , ane zuzur .

    BalasHapus
  17. Nah, ini dia nih, stopmotion. Untuk bikinnya harus telaten, sabar, dan tekun. :D

    BalasHapus
  18. lucuuu yang puasa mati gaya...haha makasih mak

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...