Selasa, 27 November 2012

Yuk Ngedongeng, Yuk!



Sebenernya ini cuma rangkuman dari hasl ngoceh sore di twitter beberapa hari yang lalu. Menjawab pertanyaan seorang teman yang tiba-tiba nanya “kamu sering banget bikin acara anak-anak di rumah singgah atau taman belajar, dari komunitas apa sih?”. Jadilah aku pengen berbagi lebih banyak ke temen-temen blog. Yuk ngedongeng yuk! Atau sekedar main bareng anak-anak di rumah singgah? Ayoook! :D

Aku ini hobi banget bikin acara anak-anak semacam dongeng sore atau sekedar main bareng. Biasanya di taman baca atau rumah-rumah singgah. Banyak yang nanya emang, aku ini dari komunitas apa. Kok sering menclok di acara anak-anak sana sini. Aku gak dari mana-mana. Sendirian. Kok bisa sering bikin acara anak di macem-macem tempat? Jawabannya adalah, aku menyusup di taman baca atau rumah-rumah singgah yang udah ada.

Iya, kalo kamu pengen bikin acara anak kayak dongeng atau sekedar main. nebeng aja ke taman baca atau rumah singgah yang udah ada dan udah terkelola. Banyak kok. Jelasin aja ke pengelolanya kalo kamu mau bikin acara buat anak-anak yang mereka urus. Tentukan waktu dan jamnya, terus minta tolong anak-anaknya dikondisikan sesuai jadwal yang udah kamu dan pengurus sepakati. Trus ya tinggal ajak temen-temen deket (atau kalo aku sih seringnya pacar. Hehe) buat bantuin acara kamu itu. Kan gak mungkin kalo kamu sendirian. Bakalan repot dan capek banget ngadepin anak-anak kecil yang terkadang rusuh dan susah diatur. Hihi. Gak tau ya, tapi kalo aku sih nemu aja temen yang mau diseret buat bantuin bikin acara anak-anak. Malah kadang suka pada bantu dana :D

Ngomong-ngomong soal dana, terus bikin acara dana darimana? Mmm... aku gak pernah pake dana. Bermodal wayang dari sumpit buat dongeng atau materi permainan anak boleh nyari di internet. hahaha kereee. Kalaupun ada temen yang bantu dana, biasanya aku pake buat beli hadiah. Hadiahnya juga paling alat tulis, paling bagus tempat pensil :D Kalo gak ada hadiah? ya gapapa. Balik ke niat awal. Kita kan dateng baik-baik untuk ngedongeng dan ajak mereka main bareng. Itu udah jadi hadiah istimewa buat mereka.

Nah, kita ngapain tuh di sana? Ya main! Main apa aja yang boleh nemu di internet itu. Yang edukatif ya.. atau minimal yang melatih kreatifitas dan daya pikir mereka. Kalaupun ribet, ya sekedar main kejar-kejaran juga gapapa. Itung-itung olahraga. Tapi jangan lupa, diselipin pesan-pesan tentang kerja sama atau tanggung jawab atau apalah biar gak mubazir capek doang. Eh jangan lupa dongengnya yaa. Ini penting banget. Kalau bukan kita-kita ini yang bermodal iseng, siapa lagi coba yang mau dateng dengan haha hehe terus dengan sukarela ngedongengin mereka. Kita ngedongeng atau ajak mereka main aja mereka pasti seneng kok. Gak tau deh, mungkin aku aja kepedean ya hahaha. Tapi bener deh, anak-anak di taman belajar atau rumah singgah seneng kok kalo ada yg ngajak main. Kan bosen main sama pengurus terus tiap hari.

Terus dapet rumah singgah atau taman belajarnya darimana? ya itu mah banyak-banyak begaul aja yak. hahahaha. *dikeplak pake prosotan*

8 komentar :

  1. hmmm..mang ga ada matinya deh tante pungky... full of inspiration :) kadang2 jadi ngiri masa muda saya ko belum bisa kasih kontribusi sama masyarakat #merenung... aniwei, MANTABBBBB...

    BalasHapus
  2. tetap konsisten ya pungky didunia anak, keren

    BalasHapus
  3. Aiiih Pungky dirimu keren sekaliiii (>o<)b
    Aku malah susah berkomunikasi sama anak-anak saking flatnya diriku (--" )

    BalasHapus
  4. itu kalimat paling terakhir ujungnya ngooooook hahahhaaa.. keep going on deh kaka pengki, semoga makin banyak anak muda yg masih ngelakuin hal kaya gini..

    BalasHapus
  5. Widiiiih inspiring banget kakpungg!!

    Aku juga suka dongengin anak-anak sih.
    tepatnya para sepupu dan keponakan yang kecil-kecil.
    banyaakkk...

    sering banget.
    soalnya kalo didongengin mereka keliatan seneng. terus nggak berantem. nggak ribut.

    jadi nggak repot kan

    hi hi hi

    BalasHapus
  6. inspiring mbak.
    keren. top! 4 jempol :))

    BalasHapus
  7. whuaaa mau dong jadi peserta rumah singgahnya biar bisa di dongengin kapung mihihi :D

    BalasHapus
  8. Lagi...ni aku malah belajar dari anak mudaah..kemana aku? sibuk kerja? cape ngurus rumaaaah yang berantakan *bolak-balik disentil suami..yang penting anak!!! hihii

    Tapi semalam aku dah dongengin anakku , meski lewat buku siiih * hayuk atuh segera, biarin rumah berantakan *yang penting pelototin mata buat pake tangan, mimik dan suara ini buat bikin ketawa anakkku dengan dongeng *tingkiu Pungky si makmud yang semangatnya gede banget.

    Salam
    Astin

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...