Selasa, 11 Februari 2014

Inilah Tulisan yang Menjebloskan Aku ke 50 Finalis Srikandi Blogger 2014




Masuk ke 50 besar finalis Srikandi Blogger 2014, buat aku, adalah sebuah kejutan yang....... eh sumpah ini juri gak salah nulis nama? Bho.. tau sendiri kan blog aku? Isinya cuma curhat dan curhat terselubung. Hahahaha. Dan emang awalnya aku sama sekali gak tertarik ikutan, udah tau ngirim cv aja pasti ditolak. Emailnya panitia udah punya 'alarm apa banget', kalo email dari pungky masup, tolaaaak! Saking apa bangetnya x))

Tapi, si Mak Tiri yang rewelnya gak kekontrol itu maksa aku buat ikutan (lagi lagi doi -_-). Semingguuuu doooong sosial media aku isinya kerusuhan dari beliau ini supaya aku daftar. Yasudyah, demi menyudahi kerewelan mamak gaoel satu itu, siapa tau hoki, daftarlah aku. Tahap awal untuk mendaftar dalam ajang bergengsi Srikandi Blogger 2014 adalah mengirim tulisan maksimal dua halaman tentang diri sendiri. 

Dan inilah tulisanku, dua halaman narsis yang berhasil membawa perempuan-mandi-dua-hari-sekali-tapi-kece ini ke 50 finalis Srikandi Blogger 2014. Ngok :))
 
Foto ini ikut di kirim ke juri lho.. Padahal peserta lain cuma kirim tulisan tanpa foto. Gak mau banget gak eksis :))




Bekerja, berkarya, bercita-cita dan menjadi mama di waktu yang sama, adalah saya. Saya percaya, dua puluh empat jam sehari terlalu cukup untuk melakukan banyak yang hal yang mau dan bisa saya lakukan. 


Saya bekerja, saya adalah seorang content writer dan social media specialist sebuah perusahaan kecantikan. Setiap hari, saya berhadapan dengan ribuan followers dan fans yang memanggil saya ‘Mimin’. Makmin.. mari kita tos! Tos! Saya berkarya, dengan menulis, menulis dan terus menulis. Saya bercita-cita, sekarang ini saya sedang stres setengah mati karena harus tandem satu lawan satu sama skripsi. Kalau Tuhan mengijinkan, Maret 2014 saya adalah sarjana ilmu komunikasi. Doakan, ya! Dan yang paling luar biasa, saya adalah seorang Mama. Bukan dari pernikahan selayaknya orang lain memang. Tapi, saya bersyukur, karena hari ini, saya adalah istri dari seorang suami hebat dan ibu dari seorang bayi jagoan. Tuhan memberikan jalan untuk saya dan keluarga kecil yang saya punya, berproses merakit kesalahan, menjadi sebuah syukur dan hidup yang luar biasa luar biasa.

Nama saya Pungky Febriyani, perempuan 23 tahun dengan nama pena Pungky Prayitno. Saya adalah seorang blogger yang gayanya lebih banyak dari prestasinya. Keren, ya? :))

Perjalanan ngeblog saya dimulai dari sebuah akun di multiply.com enam tahun yang lalu. Saat itu, saya adalah seorang junker forum online yang haus gaya dan popularitas. Tiba-tiba, semua orang di forum riuh dengan tren main multiply’, tentu saya tidak mau ketinggalan. Saya tidak menyadari kalau yang saya lakukan waktu itu mulai menapak aktivitas ngeblog dan membuat saya terjebak di dunia blog sampai sekarang. Saya hanya tau, saya punya diary online yang tidak semua anak SMA pada jaman itu bisa punya, dan itu keren. Maka saya menulis apa saja hampir setiap hari supaya semakin keren. Namanya juga anak SMA. Perempuan lagi. Buku diary (apalagi online) adalah barang gaya wajib punya.

Di usia 17 tahun saat itu, pertama kalinya saya mengikuti kompetisi blog. Sebuah kompetisi dengan tajuk Laurier Teen Blog Competition yang mengangkat tema reproduksi remaja. Tulisan saya tentang seks bebas dan tanggung jawab berjudul ‘Pembunuhan Paling Keji Bernama Aborsi’ menyabet posisi runner up. Saya ingat dan hafal betul kompetisi ini, kemenangan pertama kali saya di dunia blogging. Sayang, ‘takut ketawan pernah alay membuat saya nekat menghapus akun multiply saya dan segala jejaknya. Buku harian seorang Pungky remaja, sudah ditelan tempat sampah digital.

Kehilangan buku diary membuat saya lapar dengan halaman tulis baru. Sebuah web citizen journalism bernama Kompasiana sukses bikin saya nyantol dan menemukan diary baru dengan alamat: kompasiana.com/pungky. Saya sudah mahasiswa saat itu. Tulisan saya di Kompasiana bukan lagi diary remaja puber haus popularitas, melainkan diary mahasiswi kuper haus pengakuan. Hahahaha

Tahun 2010, saya membuka akun di blogspot.com. Akun yang ini bertahan hingga sekarang. Sampai detik ini, saya merawat dan menjadi ibu bagi tiga blog yang lucu-lucu dan imut-imut. Pertama, blog pribadi saya dengan alamat galaksipungky.blogspot.com. Sebuah galaksi. Semesta kecil tempat saya menjadi apa saja. Ruang pameran tempat saya menunjukan bahwa saya ada dan saya berkarya. Narsis, ya? Hahaha kalau gak narsis, bukan Pungky namanya. Blog lain beralamat arkadievichpramukti.blogspot.com, surga tempat saya mencatat perkembangan dan keseharian malaikat kesayangan. Blog terakhir adalah periperibersayappelangi.blogspot.com. Sebuah taman dengan langit luas mahaindah, tempat buku dongeng pertama saya, menceritakan perjalanan terbangnya.

Menulis, menulis dan menulis. Seperti belum kenyang dengan pekerjaan content writer dan keseharian merawat tiga blog. Sebulan sekali, saya menulis untuk blog keroyokan penulis-penulis muda yang mengaku antimainstream di kumpulanspasi.wordpress.com. Dulu, kami bernama Anggurmerah, tapi karena banyak yang insaf dan berhenti mabuk-mabukan, sekarang namanya diganti menjadi Spasi. Hahahaha penting banget.

Tapi sayang, sudah hampir satu tahun seluruh blog saya jalannya terseok. Serangan pasca persalinan mengerikan bernama Post Natal Depression benar-benar menyita energi yang saya punya. Serangan ini bertahan di tubuh saya sampai detik ini. Iya, detik saya menulis dua halaman narsis ini. Saya berusaha tidak menyerah, bersama tekanan depresi yang demikian dahsyat, saya terus menggerakan kaki supaya tetap melangkah. Tetap Hidup. Tetap bekerja, berkarya, bercita-cita dan menjadi Mama bagi sang malaikat surga. Walaupun sesekali semesta saya harus pasrah disita jerit jerit atau menangis susungukan di kolong kasur. Saya berusaha tetap melangkah. 

Soal serangannya pernah saya tulis, di sini http://theurbanmama.com/articles/melawan-post-natal-depression.html. Siapa tau Makmin atau MakPan kepo :))

Terakhir, saya mau protes sama MakPan. Kenapa maksimal dua halaman sih? Narsis saya jadi gak maksimal nih. Sedih ah :(


Purwokerto, 3 hari menuju 24 tahun, February 2014 

Yak, begitulah tulisan yang aku kirim. Iya, sama.. aku juga masih mikir. Ini juri yang lagi sakit mata, atau panitia yang salah nulis nama sih sampe aku nyangkut 50 besar? Apa dua-duanya yak. hahaha Entahlah.. disyukuri ajijah cyin.. mumpung mumpung.. bisa numpang eksis sekaligus eksyen :))

57 komentar :

  1. Wkwkwkkw. Aku pun mikirnya negitu pas kepilih. Makanya begitu dapet mensyenan di twitter aku ngakak ga brenti2.
    Ikutan juga ah tulis di blog. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kopi paste.. bukan ditulis x))
      Ayo posting.. nanti aku bagian keponya :D

      Hapus
  2. jiaaah, keren Pung. Nah track record pernah menang di kompetisinya Laurier itu apa coba? masa juara 2 diremehin sih? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahaha juara 2, 7 taun yang lalu :))))))))

      Hapus
  3. Eh... anak pertamaku juga aku besarkan di usia 23.. enak deh sekarang. Aku baru 44 dia dah 19 jadi ngobrolnya masih nyambung dan kami bisa jalan bareng kayak temen. Asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa... sekarang aja kalo ke mol berdua suka ditanya orang "mamanya kemana?". aduh X)))

      Hapus
  4. keren bgd resumenya....emg ya kalo udh bakat narsis.pengennya semua tulisan kita nyempil muka sendiri hahahaha #SalamNarsis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget. Bakat dari lahir. Gak nyempil muka gak lengkap rasanya :)))

      Hapus
  5. Aaaah, ini sih bagus. Menginspirasiii.
    Kalau punyaku tuh isinya biodata, kayak mau melamar ke pabrik bulu mata, Punk. Hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di post dong daaaah. mau bacaaaaa x)

      Hapus
  6. Keren..keren dech pung,pete menantimu qi,,qii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahahah Srikandi Pete 2014

      Hapus
  7. mamah muda yang hebaD...terus berkarya mah #eh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makmud. Mamak imud imud. Hahahahaha *pengennya*

      Hapus
  8. Mak Pung, aku keder baca ini. Masih muda, keren, imut dan menginspirasi banyak orang.
    Kamu pasti masuk 10 besar :)

    BalasHapus
  9. Ini pasti nulisnya sambil maem pete plus pake bulu mata anti badai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betoeeel sekaleeee... Wakakakakaka

      Hapus
  10. mahmud imut benar2 kepedean dalam bernarsis ya hehehe...tp saya suka saya suka kata si memey di upin ipin...semoga menginspirasi mahmud lainny ya..sukses ya

    BalasHapus
  11. weww...aseeek, nikah muda, biar cepat berkarya. Sukses ya mak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok aku nggak baca tulisan ini ya. Ini copy paste?
      *tarihujan*

      Hapus
  12. Lucu mak tulisannya, sukses yaaa....

    BalasHapus
  13. Bisa jadi paragraf terakhir yang bikin Makmin masukin ke 50 besar mak, biar makin depresi :D
    Btw...kepoin artikelnya di TheUrbanMama ahhh

    BalasHapus
  14. mak, semoga dimudahkan melewati semua ujian, merinding saya membacanya...mak Pungky harus kuat, jalan masih panjaaaang.

    BalasHapus
  15. Wah masih muda pengalamannya sudah demikian banyak. Semoga maju ke 10 besar

    BalasHapus
  16. Semoga sukses mak...biar lebih Narsis lagi....hehe

    BalasHapus
  17. Tulisannya renyah kya kerupuk, ga mboseni, suka dehh..
    Semangat trs mak Pungky.. Maju trs pantang mundur ;-)

    BalasHapus
  18. waaaah emang keren yaaakkk.... majuuu terooos maaaakkkk :-)

    BalasHapus
  19. Di usia yang masih muda dan telah memperoleh banyak sekali pengalaman hidup... telah membuatmu menjadi sosok yang kuat dan dewasa.
    Salut utkmu Mak Pung... Semoga bisa melaju ke 10 besar ya.

    BalasHapus
  20. ya ampunnnnn,kok kita g pernah ketemu ya di K mbk???hickz,,yah,jalannya ketemu di blogger dan Sb^^

    BalasHapus
  21. Ya ampun pung, gimana gak makjur milih kamu, rayuannya dahsyat begini..hihi
    kereeen!

    BalasHapus
  22. luar biasa mbak....
    saya dulu juga pengen banget menyalurkan hasrat menulis saya yang sebenarnya ada namun terkendala satu hal dan lainnya yang sudah menjadi kewajiban saya.....
    :)
    selamat ya mbak...

    BalasHapus
  23. pungkiiiiiiiii..... congrats and much love and success yaaa! muaaah! ^^

    BalasHapus
  24. hihi lucu yak...
    depresi boleh saja, tetapi namanya cinta blog tanpa henti. sipp. lanjutkan Mak :D

    BalasHapus
  25. Apa ya?
    Kayanya terpaksa aja, Pungk. Biar bisa ngajak kamu stand up comedy di panggung SB, hahahaha
    Engga deng bercanda. Kamu layak dan selamat deg deg an :D *Ketjoeps

    BalasHapus
  26. ini para finalisnya pada gak merasa hebat semua nih hihihihi....
    kirain dijeblosin kemana mak pungky hehehe.... smoga sukses ke 10 besar ya :D

    BalasHapus
  27. Muda dan bergairah, eh kreatif hihii, sukses Mak :)

    BalasHapus
  28. eh tapi ini asyik tulisannya, pungky :))

    BalasHapus
  29. terlalu singkat ya pung :) aku juga kepo mau baca linknya ah

    BalasHapus
  30. kepaksa pake banget masukin kamu, ponakan tiri hahahaha

    btw, para finalis ini rame2 upload cv-nya di blog dan bilang gak pede. padahal yg jadi penilaian juri bukan cuma cv. jadi kalo ngerasa cv-nya biasa2 aja, tapi kepilih, ya emang bukan karena cv-nya doang kaliii :D

    BalasHapus
  31. Hihihi ... mamam muda yang lagi lucu2nya ... alhamdulillah insap dan gak punya anggur merah lagi. Sukses dek ... *biar terasa muda, sesekali mau memanggilmu dek padahal ponakan2 saya ada yang jauh lebih tua darimu* :D

    BalasHapus
  32. sukses buatmu mak pungky.......keren keren!!!

    BalasHapus
  33. sukses ya mak punky... kepo ke link di TUM tenang PND, mewek.. semangat ya mak.. :)

    BalasHapus
  34. Bikin mati hati terharu biru nih, selamaaat yaa atas kekuatan semangat. Jadi malu sama Mak muda yang penuh motivasi nih :)

    BalasHapus
  35. Ga ada yang salah dengan mata MakPan dan MakJur kok, Punk, resume kamu memang layak to be selected! Hayuk, semangat dan terus menginspirasi yaaa. :)

    BalasHapus
  36. wkwkwk.. tengah malem begini baca postingan gokil ala mak pungky.. bikin speacless dah, t-o-p b-g-t.. sukses selalu ya mak, :)

    BalasHapus
  37. kayanya udah banyak yg diedit, nih... #curiga

    BalasHapus
  38. Fotonya itu lho yang buat terkesima, hehehe... Btw, selamat atas terpilihnya dalam finalis Emak-Emak Blogger ya. Tetap semangat Kaka... :-)

    BalasHapus
  39. Selamat ya punky dan idah sama sama jadi 10 besar niih..

    BalasHapus
  40. cara n isi tulisanmu okee mak Pungky, makanya kepilih.. ^^

    BalasHapus
  41. Bikin senyum2 saya padahal belum sarapan. Selamat .. agak telat
    Tulisannya inspiratif sekali.

    BalasHapus
  42. lucu banget gaya bahasanya pung ^^ aku baca dari atas smpe bawah pgn ketawa bbrp kali :))
    kerennn bisa jadi srikandi blogger 2014 :D sukses jg utk skripsinyaa~ ^^

    don't forget to join my giveaway

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...