Minggu, 23 Februari 2014

Kita Ada untuk Berbagi (?)


Hancur rasanya mendengar kabar dari saudara sendiri, salah satu anggota kecil kami kedapatan video porno di galeri ponselnya. Bukan yang biasa, video dari negeri sakura itu berbalut adegan kekerasan sampai jeritan kata-kata kasar. Pembelaan si kecil adalah tidak tau apa-apa. Sudah hancur tertimpa tangga, ayahnya marah besar dan sukses memenjara si kecil dalam kamar satu hari penuh sampai mengaku dapat darimana. Aku yang hancur.

Marah rasanya menjadi tempat cerita pembantu rumah tanggaku sendiri. Kisah datang dari cucu laki-lakinya, usianya belum genap 60 hari, sudah kenyang menelan susu formula bahkan bubur bayi kemasan. Kutanya mengapa, dan ketakutan sang ibu akan perih dan pegal di payudara adalah jawabannya. Perih karena puting belum beradaptasi dengan isapan bayi dan pegal karena aliran dalam payudara tidak lancar. Padahal solusinya sederhana. Tapi sayangnya tak pernah ada pengetahuan ASI sampai ke desa mereka.

Gemas sekali mendengar ocehan anak kecil yang tinggal tidak jauh dari rumahku. Gadis delapan tahun yang sudah fasih memaki ‘sialan!’ kepada teman-teman sebayanya. Kutanya kenapa ia sekasar demikian. Cerita panjangnya memberiku satu kesimpulan, perempuan kelas tiga sekolah dasar itu dendam dengan label “anak kafir” dari teman-temannya hanya karena dia berbeda agama.

Suatu hari satu setengah tahun yang lalu. Aku pergi mendongeng ke sebuah desa di pinggir Purwokerto. Bertemu anak-anak polos yang dengan senyum malaikatnya menyimak dan bahagia dengan cerita boneka tangan yang kubawakan. Selesai mendongeng seorang bapak datang, petinggi desa, mengeluh karena anak sebelah rumahnya tidak bisa ikut acara sore itu. Aku sedih karena ternyata tidak semua anak desa bisa datang, tapi lebih sedih lagi karena mendengar alasannya. Si anak tidak datang karena masih dalam perawatan. Duburnya di tusuk kayu oleh temannya sendiri. Spontan aku menangis saat mendengar usianya, korban adalah balita perempuan 3 tahun dan pelaku adalah anak laki-laki 5,5 tahun. Pemantiknya sederhana, berita kriminal di televisi. Kemana orang tuanya?

Alih alih sibuk dengan pekerjaan dan supaya anak senang. Seorang temanku membiarkan anak laki-laki 9 tahunnya bermain game online di warung internet seharian. Tidakkah sang ibu tau bahwa game online bukan sekedar permainan? Mengertikah sang ibu kalau game online adalah pintu masuk anak semata wayangnya menuju dunia maya yang sangat luas? Dunia dimana semuanya ada. Semua. Bahkan orang jahat yang berhasil menyedot habis ratusan ribu uangnya berdalih voucher-game-supaya-jagoan-cepat-menang untuk sang anak.

Aku marah, aku geram, aku hancur. Aku marah dengan segala kegagalan yang terjadi di sekitarku. Kegagalan yang sebenarnya solusinya sederhana. Kegagalan yang sangat bisa diantisipasi dengan pengetahuan dan kerelaan berbagi pengetahuan. Aku marah dengan diriku sendiri. Aku menangis untuk diriku sendiri. Aku memaki. Kemana aku selama ini?

pic source

Dan pertanyaan yang lebih besar datang,

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Sedangkan saudaraku sendiri gagal menjaga anaknya dari penyebaran video porno, padahal soal edukasi seks sejak dini bisa aku akses di internet dalam beberapa klik.

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Sedangkan cucu pembantuku sendiri kehilangan air susu ibunya sejak bayi merah, padahal soal ASI eksklusif bahkan alat perah ASI modern berharga juta sering aku tuliskan di halaman diary digital.

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Sedangkan gadis kecil yang setiap hari bermain di sekitar rumahku menjadi korban bullying sampai dendam, padahal soal bullying defense banyak  tertulis di dunia maya dan bisa aku akses kapan saja.

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Sedangkan teman-teman dongeng kecilku gagal dijaga orang tuanya dari kejamnya tayangan televisi, padahal soal literasi media pernah aku teriakan di dunia maya.

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Hari-hariku habis di depan komputer dan akses menuju dunia tanpa batas. Detik-detikku habis dengan tumpahan pengetahuan dari halaman halaman buku digital. Setiap hari, aku bernafas bersama sebuah komunitas perempuan-perempuan hebat.
Kumpulan Emak Blogger. 1490 perempuan Indonesia di seluruh dunia. Beragam latar belakang, pendidikan dan pengalaman. Berjuta-juta pengetahuan bisa aku keruk gratis dari apa apa yang mereka tuliskan. Setiap hari. Setiap waktu. Kapanpun aku mau.

Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?    
Sedangkan predikat Srikandi ini akan diberikan oleh sebuah
istana pengetahuan yang selalu berpesan “Kami Ada Untuk Berbagi”. Aku. Aku adalah bagian dari kami. Berbagikah aku? Pedulikah aku dengan orang orang terdekat yang setiap hari bersentuhan denganku secara nyata? Adakah aku untuk mereka?

---

Ini tidak bisa diterima. Aku ada dan aku ambil bagian. Berdiri di 10 besar finalis Srikandi Blogger bukan lagi saatnya diam. Dipercaya menyandang 10 besar adalah sentilan nurani untuk berani bergerak. Berani ada. Berani Berbagi. Berani menggunakan dunia maya untuk bermanfaat bagi kehidupan nyata.

Apa yang hebat dari kelulusan ASI eksklusif anakku jika orang dekatku tidak tersentuh pengetahuan menyusui? Apa yang bisa dibanggakan dari keberhasilanku memasukkan pelan pelan edukasi seks ke kepala dan nurani adikku, sedangkan saudara kami adalah korban video porno? Apa yang keren dari keberadaanku di jejeran 10 finalis Srikandi Blogger jika keseharianku di dunia maya tidak pernah menghasilkan sesuatu yang berguna?

Jika aku menjadi Srikandi Blogger, aku akan berhenti diam. Jutaan pengetahuan di dunia maya dan beberapa manusia dikehidupan nyata, butuh perantara. 

Dan aku hidup bersama satu pesan,

Kami Ada Untuk Berbagi.


82 komentar :

  1. gilak..pideonya kereeen ...dan aku masih tertatih-tatih dng pideokuh

    BalasHapus
  2. Waaahhhh.... *kucek kucek mata gak percaya
    Ini keren abizzzzzz... bener bener kereeennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cuma sok keren mak ade.. tau sendiri kan 9 finalis lain kerennya mentok. Kalo aku gak sok keren, jomplang banget :D

      Hapus
  3. hohoooyyy...tepuk tangan paling banter nih eike kali iniiii... Dirimu keren bingit deh, Pung, suweeeerrr... Semoga janji-janjimu untuk tidak diam ini akan terus kaulaksanakan ya, with or without dapet mahkota srikandi. Karena sebenar-benarnya srikandi kan ada dalam hati. Dirimu sendirilah yang harus membuktikannya, bukan orang lain. Go gooooo Pungky for SB2014.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheu srikandi blogger itu kesempatan, nek.. kesempatan untuk suaranya di dengar banyak orang. Blogger biasa kayak aku, suaranya paling mentok cuma buat nerbitin 1000 buku dongeng doang :/

      Hapus
  4. Waaahhhh.... *kucek kucek mata gak percaya
    Ini keren abizzzzzz... bener bener kereeennn

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. makasih ya mak udah mampir ke sini ^_^

      Hapus
  6. Kereenn mak, merinding bacanya, videonya juga keren bingit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa merinding mak fera.. emangnya aku hantu.. aku kan anissa cherrybelle :D

      Hapus
  7. suka videonya... gaya tulisanya juga suka banget.. SSG-suka suka guweh :D
    sukses ya maak.. smoga jadi next srikandi blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahahaha Tulisan guweh suka suka guweh :D
      Makasih udah mampir ya mak ;)

      Hapus
  8. Ecieeee, keren MakMud :) Duh, cybercrime yang mengancam bocah itu justru kadang suka menelikung, tiba-tiba meracuni bocah-bocah. Padahal selama 24 jam itu ortu tidak total membersamainya, ya, mak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, setiap klik untuk si kecil itu penuh ancaman. aduh :'(

      Hapus
  9. Mantaaaapp bangeettt pungky,,,, luar biasaa pemikiranmu, masih muda apalagi kalo dah tua ntar yaa....next srikandi mantaaaap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan di doain cepet tua doooong. wkwkwkwk makasih udah mampir ya eyaaang :*

      Hapus
  10. Mantaaaapp bangeettt pungky,,,, luar biasaa pemikiranmu, masih muda apalagi kalo dah tua ntar yaa....next srikandi mantaaaap

    BalasHapus
  11. Baca yang "pantaskah aku" .... rasanya gimana gitu ... :(
    Banyak sekali kejadian seperti itu di sekitar kita.
    Koq jadi berpikir lagi .. pantaskah saya?

    Hmmm

    Tapiiii ini tulisan yang keren, amat menggugah :)
    Sukses ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe itu pertanyaan sempet bikin aku galau-galau lho berhari-hari. hihi lebay ya aku ya :D

      Hapus
  12. Gileeee ya mak. Gw suka gaya loe. Good idea n good execution on the video. Semacam pay it forward ya Pung. Harusnya kita emang ga diem, itu yg bikin kita bernilai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohohohoho makasih mampir dan komennya ya mak mia ^_^

      Hapus
  13. Keren sumpah sumpah sumpah! Tulisan dan videonya sumpah keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mak Nurul, heheheh sekeren dirimuh yah? :D

      Hapus
  14. Selalu unik selalu lain...dan itu sok keren ala Pungky ! Sukses Makmud !!! Go...selagi masih muda, selagi banyak usia....terbangkan mimpimu ...tanamkan harapmu...kelak kan menjadi nyata !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin. hehehehe makasih udah mampir yaaa ^_^

      Hapus
  15. pungky..sumpah aku nangis baca ini
    dan ini akan jadi renungan buat semuanya.sukses ya, srikandi blogger 2014 menunggu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu nulis ini juga aku nangis, tapi kata mak tiri aku narsis dan malesin. Jadi sekarang ngerasa tulisan ini gak ada bagus2nya gegara dikomen mak tiri begitu. wkwkwkwk

      Hapus
  16. kereeennn!!! Kasih 2 jempol tangan plus 2 jempol kaki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiyaaaa aku panen jempooool :D

      Hapus
  17. JEMPOL...deh, buat mak Pungky.
    Tulisannya bikin aku ngembeng...berkaca-kaca...
    *jd pen nangis..lagi mellown*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi aku juga lagi mellow nih.. pms :D :D

      Hapus
  18. aaaaaak, lagi-lagi merinding euy >.<
    go go go!!
    saya malu karena kita seumuran dan ternyata pemikiran maupun aksi nyatanya sangat jauuuuh sekali huhuhuhu T_T
    terima kasih udah membuka pikiranku mak Pungky.*huge huge huge*
    Ikan lele digoreng tepung
    i love you full :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan lele keselek batu..
      I love you tooo
      Hahahahahahaha

      Hapus
  19. Videonya keren Pungky, sayang banget wajah manisnya Pungky ga bisa dilihat di video :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo video akunya dipajang, nanti juri malah ilfil wkwkwk

      Hapus
  20. Ahhh kenapa kamu yg keren, Pung! Aaaaakkkk.... aku iri. Pengen biaa bikin video macam itu. :D
    Gutlak yah, Say! :*

    BalasHapus
  21. Wowww... jadi speechless deh. Aku angkat semua jempol dah. Semoga apa yang menjadi tujuan muliamu bisa terwujudkan dengan menjadi duta SB2014 yaa...sepertinya ini menjadi virus inspirasi bagi para makblog lainnya. Siiip dukung penuh ide-ide cemerlangmu yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe makasih mak udah mampirrr :*

      Hapus
  22. Pungky... tulisanmu keren... idemu keren... terlebih lagi videomu keren.
    Teruslah menyuarakan pikiranmu... teruslah bergerak dan jangan diam saja, semoga perubahan itu segera kan jadi nyata
    I proud of you...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor F mak reni... faktor F.. hahahahaha >.<

      Hapus
  23. Punky for Sriakandi Blogger 2014!..yaaaay...come on, huge change comes from a smalll thing...bravo makmuuuud.....sukaaa deeeh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peluk tante indaaaaaaaaaaaaaaaaah >.<

      Hapus
  24. Manteb dan dalem bgt mak pungky.....semoga tercapai semuaa tujuannya...Semangat !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiiiiin... makasih mak udah mampirrr :D

      Hapus
  25. Pungky.... Pungky... Pungky.... *lambai2pompom* #teteeeep

    BalasHapus
  26. maaak terkesima liat videonya...
    maju terus mak pungky for srikandi blogger!

    BalasHapus
  27. maaak terkesima liat videonya...
    maju terus mak pungky for srikandi blogger!

    BalasHapus
  28. proud of you mak Pungky, cetarr videonya ;)

    BalasHapus
  29. Subhanallah ... kamu hebat, Pungky. Terus jangan diam, ya.
    Idemu ituuuu
    ohya kapan bikin tutorial video (hehe

    BalasHapus
  30. Ahhh, kerennya... Video yg simpel namun mengandung spirit yg dahsyat... Baca postingannya jadi berkaca. Iya, miris kalau lihat kenyataan jaman sekarang. Semoga sukses terus, Mak Pungky... Dan terus mencipratkan banyak inspirasi buat yg lain...

    BalasHapus
  31. Dan semakin kuat aku berkesimpulan kamu tidak dodol seperti kata mak tirimu. Ntar ye, kucari mak tirimu dulu, biar aku nasehati gak boleh bilang kamu dodol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dodol itu bahasa maktir ke naktir...artinya sayang mak... #kikirkuku

      Hapus
  32. iseng nengok daaaaann... itu keren banget mbaaaak!

    BalasHapus
  33. Pungky ...
    ini perhitungan sederhana tetapi sangat masuk akal ...
    pekerjaan rumah kita semua adalah ...
    bagaimana menyampaikan hal-hal berguna sederhana tersebut dengan "cara yang baik" - "masuk akal" dan "fun" ...

    Karena hanya dengan ketiga cara tersebutlah ... isi pesan kita dapat diterima dengan baik oleh khalayak ...
    tidak malah ditolak dan menimbulkan antipati ... yang justru mungkin akan berakibat bergerak ke arah yang sebaliknya

    And BTW ... you did this job with "good manners"- "common sense" and "fun" as well

    Selamat berkompetisi dengan smart - riang dan kenes ...!
    Cara khas emak-emak blogger

    Salam saya Pungky

    (24/2 : 17)

    BalasHapus
  34. Keren videonya, mbak Pung :D. Semoga jadi srikandinya ya { }

    BalasHapus
  35. kayane mak Pungky bakalan pake mahkota SB nih

    BalasHapus
  36. Pung....
    sukses ya ....
    aku cuma bisa mendoakanmu saja.

    .... *masih speechless*
    peluk aja boleh? :')

    BalasHapus
  37. Mak Pungki... semoga berhasill !!
    - berhasil meraih mahkota SB
    - berhasil dengan stratagi MLM kebaikannya
    - berhasil menghasilkan donline donline yang akan jadi agen penyebar informasinya...

    Semoga kita dan kami semua berhasil jadi bagian perubahan ..
    dan semoga keberhasilan itu nyata dirasakan di sekitar kita masing-masing...

    Semangat Maakk... Go Pungky for SB 2014! :))

    BalasHapus
  38. Mbak gak sekedar berkoar di dunia maya, tapi aksi di dunia nyatanya dan menjadi perhatian utama, salut. Eh iya, itu vidoanya kereeeen sekali, sukses yah mbak dengan semua harapan baiknya :)

    BalasHapus
  39. Pungkyyyyyyyyy....dahsyat Mak..keren idenya, perubahan kecil, dilakukan banyak orang akan membawa dampak besar...maju terus Pungy

    BalasHapus
  40. Ceritanya sangat mengharukan. Mak Pungky tentu saja pantas jadi Srikandi Blogger 2014. Dirimu sangat menginspirasi, padahal masih sangat muda. Maju terus dan sukses, Maaaak. :)

    BalasHapus
  41. Hayuk ach...kata orang batu sekeras itu bisa juga jadi berlubang dan pecah.
    Pemikiran orang yang kolot dan sok enggak mau nerima informasi yang bermanfaat, kadang menyulitkan pemikiran sebagai manusia yang lembut. Jadi pantang mundur menceritakan satu hal yang terbaik untuk orang-orang disekitar kitah.

    Yup metode MLM, sebuah strategi iyang emang bermanfaat untuk mengedukasi saudara-saudara disekeliling kitah. Ayo para blogger...selain menulis di dunia maya, kudu melihat ke dunia nyata, karena kehidupan sesungguhnya adalah di depan mata kita, di belakang dan di samping mata kita juga. Menulis tetap mengarungi dunia maya mencari setumpuk informasi emang penting. Menyalurkan face to face adalah yang terpenting (Jadi inget Kugy..di perahu-perahu kertas...seperti Pungky yang jadi pendongeng untuk anak-anak di pinggiran desa) , karena tidak semua orang bisa mengakses internet.

    Pungky kamu masih muda, menginspirasi dan mau untuk berbuat...ayo tunjukan bahwa orang-orang terdekat dan masyarakat sekitarmu, terbantu atas usahamu.

    For the next Srikandi Blogger, i hope...kamu punya semangat yang luar biasa.

    Dan untuk semuanya...ceritakan informasi terpenting untuk orang-orang disekitar kita, aku termasuk ' v '

    Welah..komennya panjang kaliiiiih.

    Salam
    Astin

    BalasHapus
  42. huaah, keren abiiis.... go goo mak pungkyyyy :*

    BalasHapus
  43. cakeeeep videonya Mak, inspiratif :)

    BalasHapus
  44. keren banget mbak, keren banget
    Penyampaian-penyampaian harusnya dengan bahasa sederhana yang bisa dimengerti oleh semua kalangan. Tindakan membumi akan mudah dicerna oleh masyarakat, meskipun sedikit namun efeknya akan panjang.
    Keren banget, sampeyan bagus sekali tulisannya kali ini

    BalasHapus
  45. keren Mak videonya. ayo Mak Pungky pasti bisaaaa :))

    BalasHapus
  46. Kereeeeennn! Aku baru tahu ada ajang bergengsi kayak gini. Kalo tahu mungkin dulu2 nyoba ikut juga hihi. Sukses ya kak ^^

    BalasHapus
  47. semangat Maak, angkut Purwokerto kemata nusantara :)

    BalasHapus
  48. eh kedunia ahahahha...heran kali ini bisa comment diblog biasanya diminta orang aja susah soalnya passwordnya lupa, nah ini ko tiba2 bisa login otomatis, ajaiiiiib :)

    BalasHapus
  49. " Pantaskah aku menjadi Srikandi Blogger?
    Sedangkan cucu pembantuku sendiri kehilangan air susu ibunya sejak bayi merah, padahal soal ASI eksklusif bahkan alat perah ASI modern berharga juta sering aku tuliskan di halaman diary digital."

    Kereen...Mak Pungky Menohok banget...
    Hidup Purwokerto..

    BalasHapus
  50. Pantaskah aku menjadi srikandi Blogger?

    emm pantes ga ya?
    anda layak dapet bintang *eh iklan ntu yee
    masuk 10 besar aja udah menjadi srikandi ko

    sukses ya nduk !!
    keyen pideohnya

    BalasHapus
  51. nominasi tiga besar pung.. semoga jadi juara satu

    BalasHapus
  52. waduuuh anak kecil kok suka adegan porno yg keras-keras ya....
    eh anak kecil kok bisa punya handphone ya....
    owh orangtuanya kaya dan ingin dilihat kaya kalaua anaknya punya handphone.....

    BalasHapus
  53. Pungky, aku tambah cinta kamuh baca postingan yang ini :')

    BalasHapus
  54. Pungkaaayyyy

    Kok aku mewek ya baca tulisanmu yang ini? apalagi ada pidionya itu..

    Kamu sudah jadi Srikandi, Pung..

    Bangga akuh, sebagai sesama wonge dewek :-D

    *peluk Jiwo sambil nagih traktiran

    BalasHapus
  55. banyak jempol buatmu Mak, kami justru diingatkan nih

    BalasHapus
  56. Bener banget pung,,informasi seperti itu harus disalurkan dg cara yg cerdas. Yuuuuk. Sukses selalu ya tante pungkyyyy...

    BalasHapus
  57. Halo Pungky, MakJur visit nih. Sukses yaaaaa! :)

    BalasHapus
  58. Mantepp videonya....Suka...SUka...
    Salam kenal Mak Pungky...
    Semoga berhasil dengan Srikandi Blogger-nya ya.....
    :-)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...