Sabtu, 08 Februari 2014

Main ke Pabrik Bulu Mata Syahrini

Siapa yang gak kenal sama Syahrini? Penyanyi perempuan Indonesia yang terkenal dengan kalimat-kalimat fenomenal dan bikin ngakak. Syahrini yang cetar membahana ini, nempel banget sama bulu matanya. Kalau orang inget Syahrini, pasti inget bulu mata yang tebelnya ngalah-ngalahin kamus. Kecuali kalau you orang kupernya diatas rata-rata normal, gak tau Syahrini dan bulu matanya itu (dengan terpaksa) dimaafkan.

Nah, belum lama ini, aku dapat kesempatan untuk mengunjungi pabrik tempat dimana bulu mata Syahrini diproduksi. Dulu, aku selalu menganggap bulu mata Syahrini itu lebay bin apa banget, sekarang, aku berani bilang kalau bulu mata Syahrini itu WOW! :))

Bulu mata Syahrini yang cetar membahana itu diproduksi di sebuah pabrik besar di Purbalingga, Jawa Tengah. Plis.. ada google map kan? Gak usah ngerepotin aku yes dengan nanya Purbalingga itu sebelah mananya Afrika Selatan. Care sendere!


Dulu (lagi), aku kira (lagi), yang namanya bulu mata itu diproduksi oleh mesin. Jadi rambut, dikuwel-kuwel ama mesin, dijejerin mesin, trus diguntingin mesin, jadi deh bulu mata. Ternyata, yang mesin mesin begini gak berlaku untuk bulu mata Syahrini. Karena bulu mata Syahrini (dan semua bulu mata yang diproduksi pabrik besar ini), dibuat dengan tangan. Iya, DENGAN TANGAN. Satu-satunya mesin adalah pemanggang untuk memasak si bulu mata supaya bentuknya bagus dan steril. Sisanya, TANGAN! Eh sama mobil deng. Yakali gitu kan distribusi bulu mata jalan kaki. Gak lucu nanti..

Dan satu hal lagi yang bikin bulu mata Syahrini itu WOW pake kapital. Rambut yang digunakan adalah rambut asli manusia! Yes, cyin.. bukan sintetis bukan sulap bukan sihir. Rambut asli manusia yang sudah melalui proses pemilihan dan sterilisasi. Katanya sih dimasak dulu gitu.. gak ngerti deh ye. Pokoknya mah rambut asli steril, gitu. Soal asalnya, aku gak sempet kepo. Setauku sih dari salon gitu.. yang jelas bukan rambut mayat yes.. kalo rambut mayat mah gueh juga horor makenya. Dan bukan rambut ketek juga.. apalagi rambut daerah terlarang. Hahahaha bukan bangeeeet!

Proses pembuatan awalnya adalah dengan menenun helai demi helai si rambut yang telah steril tadi. Iya cuy, HELAI DEMI HELAI. Setiap satu biji bulu mata, itu bisa memakan ratusan helai rambut. Ya bayangin aja deh sendiri, merangkai helai demi helai ratusan helai rambut. Aku sih mending pura-pura pengsan :))

Setelah itu, rambut yang selesai ditenun dilanjutkan ke proses-proses lain yang aku lupa urutannya. Muahahahaha. Pokoknya, tuh calon bulu mata dipanggang, diukur, diguntingin satu-satu, dibentuk, trus baru kemudian di kemas. Nah, yang bikin aku mangap bin takjub adalah proses ukur dan guntingnya. Bayangin cobaaa, itu bulu mata segede iprit begitu diukur manual pake penggaris. Pengen nangis banget liatnyaaaa T.T

Dan proses yang paling WE O WE adalah proses pembentukan bulu matanya. Prosesnya itu digunting. DIGUNTING! Bukan.. bukan digunting kres kres sekali banyak gitu, tapi HELAI DEMI HELAI PAKE GUNTING. Dan bulu mata kan modelnya beda-beda yes, jadi para penggunting itu di otaknya semacam ada template gitu buat ngeguntingin bulu mata. Bhoooo... liat proses yang ini, rasanya tangan gatel banget, pengen ambil guntingnya trus potong semuanya saking gemesnya liat tu rambut diguntingin helai demi helai gitu >.<

 

Kalau pabrik lain menyebut pekerjanya dengan buruh, kalau pabrik ini enggak. Para pembuat bulu mata biasa disebut dengan seniman. Iya, seniman bulu mata. Karena gak semua orang bisa dan sanggup lahir batin membuat bulu mata kalau prosesnya begitu modelnya. Pabrik ini sehari bisa menghasilkan 100.000 pasang bulu mata lhooo... Semuanya diproses secara handmade alias pakai tangan doang. *brb pingsan takjub*

Kerennya lagi, pabrik tempat bulu mata Syahrini dibuat, sudah berstandar International. Jadi, setiap tahap produksi diawasi oleh tim Quality Control. Tim inilah yang mengawasi, memelototi dan memasang tampang "ayo luh bikin yang bener!" setiap tahap produksi. Aku sih ya, disuruh guntingin bulu mata helai demi helai sambil dipelototin orang seharian begitu, mending ngajak berantem! Muahahaha. Jadi, walaupun dibuat dengan tanpa mesin sama sekali, bulu mata Syahrini bisa dipastikan memiliki kualitas te o pe be ge te. Yaiyalah, salah potong satu dua helai aja, bulu mata dianggap gagal dan.... dibuang :| *pungutin*


Mau coba pakai bulu mata Syahrini? Dijual bebas lho.. Kemarin waktu aku kepo, di fanpage-nya ada katalog lengkap beserta harganya. Untuk sepasang bulu mata Syahrini, dibandrol harga 50.000 rupiah. Iyak, goban.. Mahal banget yes? Mahal kalau cuma liat itu sebagai bulu mata Syahrini, tapi jadi murah kalau tau prosesnya yang wow dan istimewa banget. Tertarik beli dan coba? Aku pernah lho.. nyoba pakai bulu mata Syahrini yang Cendrawasih. Hasilnya? Kayak bencong mau mangkal. Muahahahahaha. Heran banget, kalo Syahrini yang pake mah cakep yak, giliran aku jadi kayak bencyeeeng T.T


 
 

Purwokerto, 6 hari menjelang ulang tahun, 2014

Eh tapi fanpage nya rekomen lho buat para banci kuis. Sering banget doi ngadain quiz berhadiah bulu mata. Ya lumayan kan bulu mata gretong.. hahahaha *digampar bulu mata*

48 komentar :

  1. hadoohh ribeet ya bikinnya helai demi helai maak.

    pengeen nyobain ahh pas nanti acara puncak SB2014..
    cumaaaa...
    takoot saingan (mirip bencong) sama Mak Pungky,
    ntar rebutan tempat mangkal Piyee?
    :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muahahahahahahahhahahahaha gak bisa bales apa-apa. Ngakak banget baca rebutan tempat mangkal X)))))))

      Hapus
    2. yang ada kite ntar jambak2an bulu mata anti badai :v

      Hapus
    3. Muahahahahaha ntar ditempat mangkal kita matanya pada bengep :v

      Hapus
  2. uwah,gila helai demi helai????xixixixixi....beneran nggak kebayang capeknya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... dan 100.000 pasang bulu mata sehari.. pengsaaaan :))

      Hapus
  3. Pungky, itu mas2 yg di belakang kayaknya pada pengen ikutan foto bareng tuh .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh mas mas nya gak pernah liat Syahrini kw, jadi gitu tuh :D

      Hapus
  4. main ke sana dalam rangka apa nih mak?
    main kan biasanya ke pantai, dll, tempat wisata :D
    btw oleh2 dari kunjungan ke sana apa nih? *kepo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam rangka.... kerjaan :))))))
      Oleh-olehnya bulu mata Syahrini segepok. Alhamdulillah rejeki :D

      Hapus
    2. Coba atuh dipake barengan bulu mata segepok itu Pungky, ntar pasti lebih we o we dibandingin Syahbandar wkwkwkkk....

      Hapus
  5. step by step nya kurang mbak..hehe...*berasa mau nyoba bikin dewe, :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sebenernya fotonya.. cuman buat kepentingan kerjaan. Gak boleh dipublish di sini. yang di publish di sini sisaannya doang wkwkwkwk

      Hapus
  6. kece memang, pernah lihat tayangannya di salah satu TV Nasional dan pengen banget kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi agak susah masuknya kalau gak punya kepentingan jelas. Soalnya satpamnya galak :))
      Jadi kalo mau ke sana kudu punya alesan (sok penting) ke satpam X)

      Hapus
  7. kece memang, pernah lihat tayangannya di salah satu TV Nasional dan pengen banget kesana

    BalasHapus
  8. Baru tahu kalau ada proses dimasak juga. Hihihi :)
    yang WOW dari pabriknya Miss badai mebahana membabi buta ini adalah sebutan 'seniman'.
    Humanis banget.
    Salam kenal dari Ika ya Mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, aku juga suka banget bagian itu. Bahkan ada seniman yang menenun dengan kaki karena beliau gak punya tangan. Sama pabriknya, tetap disebut seniman :')

      Hapus
  9. Balasan
    1. Aduuuh ini postingan serius gak lagi lawaaak X))

      Hapus
  10. gw kena gampar orang sebelah gegara ketawa kagak abis2... denger nama Syahrini saja gw suka enek gegara pengen ketawa.. eh ini loh... kekekekekekekekekek...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya amploooop ini postingan serius kenapa pada ketawaaaa >.<

      Hapus
  11. btw, mbak Pungki habis reportase ini harus nyobain bulu matanya ya? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYAAAAA :))))) Ya itu deh hasilnya, kayak bencong mau mangkal :))

      Hapus
  12. sayang banget ga ada foto mak Pungky pake bulumatanya siiih :p
    seru bgt ya mak jalan2 ke pabrik bulu mata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo pasang foto lagi pake bulu mata, blog aku bisa mendadak di banned sama gugel. Disturbing picture X))

      Hapus
  13. kebayaang aja helai demi helai >.< beneran wow banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. aku aja takjub ampe bengong.. x))

      Hapus
  14. Sampe lupa mau komen apaan saking sakitnya perut gegara ngakak. Ngakak baca postingannya, ngakak juga baca2 komenannya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini postingan serius lho.. SERIUS -________-

      Hapus
  15. ternyata bulu mata itu ada juga yg di KW in ya mba.., tak kirain itu bulu mata ori.. maklum, saya g pernah perhatian ke bulu mata artis, jarang nonton sih soalnya.. hehehe

    kunjungan perdana mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. KW? No no no... ini bulu mata Syahrini asli.. yang mendesain juga Syahrini langsung. Si pabrik ini memang perusahaan yang bekerja sama dengan Syahrini :)

      Hapus
  16. ini toh yang menghebohkan kemarin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pungky mah apa sih yang kaga heboh. wakakakakaka

      Hapus
  17. wah ternyata eh ternyata bikinnya manual pake tangan -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak, mantep yak.. nyobain gih sana gih :))

      Hapus
  18. Butuh kejelian untuk nyusun satu persatu rambut itu ya, Pung. ..
    Sini juga ada, tapi saya belum pernah berkunjung. Dan entah cabang dari bulu mata syahroni bukan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkunjung doooong.. trus tulis juga di blog kayak eyke :"D

      Hapus
  19. Widih, caranya ribet, ya, mbak. Baru tahu cara pembuatannya seribet ini :)
    Salam hangat dari Surabaya :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.. aku juga baru tau dan takjub banget..
      salam hangat dari purwokerto :D

      Hapus
  20. jadi bulu mata syahrini yang kata nya di impor sampe korea itu bukan cuma isapan jempol belaka ya?
    waaaawwww kereeeeeen.......
    kapan kapan mau coba ah pake bulu mata nya syahrini kayak apa (>___<)/

    BalasHapus
  21. gilak! bikinnya sampe segitunya, masangnya ribet sampe segitunya, mahalnya sampe segitunya, yang ngereportase juga gila sampe segitunya... :))))

    BalasHapus
  22. Jadi.. kalo ke Jakarta nanti Mak Pungky bawa bulu mata utk dipakai 50 emak2 semua ya? hehehe

    BalasHapus
  23. Ckckck... emang layaknya disebut seniman yak... *halo mak pungki, new follower ikutan komen :)

    BalasHapus
  24. Ckckck... emang layaknya disebut seniman yak... *halo mak pungki, new follower ikutan komen :)

    BalasHapus
  25. We O We banget mak liputan main ke pabrik bulu mata syahrini.. jadi merasakan sensasi takjub ngejejerin dan ngeguntingin bulu mata satu-satu..

    mak pungky emang te o pe... :)

    BalasHapus
  26. boleh minta info contact person di pabrik bulu mata syahrini

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...