Minggu, 27 April 2014

Ini Mak Winda

Dengan celana jeans, kaos kedombrongan, sendal, jalan ngangkang, lengkap jilbab asal pakai, emak satu ini bener-bener mirip Mama. Lebih lagi cara ngomongnya yang susah dibedain sama klakson kopaja, Mama banget. Bedanya, Mama adalah pengrajin genteng, kesehariaannya mengolah tanah jadi atap. Kalau klakson kopaja yang satu ini, pengrajin kata. Kesehariannya mengolah kalimat jadi karangan mantap.

Anaknya dua, suaminya satu setengah. Mungkin dia kerturunan semacam wonder woman yang kurang greget ngurusin anak dua. Kurang capek. Jadilah aku, diangkat anak juga sama beliau. Sebenernya males, punya Mama satu aja bawelnya alaihim gambreng, segala-gala dicerewetin. Emak-emak banget deh. Lha ini, Mama nya jadi ada dua, dengan tingkat kecerewetan yang sebelas dua belas. Coba tolong itu Travis Barker disuruh berbaring, saya pingin pengsan.
Namanya mak Winda. Pertama kepo, karena dia menulis cerita bersambung judulnya Resep Si Onis di Kompasiana. Males ngakuin sebenernya, tapi suer, ceritanya bagus. Tentang Onis, bos impor, dan curhat terselubung penulis. Muahahahahaha. Tiga taun lalu, setiap hari kerjaanku nekcup pantat di warnet buat nungguin kelanjutan Resep Si Onis. Setiap hari penasaran sama masa lalunya penulis. Gyaaah x))

Cerita bersambungnya bikin aku takjub pake bianget. Gile juga nih emak-emak, dia konsisten nulis cerita bersambung dari paragraf pertama sampai titik tamat di halaman web citizen jurnalism. Kalau gak salah sampai 60an episode. Berbulan-bulan banget, kalah deh Haji Sulam. Aku takjub sama stamina menulisnya yang gak abis-abis. Salut sama khayalan-yang biarpun kebanyakan berdasarkan kisah nyata, tapi selalu penuh adegan adegan yang bikin pembaca pengen terus terus dan terus. Kagum sama kemampuan menulis yang bikin puluhan warga Kompasiana waktu itu, berjejer jadi penunggu setia kelanjutan cerbung Resep Si Onis. Dia, Mak Winda.

Suatu hari, ada wartawan yang iseng banget wawancara aku sebagai penulis. Katanya, profilku akan dipajang di surat kabar dalam rangka bulan bahasa. Saat tiba di pertanyaan “siapa penulis yang menginspirasi kamu?”. Tanpa pikir panjang, nama mak Winda yang keluar. Asli deh, males banget sebenernya ini umbar-umbar aib muji muji emak satu itu. Tapi kenyataan, aku semangat banget nulis fiksi karena beliau. Fiksi selangkanganku waktu itu, sering banget terbit di Kompasiana. Gak tau energi darimana, tapi aku nulis fiksi kayak kesurupan. Sebulan bisa 4-5 kali. Dan gak boong, inspirasinya adalah mak Winda. Penulis Resep Si Onis yang tiga tahun lalu terkenal sebagai emak gaoel dengan avatar mangap nunjuk ke atas :))

Sampai dia dan geng mamak rempongnya bikin kerusuhan besar-besaran di Kompasiana. Festival Fiksi kalau gak salah namanya. Pokoknya, beberapa ibu-ibu pecinta fiksi ini, membuat gebrakan untuk membangkitkan gairah fiksi di Kompasiana. Ratusan warga Kompasiana menulis fiksi bersama di 24 jam yang sama. Satu fiksi berjudul Pipi Merah Jambu karya mas Granito, sampai berhasil jadi headline. Di grup facebook, hingar bingar sorak sorai bener-bener mewarnai hari itu. Fiksi berhasil jadi headline di Kompasiana, setelah selama ini mati suri. Gebrakan berhasil.

Gak berhenti sampai di situ. Geng ini melanjutkan kerusuhannya dengan membangun Kampung Fiksi. Kampungnya para penulis fiksi dengan maskot bunglon, waktu itu. Serangan meluas. Gak lagi hanya di Kompasiana, tapi juga facebook, twitter, sampai workshop offline. Mak Winda, bersama Kampung Fiksi, menggebrak dunia maya dengan kenyataan bahwa fiksi masih sangat bergairah. Masih panas. Masih hits. Masih gaul. Masih menjadi bagian dari dunia kepenulisan yang belum pernah padam. Haks. Kenapa eyke jadi puitis :))


Namanya mak Winda. Dia adalah tempat sampah curhatku dari pagi, siang, sore, magrib, malem, pagi lagi. Ya lewat inbox facebook, dm twitter, wasap, sms, telpon, atau line. Dari curhat dijutekin tetangga sebelah sampai masalah hidup yang beratnya ngalah-ngalahin jambul Syahrini. Dari curhat ngakak-ngakak, nangis nangis sampai marah marah kayak ibu negara gagal upload instagram.

Namanya mak Winda. Ibu rumah tangga yang selalu memanjakan para tamunya dengan hidangan super lezat, bebek goreng beli di depan komplek. Mamak dua anak yang hobi ngumpulin sampah untuk di daur ulang. Mamak kelewat gaptek yang selalu mengaku sebagai Emak Gaoel. Yuk cus, kita teriak bareng: Gaoel dari hongkooooong

Suatu siang yang panas bwanget, 2012. Seorang perempuan dengan kehamilan empat bulan entah gimana caranya berhasil bawa 200 eks buku dari kampung melayu sampai monas naik ojek jam 12 siang. Mak Winda, sambil nahan nangis karena gengsi, cuma ngasih pelukan dan satu telunjuk di depan idung “Jangan nangis! Gak boleh nangis”. Perempuan yang lagi hamil itu tetep aja susungukan. Mak Winda masuk mobil sambil sebelumnya elus perut si gadis. Gak tau drama apa yang selanjutnya terjadi di dalam mobil. Buat aku, adegan siang itu bikin nyes. Dia beneran emak. Beneran ibu.

Purwokerto, kena diare, akhir April 2014
Dia, mak Winda. Mamaknya, aku :)

47 komentar :

  1. Mamak dan anak yang sama-sama kece dong tentunya :)
    Sukaaa bacanya deh, yang rukun yaaa :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang rukun? gak janji...-_-

      Hapus
    2. yang rukun? eng.... mmmm.... gimana yaa....

      Hapus
  2. kenapa waktu di kompasiana aku nggak kenal kamu yo mbk,kenalnya cuma mbk winda aja hahahahaha...pipi merah jambunya mas nito,inget banget hingar bingarnya,cuma pom2in aja soalnya g bisa nulis cerita hahaha......salut deh sama anak dan mamak tiri ini,terharu baca endingnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kenapa waktu di kompasiana aku nggak kenal kamu yo mbk,kenalnya cuma mbk winda aja--->>>wuahahahaha, ngakak aja dah... :)))

      Hapus
  3. mak winda emang keren deh,,sampe mak pungky bisa jatuh cinta setengah mati ama emak cerewet yg satu ini :) buahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, ini komentar keren....buahahahaaa

      Hapus
    2. Mau gak mau.. anak tiri mana punya pilihan? :(

      Hapus
  4. Waktu Fiksi Kolaborasi di K itu keren bingit mak. Saya ingat betul gimana hebohnya grup FB 24 jam sebelum hari H posting bareng.

    Mak gaoel gaptek? Hahaha rahasia emaknya dibuka semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan gaptek lagi dia mah. guapteeek buangeeeeet

      Hapus
  5. duuh entah mo ngakak atau terharu bacanya pungky...love you both..*hugs..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hug aku aja mak...pungky gak usah, belum mandi 2 minggu...

      Hapus
    2. begitulah mak winda.. udah tau anak jarang mandi, kekeuh aja diangkat anak :))

      Hapus
  6. Mak Winda & kak Pungky = idolanya aku =D Meski belum bisa 'segila' kalian, semoga someday aku juga bisa jadi cewek keren deh ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau jadi keren apa jadi gila? itu beda lho.. :)))

      Hapus
    2. Kalo jadi keren itu kayak aku.. kalo jadi gila itu kayak...... EH ADA UFOOOO

      Hapus
  7. Emak dan anak emang keren.........., jadi pengen punya emak di dunia maya....wkwkkw....

    BalasHapus
  8. Selama ini hobi stalking.. cara mamak Winda dan kak Pungky "say something" selalu bikin ati kebawa seneng terus. Ringan, Renyah, Ramah! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aih, itu pasti karena mamak tirinya yang cantik ini...^_^ *jorokin pungky ke kali*

      Hapus
  9. mak winda dan pungky beneran klop deh jd pasangan emak dan anak tiri, sama2 ngocol tapi prestasi seabreg.
    Baca postingan ini kok jd pengen mewek yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pengen mewek mak..setelah apa yg sudah aku berikan kepadanya, tega2nya dia bilang aku klakson kopaja...anak durjana!!!

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. kereeeeeen!!!! u 2 're rockin' gals!

    BalasHapus
  12. hihihi..hadehh kebayang serunya liat adegan aslinya ya..baca ceritanya aja udah seru..bikin film donk emak gaol vs mak tiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, udah gak ada waktu buat main film...sibuk banget, ngurusin anak tiri...

      Hapus
  13. seneng dong ya punya banyak emak, yang ngasih sangu banyak #eh

    BalasHapus
  14. malah mewek baca paragraf terakhir. drama sekali, pung. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. percayalah, gak gitu2 amat kok kejadian sesungguhnya...mau aja didramain si pungkay...wakakakakakk

      Hapus
  15. ini tulisan ngece tapi bikin mewek

    BalasHapus
  16. pasti mak Pungky ini rempongnya gara2 punya emak yang sama2 rempong :p

    BalasHapus
  17. kok gak ada foto terbaru sama mak winda ya pungky, itu yang diatas foto berpuluh2 tahun lalu kan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh mbak...dia aja yg ngaku2 anak...aku sih gk pernah ngakuin apa2...lah, foto2 aja gk punya kok... :))))

      Hapus
  18. Semnagat buat emak pungky,,,jangan berhenti beri semangat

    BalasHapus
  19. Tyus napa aye mewek baca postinganmu yang iniiih? meweeeeek..huaaaa cari mendoan buat ganjel perut,

    BalasHapus
  20. Postingan ini maksudnya apa sih? *muka flat tujuh turunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ngerti...aneh... *ekspresi sinis sinetron abg*

      Hapus
  21. hahaha... saya ngakak deh, mak winda dibilang kayak klakson kopaja :) kalo emaknya kayak klakson kopaja, gimana anaknya yak... hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klakson bajaj. udah paling gengges sedunia.

      Hapus
  22. Baik Mak Winda maupun Mak Jiwo, dua-duany keren. :)
    Saluut. . .

    BalasHapus
  23. Aku juga mau dong diangkat jadi anak. :(( Bebek goreng depan kompleknya loh.. :((

    BalasHapus
  24. Jeżeli na środowisku menedżerowie pojawia się liczny
    urlop, tudzież podczas konnice częstują się zażywać na niej wibrowania a docierać wyjątkowe praski, zatem realistycznie wykorzystaniu poległy zacieśnienia przegubowe w
    układzie kardynalnym.
    Zatwierdzić toż prawdopodobnie wsiowe eksplorowanie diagnostyczne.
    Wystarczy udźwignąć pro konsultacją dźwigu auto naprawdę, żeby
    cech rzesuwane Moc finalizacji drążka czołowego w konkretnym stanie poldlega od stanu pokrywy kołka jej zawiasu kulistego.oderwało się z posadzki również zakosztować nim
    silnie drążyć w dwóch platformach: poziomej a prostej.

    Wyraźny przestwór w obu przestrzeniach spośród
    niezgłębioną częścią prawdopodobieństwa możemy
    dopisać uszkodzonemu łożyskowaniu piasty. Aczkolwiek zbytt odpoczynek ujawniający się owszem w gładzi jednostajnej kół przewodzonych ripostuje
    naturalnie edno nieprawidłowe sklejenie w zbiorze zarządzającym.

    Niepomiernie wielekroć stanowi ostatnie przestwór
    na mecie drążka nadrzędnego, natomiast zupełnie na jejj stawie kulowym.


    W powszechnym wyładowaniu przyjmowanym również w autach osobowych jakże również dostawczych wycinkiem łożyskującym kurczę wałka w
    takim kardanie egzystuje jednoczęściowe leże zatrzaskowe spełnionego
    spośród poliacetalu, podłoża fałszywego o zerokiej
    krzepy intuicyjnej. Na pozornie zawiasu donosi ogólnie zagnieciona zaślepka metalowa, wynosząca nieprzenikliwą defensywę przed
    chlewem plus wodą. Taką jedną działalność robi zasłona spośród poliuretanu smakuj gumyy zaciśnięta również na ściance
    kardana jako oraz na sworzniu. Zaliczkę gardy współdziałająca z nawierzchnią kołka urządzano
    jest w wargę zabezpieczającą graniczącą do warstwy skrzydła
    zwrotnicy.

    Przestwór w stawie kulistym że żyć wnioskiem średniego wybrania eksploatacyjnego,
    względnie krótkoterminowego doprowadzonego niezdrowymi obciążeniami intuicyjnymi przepadaj zatruciami, które przedostały się
    między współuczestniczące ze sobą fragmenty łożyskowania.


    Feeel free to surf tto my blog :: samochody

    BalasHapus
  25. anak dan emak angkat yang kacau gokil tapi punya prestasi
    salut deh

    BalasHapus
  26. Bwahahahha... Emak dan anak yang klop.. Kue pandan keleeeesss

    BalasHapus
  27. keduanya lakon utama..top of the year nih!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...