Minggu, 13 April 2014

Lusiana Trisnasari, Semangat Kartini di Bumi Loh Jinawi


Kalau Kartini lain berjuang untuk negeri, maka Kartini satu ini, adalah sebenar-benar berjuang demi bumi pertiwi. Demi tanah yang ia pijak, demi air yang ia minum, demi udara yang ia hirup, semangat tumpah darah di negeri gemah ripah.

Banyak tulisannya yang bikin aku pingin memeluknya erat-erat saking bangganya. Saking terinspirasinya. Saking pingin seperti dia. Perempuan tangguh dan sosmed banget bernama beken Lusitris ini, menuliskan segala yang ia bisa, yang ia tahu, dan yang ia ingin suarakan. Ada satu hal dari beliau yang bikin iri setengah mati: kemampuan menulisnya jempolan. Kalau ada kontes nulis atau blogging dan tertulis namanya sebagai pemenang, udah gak ada yang heran. Saking seringnya. Saking langganannya.

 

Namun, kalau hanya boleh menyebut satu, maka inilah catatannya yang paling bikin sedih, haru, bangga, gemas, marah dan lucu sekaligus. Buat aku.

Bukan mudah bagi seorang ibu rumah tangga yang usianya (maaf) sudah gak bisa disebut muda, turun langsung menjadi bagian petualang hutan. Menyusuri pepohonan, susur sungai, bahkan berjarak sangat dekat dengan hewan-hewan liar. Tapi dia melakukannya, dan yang membuat kerennya nge-pol, dia menuliskannya.


Catatan perjalanannya menuju Teluk Meranti dan Hutan Kerumutan, menyadarkan kita tentang secuil hidup di bumi pertiwi, Indonesia. Ada surga-surga tersembunyi di negeri ini, ada keindahan yang terlalu indah, ada semesta yang terlalu megah, ada negeri yang telalu loh jinawi..

Dan di surga yang sama, ada orang-orang yang kehidupannya terancam, ada sungai-sungai yang tercemar, ada hutan-hutan yang dibakar, ada hewan-hewan yang kebingungan karena tempat tinggalnya hilang, ada petani-petani putus asa, ada pencurian-pencurian oleh keserakahan, ada nelayan-nelayan yang kehilangan ikan karena jala-nya menjadi korban preman pembalakan, ada orang-orang kecil yang terus melawan walau tak pernah menang, ada... ada bumi Indonesia yang terluka dan berduka namun tetap angkat sejata seadanya. Dan yang paling wuih, ada ibu rumah tangga yang menceritakan soal mereka pada dunia. 

Dialah Lusiana Trisnasari, perempuan yang berumah tangga, mengurus anak, berkerajinan tangan, memasak, menjelajah, menduniakan budaya Jawa, bersuara soal tanah, hutan, udara, air, dan dia.. Kartini di dadaku.

Purwokerto, 13 April yang sumuke puol! 2014

Melalui media yang ia punya, dia bersuara. Demi tanah yang ia pijak, demi air yang ia minum, demi udara yang ia hirup, semangat Kartini di bumi loh jinawi.

---



*Loh Jinawi = Tanah subur dengan kekayaan alam berlimpah

28 komentar :

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Ada Kartini di Dadamu di BlogCamp.
    Segera didaftar
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama pakde.. sukses buat hajatannya ya :D

      Hapus
  2. Lusi, Lusi, go go go :)
    Makmin favorit, makmin paling addict sosmed, makmin langganan juara. Lusi Pancen TOP BGT!

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak salah deh jadi makmin favorit yaa.. emang favorit semua orang banget :D

      Hapus
  3. perempuan yang cinta kepada bumi pertiwi adalah perempuan yang mencintai dan menghargai akan arti sebuah kehidupan.....selamat berlomba ya..semoga menjadi yg terbaik...keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, cintanya kepada bumi pertiwi sangat patut ditiru. sangat menginspirasi. Salam :)

      Hapus
  4. Gue malah belum kenal sama sosok Lusiana. Sekarang jadi pengin kepo ah. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha silakan kepoo.. jatuh hati gak nanggung ya x)

      Hapus
  5. Makasih ya Pungky. Keinginanku melihat banyak tempat dan menuliskannya untuk semua orang. Kadang yang sepele2pun aku tulis jika didalamnya aku menemukan sesuatu yang perlu diperhatikan orang lain ataupun diriku sendiri. Semoga Allah memberiku banyak kesempatan. Demikian juga dengan dirimu. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin...
      Makasih udah menginspirasi, tante kereen :*

      Hapus
  6. Aamiin untuk doa mak Lusi di atas,
    Setuju dengan Mak Kandi... Mak Lusi ini emak idola saya ^_^
    Moga sukses untuk GA-nya, Mak Pungky :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idola aku jugaaa :D
      Makasih, mak :*

      Hapus
  7. Aku jg nge fans bangeet mak lusi..keren deh..setujuu pung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku ngefans juga sama mak met :D :D

      Hapus
  8. Mak Lusi memang oke...mak Pungky memang okee...sukses semua ya...

    BalasHapus
  9. dua2 nya keren hehe... sukses utk GA nya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua duanya? Yang satu dirimu ya mak? Hihihihi

      Hapus
  10. sukseeees buat GAnya...mak Lusi memang top...mak Kandi jugaaa hehehe...

    BalasHapus
  11. bagus articel.nya mbak phungky....

    BalasHapus
  12. Mak Lusi emang gak usah diragukan lagi kontribusi berbaginya melalui blog. Aku salah satu fansnya nih ihihiii...

    BalasHapus
  13. mak lusi ini memang keren pol! :D

    BalasHapus
  14. mak Lusi emang keren ah,,,menang mulu,jalan2 mulu hihihi

    BalasHapus
  15. Mak Lusi emang keren ,,sukses Ga nya ya mbak,,,

    BalasHapus
  16. Mak lusi emang te o pe, makin ke sini prestasinya makin bersinar.. kereen
    smoga sukses GA nya :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...