Senin, 19 Mei 2014

Surga Tersembunyi di Baturaden

Jalan-jalan ke Purwokerto, biasanya nempel banget sama Baturaden dan nyicip tempe mendoan. Dua hal yang kata orang, Purwokerto banget. Biasanya, orang-orang akan mengunjungi lokawisata Baturaden dan sekedar main air di curugnya. Padahal, ada surga tersembunyi yang super sayang banget kalau dilewatkan. Namanya, Pancuran Pitu (pancuran tujuh).

Pancuran Pitu adalah salah satu objek wisata alam yang masih berada di kawasan Baturaden, berupa sumber air panas yang turun langsung dari Gunung Slamet melalui tujuh saluran (pancuran). Air hangat yang keluar, konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan menghilangkan pegal-pegal serta nyeri otot. Beberapa masyarakat juga masih memercayai adanya kekuatan magis dalam air tersebut jika digunakan pada malam-malam tertentu. Makanya, setiap malam selasa kliwon, kawasan Pancuran Pitu diramaikan oleh mbak-mbak PSK dari lokalisasi Gang Sadar yang mandi biar semakin cantik dan menggoda. Jadi, kalau mau main air panas sekalian ngintip bidadari, ya monggo ke sana pas malam selasa kliwon. Awas bidadarinya ketuker sama kunti ya :))

Nah, tapi, aku gak akan bahas soal Pancuran Pitu nya. Selain mboseni, juga karena buat aku, gak menarik-menarik amat. Cuma air panas keluar dari pancuran tujuh biji. Gak asik.

Kalau mau yang sedikit beda, dari Pancuran Pitu ada tangga kecil menuju ke bawah. Tangganya gak begitu kelihatan, jadi harus merhatiin sekitar ya.. Lumayan pegel sih naik turunnya karena terjal banget. Tapi, sampai di bawah kita akan disambut oleh surga kecil yang asik buat main seharian. Tebing kecil berwarna cokelat belerang yang menerjunkan air hangat dari atas. Indahnya, wuiiiih, banget! Main air di situ, serasa main air di kayangan :D


 
 

Tapi, main ke sini, belum sempurna surganya kalau gak nyicip pijat belerang. Di sana sudah menunggu jejeran bapak-bapak yang menawarkan jasa ini. Murah! Cuma 25ribu untuk pijat satu badan. Dan gak cuma pijat lho, namanya pijat belerang, ya sekalian dilulur belerang alami. Belerangnya gak dikemas ala lulur modern, tapi ditaruh di ember dan bentuknya mirip-mirip kotoran manusia. Cokelat lembek-lembek gitu. Muahahahaha. Kalau mau luluran di rumah juga bisa, belerangnya ada yang dijual kemasan plastik. Satu kemasan cuma 1.000 rupiah, cukup buat lulurin badan sampai daki ngelotok dan panu kadas kurap sembuh :))

 
 

Yang paling asyik, adalah bilas setelah pijat. Bilasnya gak di kamar mandi, tapi langsung di bawah tebing yang mengaliri air dari Pancuran Pitu itu. Airnya masih hangat! Ya gak tau ya di atas sana siapa aja yang abis cuci kaki atau numpang cuci panu, tapi namanya udah lewat bebatuan dan tanah, jadi turun ke bawah airnya udah jernih lagi. Hahahahaha *direndem*

Serunya jangan ditanya. Mandi langsung di bawah tebing ini, bikin gak mau pulang! Abis dipijet sambil dilulur belerang, trus kucuran air hangat di bawah tebing. Beuh, lewat deh nikmatnya ngintipin bidadari selasa kliwon :))


Oiya, di depan tebing ini, menghampar luas pepohonan dan air terjun kecil. Surgane pol! Selesai mandi air hangat, bisa numpang ganti baju di warung dekat tebing. Sambil nunggu giliran ganti baju karena biliknya cuma satu, bisa isi perut dulu karena di warung itu sedia mendoan panas lengkap dengan teh manis atau kopi. Surgaaaaaa :D

Menuju ke Pancuran Pitu, cukup dengan naik kendaraan 2,5 km dari lokawisata Baturaden. Kalau mau jalan kaki biar petualang banget, bisa. Jalan aja mengikuti anak panah dari dalam lokawisata. Jauh? Ya 2,5 km itulah. Sebenernya deket ya.. tapi, kalau jalan dari lokawisata, medannya itu lumayan bikin sakit hati. Harus melewati hutan super-krik dan jalan penuh batu, nanjak pula! Kalau sial kayak aku, bisa sekalian menikmati dikejar tawon dengan medan nanjak. Lumayan deh, wisata olah raga, ngibrit di tengah hutan :))

Kalau naik kendaraan, lewat jalur di luar lokawisata. Muter sih, tapi ya deket lah naik kendaraan mah. Setelah beli tiket masuk, masih tetap harus jalan kaki melewati puluhan anak tangga sebelum berjumpa dengan Pancuran Pitu. Eits, sebelumnya disambut dulu dengan jejeran pedagang kaos dan oleh-oleh khas Baturaden. Tiket masuknya 8.000/orang. Kalau rasanya mahal, bisa masuk lewat jalan setapak yang tembusnya di tebing surga tadi. Rute awalnya dari Curug Gede yang berada jauh di bawah kawasan lokawisata. Parkir kendaraan di rumah warga, lalu jalan kaki melewati hutan, sungai, jembatan, dan pemukiman warga. Sebenernya ini jalur buat pedagang dan bapak-bapak pijet tadi pulang pergi, tapi, siapa tau pengen petualangan yang lebih seru, jalur belakang ini wajib dicoba!

Main ke Baturraden? Main ke surganya juga ya! ;)

---

38 komentar :

  1. Kebetulan aku yo nduwe panu ki. Koyoke kudu njajal mrono. Suk aku dijak mrono ya pung.. ya ya ya...

    BalasHapus
  2. Waaah jadi kangen ama Baturaden...berapa tahun ya gak kesono? Betewe...moga sukses lombanya ya, yang jelas sih udah sukses bikin aku ngiler ama mendoan Purwokerto :)

    BalasHapus
  3. belum pernah mampiiir niiih....kudu masukkin ke jadwal hehehe...aku pengen banget pijat belerangnya...tapi ngg ada yang mbok-mbok ya yang mijet hehehe...

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ke baturaden lg mak..trakhir ke sana pas SD. Wkwkwkw..padahal skrg dh kpala tiga^^

    BalasHapus
  5. kirain itu tadi g beneran mbk,ternyata air terjun beneran,,uwah keren bangetttttt....semoga bisa ke batu raden^^

    BalasHapus
  6. waktu ke baturaden jam 5 sore, cuma sampe pancuran 3. ga sempet ke pancuran 7..udah gelap dan serem :(

    BalasHapus
  7. lewat kalipagu lebih asoy pung.. trekking ringan berhadiah air panas belerang.. dan gratis :D

    BalasHapus
  8. Air terjunnya keren bingits ^^ Btw, kayaknya asik tuh dipijet-pijet, asal bukan bapak2 aja yg mijetinnya hahaha

    BalasHapus
  9. hmmm...numpang ngayal aja mandi disana :)

    BalasHapus
  10. Kereennnnn...
    eh itu yang mijet siapa? Bapak2 juga??
    Cieee mak pung cieeee

    BalasHapus
  11. aku pernah ke baturaden tapi gak sampai ke surga :)

    BalasHapus
  12. Kalo yg perempuan gmn pijetnya tu mak? Terbuka gitu tempatnya..padahal asyik bgt pijetan trs mandi air anget

    BalasHapus
  13. itu pijet belarang apa lulur belerang aja mbak ? kayak luluran biasa sih

    BalasHapus
  14. delapan ribu mah gak terlalu mahal, Mak. yang mahal luluran buat ngilangin kadas kurap itu, dua puluh lima ribu, uang saku lima hari :(( *anak sekolah bokek duit*

    BalasHapus
  15. kalau pulang pas lebaran disitu penuh banget jadi agak males ke Baturaden.. :)

    BalasHapus
  16. Wuihh jadi pengen mampir maen ke air terjunnya :)

    BalasHapus
  17. wah, aku baru tahu loh padahal sudah berkali2 ke Baturaden.

    BalasHapus
  18. Udaah sering denger pancuran pituuu...semoga liburan besok bisa ke Baturadeeeen

    BalasHapus
  19. Mirip dengan Bantimurung tetapi Baturaden bentuknya lebih unik :)

    BalasHapus
  20. Iiiih, badannya jadi kayak keemasan. Cukup murah ya, PungQ. Kapan2 tak ngono. :D

    BalasHapus
  21. ahayyy..nanti kalo dah balik ke jawa atur jadwal jalan2 menjelajahi tempat2 kaya begini #hasratterpendam

    BalasHapus
  22. itu foto airmancurnya slow speed gitu ya? keren mak :)

    BalasHapus
  23. Pungqy sangat kreatif....sukses selalu jalan2nya

    BalasHapus
  24. Indah sekali air terjunnya...

    BalasHapus
  25. Di tempat gue juga ada tuh pemandian air panas belerang, tapi nggak semacho dan sealami yang kamu ceritain. DI gue udah ada kamar mandinya gitu. ada bath-up yang dibikin dari belerang.

    Dan, gue pernah ke baturaden, tapi ke hutannya. hahaha. Anak hutan \:p/

    BalasHapus
  26. pengen kesana nih Pung...

    BTW keren deh fotonyaaahhhhhh

    BalasHapus
  27. Contrary to our belief, mucus actually helps to protect the body from harmful germs, dust,
    pollen, ash and other particles from entering the
    nose, throat, lungs, ears, and lips. hay day game cheats Well why not indulge your outrageous side with this
    pair of Tron sunglasses from Spy Optics. Our customers use our feeders in many household and commercial applications both indoors and out - feeding feral,
    barn and domestic cats, in pet boarding facilities and dog kennels, horse stables, exotic bird farms, horse boarding and breeding stables, and many others.

    BalasHapus
  28. NAAHH!! besok bawa gw kemari yaak mama pungkay :*

    BalasHapus
  29. Helpful information. Fortunate me I discovered
    your site accidentally, and I am stunned why this twist of fate
    did not happened in advance! I bookmarked it.

    my webpage - beatsbydrdresvip.com ()

    BalasHapus
  30. Wow, marvelous weblog structure! How long have you been blogging
    for? you make blogging look easy. The overall look of your web site is excellent, let alone the content!


    Feel free to surf to my web page - acheterviagraenlignecialis.com ()

    BalasHapus
  31. Great post. I was checking constantly this blog and
    I am impressed! Extremely useful info specifically the last part :) I care for such info much.
    I was looking for this certain information for a long time.

    Thank you and good luck.

    Look at my webpage - Business electricity price

    BalasHapus
  32. Ai... awal mei kemarin aku di purwokerto, tapi ga mampir. cuma ke curug yg di Ajibarang. Next harus ke sini.....
    Makasih ya mak...

    BalasHapus
  33. After I originally commented I seem to have clicked the -Notify me when new comments
    are added- checkbox and now whenever a comment is added I recieve
    four emails with the same comment. Is there a means you are
    able to remove me from that service? Thanks a lot!

    Here is my blog post :: fuck buddies

    BalasHapus
  34. cerita yg menarik :D kebetulan deket tuh ma kotaku cilacap..

    BalasHapus
  35. ahhhh Batu raden, kata temen aku yang orang purwokerto itu bagus banget, tapi saya belum pernah kesana hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...