Minggu, 24 Agustus 2014

Menanam di Diapers Bekas Pakai

Ibu ibu yang punya anak, pasti pernah dong mengalami fase hidup 'bersahabat dengan diapers'? Popok sekali pakai atau yang dalam bahasa Jawa disebut Diapers ini, emang bikin dilema banget. Udah mana harganya ngalahin harga cabe, cuma bisa dipakai sekali, trus abis dipake harus langsung dibuang. Tapi kalau gak pakai diapers? Beuuuuh, hanya emak emak tangguh nan rajinlah yang sanggup menjawabnya :))))

Nah, disaat aku lagi seneng-senengnya berkebun ini, adaaa aja temen yang ngasih link di sosmed yang isinya pasti tips dan trik berkebun di rumah. Macem-macem deh, dari mulai pot-pot kreatif sampai resep pupuk kandang yang gak boleh dibaca kalau lagi makan. Salah satu link berisi tips yang paling aku inget adalah dari Mak Isti. Blogger blasteran Klaten-Irak ini, ngasih aku link yang isinya cara unik menanam menggunakan diapers bekas pakai. Ha? Popok bekas pakai buat menanam? Yak tul!


Jadi, diapers itu kalau digunting, isinya adalah gel bernama Hydrogel. Hydrogel inilah yang fungsinya menyerap dan mengunci air pipis bayi sehingga gak ecret-ecretan kemana-mana (ecret-ecretaaaan?). Ternyata, hydrogel ini bisa digunakan untuk menanam, ceman-ceman... Semua tanaman yang bisa tumbuh hanya dengan air, bisa dipastikan tumbuh menggunakan Hydrogel ini.

Caranya? Gancil!

Gunting aja diapers bekas pakai (iya, yang banyak pipisnya itu) trus keluarkan isinya. Kalau diapersnya kena pup gimana? Untuk bayi yang udah agak besar, biasanya pup cuma di atas. Jadi gak menyerap ke dalam Hydrogel. Jadi, buang aja dulu pupnya, trus diapersnya gunting di bagian luarnya, keluarin gelnya. Lah kalau dedeknya kecil? Pupnya encer trus menyerap? Sebenernya sih ada pupnya juga gapapa ya, bisa dicuci. Tapikan buat beberapa orang, hal kayak itu pasti sangat menjijikan. Jadi kalau pupnya menyerap dan jijik, ya diapersnya jadi pengecualian. Buang aja :)

Setelah isinya dikeluarin, tampung di wadah kotor (wadah yang gak buat makanan atau masak), trus siram air, aduk-aduk, langsung saring (awas keburu menyerap). Ini ceritanya dicuci gitu.. Buat ngilangin bau pesingnya. Tapi aku sih gak dicuci gapapa. Pas udah dikasih air, bau pesingnya ilang sendiri kok.

Abis itu, masukin deh gelnya ke botol bekas yang udah dipotong. Masukin tanamannya (aku pakai gel ini buat menanam daun bawang), trus taro aja di tempat yang kira-kira kena matahari. Liat deh, ini aku nanem kemarin sore, hari ini udah tumbuh! :D 


Praktis dan lucu buat jadi pajangan. Muehehehe. Eh, luaran diapernya dikemanain? kan yang dipakai isinya aja tuh? Sementara sih dibuang aja yah.. Yang penting kan udah berusaha meminimalisir sampah.

Gak semua tanaman ya bisa diginiin, tanya-tanya dulu aja sama mbah google kalau mau nyoba. Kelebihannya dari menanam di air adalah, Hydrogel ini gak menggenang. Jadi gak ada tuh acara disarangin jentik-jentik nyamuk. Hihihi selamat berkebun! ^_^

Purwokerto, belom mandi dari kemaren pagi, Agustus 2014

EH UDAH PADA BUKA LINK INI TRUS ISI KOLOM SUPPORTER BELOOOM? MUAHAHAHAHA >:)

35 komentar :

  1. Coba ah mumpung ibu kosku byk diapers bekas hehe...ide cemerlang :)

    BalasHapus
  2. Ngg... itu panci nggak dipake lagi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kagaaa... itu panci udah buat ngewantek pakaian segala x)

      Hapus
  3. Wah keren, jadi bisa minimalkan sampah sekaligus penghijauan juga. Ngomong2 Hydrogelnya itu bisa campur sama tanah gak? kali aja biar tanahnya lembab terus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget.. Aku juga praktek kok.. Dipostingan selanjutnya ya :)
      Jadi, setelah hydrogel dicampur air, dicampur deh sama tanah. terus buat nanem..
      Atau.. tanah yang udah ada tanemannya, dibikin lubang kecil disekitarnya buat masukin hydrogel ini ke dalem. Jadi buat menjaga kelembaban tanah :D

      Hapus
  4. Wow, emak yang satu ini kreatif banget XD haha
    ide yang bagus untuk meminimalisir sampah pung :D

    BalasHapus
  5. ahaaaaa,,boleh nyoba juga ya makkkk

    BalasHapus
  6. wahhh...salah satu solusi ngurangin sampah diapers nich, tapi masih mikir tega ga ya, ngoprek2 diapers bekas*tutup hidung...

    BalasHapus
  7. pengen nyobaaa... secara tiap hari makein diapers ke anak :)

    BalasHapus
  8. Baiklah akan aku coba niih, beneran bekas pakai? Buhahaha

    BalasHapus
  9. Pancinya jangan dipake masak lagi lho Pung :D

    BalasHapus
  10. Keren... idenya ^^d. Aku juga tipe emak yang nggak jijikan jadi bekas pipis mah kagak masalah hehehe

    BalasHapus
  11. nanti tak kasih tau si mama karena yg bisa menanam kan mamah, muahaha

    BalasHapus
  12. Wah kreaatif banget....
    Ntar kalau dedek dah lahiran mau cobain deh...kan kita gak punya halaman :D

    BalasHapus
  13. Aih, keren banget ini idenya, Mak! Kreatif.

    BalasHapus
  14. saya mau coba! hidup diapers, eh, hidup penghijauan!

    BalasHapus
  15. Klo mau ganti airnya tiap 2 hari gitu misalnya, gmana mak? Hrs ganti gelny juga?

    BalasHapus
  16. Berhubung blm pny baby, jd bayangan saya hydrogelnya pembalut bukanan itu. Hmmmmm geli jg yah hihihi

    BalasHapus
  17. Hihihi asik lagi demen-demennya berkebun si Mak Pungky.

    BalasHapus
  18. Jiaaaaah, aku paling hobi tuh misahin gel diapers tapi tetep buat dibuang :( sekarang Al dah minim diapers, hore-horeeee duitnya bisa buat beli cabe-cabean #eh :P

    BalasHapus
  19. Ana-ana bae yoo. Tapi, dadi manfaat. :D

    BalasHapus
  20. kreatif pungky, aku udah gak ada yang pakai diapers :)

    BalasHapus
  21. kalau pakai yang masih baru gimana popoknya kak?

    BalasHapus
  22. Wah kepikiran hebat banget... Belum mau nyoba tapi, di bookmark dulu untuk ke masa depan :)

    Salam kenal yaaaa

    BalasHapus
  23. coa juga aahhhhh......mumpung keisha msh pake pampers

    BalasHapus
  24. duh sayang telat sekali info ini, sekarang udah gak pake diapers lagi anak2ku. great job Pung, let's save enviroment, sukses utk big dream-mu yak

    BalasHapus
  25. Itu berati jelnya beku gitu to pung? Aku rodok gak mudeng, mungkin aku sedang lelah.

    BalasHapus
  26. Hadeehhh...kaget nyong kyeh...

    temenan ya bisa/ akeh banget bekas pempes anakke nyong...

    masalahe,,,,duuuhh wani mangane ora ya? etapi pupuk kandang kan juga kotoran wedus ya?

    suwun ya, tak jajal lah mengko nang ngumah, suwun ya dek...

    Devi

    BalasHapus
  27. Kreatif Mak..

    Ehh tapiii, itu tanamannya ntar gak rasa pesing kan yah?? #eeh

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...