Jumat, 10 Oktober 2014

Wombat, Teruslah Menggali...



Aku inget banget, waktu aku kecil, Papa punya rejeki lebih dan bisa memberangkat dirinya ibadah haji. Berselang dua tahun, Papa punya rejeki lagi dan rindu tanah suci. Dia dengan gampangnya, ngajak adik kecilku (yang waktu itu baru 6 tahun) untuk berangkat umroh. Padahal Papa tau anaknya yang paling genggeus ini selalu ngimpi-ngimpi bisa keluar Indonesia. Menginjak tanah dan menghirup udara di negeri orang. Tengilnya si adek saat itu jangan ditanya. Ngeselinnya udah sebelas dua belas sama orang-udah-tau-lampu-merah-masih-ngelakson.

Papa bilang, Papa bisa dua kali ke tanah suci bukan perkara enteng. Ada perjuangan bertahun-tahun dan doa berjuta-juta kali. Aku dan kakak-kakakku cuma bisa menghela napas dengan cantik. Intinya satu, kalau mau keluar negeri, kami harus usaha sendiri. Adik kami diberangkatkan cuma buat jadi bahan iri-iri. Pfft, tambang mana tambang..


Setahun berselang, aku dan adekku dapet tawaran untuk pertukaran pelajar ke Eropa. Tapi enggak gratis, beberapa point biaya tetap harus ditanggung sendiri dan jumlahnya gak sedikit. Kami girang dong.. Yakin banget Papa pasti mau membiayai. Apalagi si adek, yang notabene udah pernah diajak Papa keluar negeri, dia optimis banget bisa berangkat dan nyicip belajar di negara bule. Tapi nasib berkata lain, kata-kata mutiara bak Mario Teguh nya si Papa keluar lagi. Kalau mau keluar negeri, harus berjuang sendiri. Pakai uang sendiri. Dan kali ini si adek, karena dianggap udah besar, kena juga dikepret kultum Papa. Hahahaha Selamat bergabung di barisan sakit hati, bro.. :))

---

Bertahun-tahun berlalu, aku sedikit banyak udah lupa sama mimpi keluar negeri. Pernah sekali dipantik lagi, aku daftar beasiswa lingkungan ke Thailand. Gatot. Sejak saat itu aku menamparkan diri sama realita. Mahasiswi males kuliah, otak pas-pasan, sekarang kerja gaji gak seberapa. Yaudahlahya, buang jauh-jauh mimpi bisa keluar Indonesia. Gak mungkin. Sampai tahun jebot juga gak bakal aku punya uang untuk berangkat.

Dewi Lestari bilang di salah satu novelnya, bahwa salah satu bakat yang dia punya gak pernah dia tonjolkan. Dia biarkan bakat itu menjadi seperti Wombat, tikus besar Australia, diam-diam tapi terus menggali. Mimpi keluar negeri ternyata menjadi Wombat dalam diriku. Diam-diam, sedikit-sedikit, tetap berusaha menggali.

Beberapa kali aku ikut lomba menulis berhadiah jalan-jalan keluar negeri. Siapa tau mujur, pikirku. Aku juga sempat rajin ikut lomba foto berhadiah jalan-jalan keluar negeri, bermodal kamera DSLR hadiah dari Papa. Nabung dari gaji gak mungkin banget, apalagi mengandalkan beasiswa, sadar diri aku ini pemalas kelas berat kalau soal kuliah. Jadi, satu-satunya yang bisa aku harapkan adalah hoki.

Bulan puasa kemarin, Okky Jelly ngadain lomba resep berhadiah jalan-jalan ke Legoland Malaysia. Awalnya aku gak peduli, tau diri aku ini gak bisa masak. Tapi Wombat dalam diriku terus menggali. Kebetulan Baby Nguwil suka banget sama Okky Jelly, dan aku suka nyetok beberapa bungkus di rumah untuk antisipasi kalau dia rewel minta jajan. Dicoba gak salahnya, betul? Jadilah aku nekat bikin dan submit resep andalan kesukaan Baby nguwil, lalu aku kolaborasi dengan Okky Jelly. Hasilnya, crepes dengan toping Okky Jelly yang aku kasih nama Baby Jelly Crepes. Secara subjektif, Baby Jelly Crepes ini enak banget! Baby Nguwil sekali makan bisa abis 2 potong. Bersama Bissmillah, resep itu meluncur manis ke microsite Okky Jelly. Seperti biasa, detik-detik deadline :P


Wombat terus menggali, Tuhan maha mengerti. Rejeki itu dateng juga. Okky Jelly dan Tabloid Nova (sebagai penyelenggara), menyatakan resepku menjadi pemenang ke tiga. Dan aku mendapat kesempatan untuk liburan ke Legoland Malaysia. Yap, Legoland MALAYSIA. Aku akan menginjak tanah di luar Indonesia untuk pertama kali. Maturnuwun Gusti Ingkang Widhi :)

Hadiahnya untuk ibu dan anak, aku dan Baby Nguwil siap untuk berangkat. Tapi Tuhan Maha Menetapkan, di waktu-waktu menjelang keberangkatan, paspor Baby Nguwil gagal selesai. Terpaksa aku harus cari anak lain yang bisa dibawa. Aku pikir cuma 3 hari 2 malam, Baby Nguwil pasti baik-baik aja kalau ditinggal.


Pilihan jatuh ke Abyan, anak paling kecilnya Mak Noe. Pertimbanganku, Mak Noe ini pegiat bakcpacking with children. Anak-anaknya pasti udah biasa dibawa jalan-jalan jauh dengan berbagai kondisi. Baiklah Abyan, rejekinya kamu untuk liburan ke Legoland sama aku :)

Perjalanan gak begitu mulus, seminggu sebelum jadwal keberangkatan, aku harus menghadapi paniknya suasana kota karena Gunung Slamet erupsi dan kotaku hujan pasir. Sempat mau aku hanguskan hadiah jalan-jalan ini. Gak mungkin aku meninggalkan rumah dalam keadaan hujan pasir begitu. Belum lagi keluargaku sempat kehabisan uang dan kami gak punya seperakpun untuk memberangkatkan aku ke Jakarta, Baby Nguwil sempat rewel berhari-hari, dan pasporku, baru bisa jadi H-1 sebelum aku harus berada di Jakarta. Semua jadi komplet saat Abyan tiba-tiba ngambek, dia melalui Mak Noe, menyatakan menolak untuk jalan-jalan sama aku ke Malaysia.


Tapi Wombat terus menggali.. Mimpi menginjakan kaki di luar Indonesia, pelan-pelan, diam-diam, menyelesaikan satu-satu masalah kami. Dan tepat 25 September 2014, untuk pertama kalinya, aku menginjakan kaki di luar Indonesia. Menghirup udara Singapura, dan bersiap menaklukan Legoland Malaysia. Noraknya jangan ditanya. Baru nyampe bandara Soeta aja langsung check in di facebook :))


Purwokerto, 10 Oktober 2014

Wombat, pelan-pelan, diam-diam, teruslah menggali...

52 komentar :

  1. Uuuk Mak yang satu ini makin eksis euy. Selamat ya Mak. Moga wombat dalam diriku juga terus menggali :D

    BalasHapus
  2. hahahaaa...biasalah itu maaak... seneng ya bisa jalan2 gratis ke luar negri. ngomong2 saya juga sudah lama ngefans lo sama okky jelly ini.malah selalu kubawa-bawa dalam tas.sekali lagi selamat ya...

    BalasHapus
  3. Woww paantesan itu anake mbak nurul toh, si abyan ikutan jalan2 tante pungky :D

    BalasHapus
  4. Wkwkwk... Niar get amazed wktu ketemu aku di sub dan kuceritain kalo abyan diculik pungki ke luar negeri. Rejekiii.. semoga baby nguwil someday bisa juga ke legoland. Makasih ya pungky.. ;) ditunggu lanjutan ceritanyaaaa

    BalasHapus
  5. wahahahaha akhirnyaaa.... sukses menghirup udara luar negeri yes , Mak?... dan Abyan beruntung banget tuh ngegantiin baby Nguwil :)

    BalasHapus
  6. Maaakkkk....tau gitu aku daptar gantiin Baby Nguwil :)

    BalasHapus
  7. aku punya bokena wombat di rumah pung...dan juga pernah megang n moto si wombat dulu waktu di OZ..
    tak suka sangat sm tikus padahal, tp aku punya wombat mimpi yg sama *mestakung*.
    dan selalu ada jalan insyaAllah :)

    BalasHapus
  8. Dan cerita mengalir semua ya pung..hihi
    aku nih masih nunggu oleh2 dr Malaysia :D

    BalasHapus
  9. hag...hag...keren deh laporannya...senyum-senyum ngakak dan selamat mak...emang layak mak kandi pungky. sun buat abyan deh.

    BalasHapus
  10. Wow, terharu banget bacanya. Aku juga mau melihata Wonbat ^^

    BalasHapus
  11. Selamaaaat ya mak. Inspiratif mak

    BalasHapus
  12. makannyaaa,pas lihat fotonya kok si jiwo udah segedi itu aja,perasaan baru kemarin ngucapin ultah yg g banyak angka gitu hahaha...ish keren ah,q aja yg rumah di batam belum nginjek singapore wkwkwwk

    BalasHapus
  13. Wkwkwkw, kok nggak ada kehebohan pengumumannya di socmed? Apa aku yang terlewat? Ah, anyway...selamat ya Pungky. Kamu keren, as always. aku dapat oleh-oleh kan, kan, kan? :D *menatap nanar

    BalasHapus
  14. Pengen menghidupkan wombat juga dalam diriku. Siapa tahu dapat umrah gratis. Makasih atas inspirasinya, Mbak Pungkie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaaa, aku juga ingin ah menghidupkan Wombat di dalam diriku. Pengennya umrah gratis, pengen banget! Makasih inspirasinya. Btw, Abyan hebat euy! Mau jalan-jalan sama yang bukan mamanya, pasti tante Pungky piawai nih menawan hati Abyan ya? Rewel ga di sana Abyannya, Punk? :)
      Eh iya, congratulation ya, Mak Kandi cantik!

      Hapus
  15. Wuaa asiknya! Moga next time baby nguwil dpt rejeki jalan2 ke ln :)
    Wombat punyaku kayaknya masih bobo. Bangunin dong :D

    BalasHapus
  16. Yg gak terbayang...bawa anak orang lain *_*

    BalasHapus
  17. selamat yah mak bisa ke luar negri gratis
    wuah anaknya mak noe keren euy. Ngga takut jalan sama yg bukan ibunya

    BalasHapus
  18. Etapi kalo kamu tetep bawa Jiwo, belom tentu kamu bs naim roller coaster di sana lho. Secara si Jiwo hatus ditemenin main di playground-nya. :p

    Allah memang Maha Pengatur dan Menetapkan. ^_^

    BalasHapus
  19. hihihi... penasaran gmn rasanya ngajak2 jalan2 anak orang lain berdua aja *saya mah ga pede* :D

    BalasHapus
  20. Ilmu Wombat plus hokinya boleh dilatahin ke aku nggak. Wuih ngarep doang. Kemaren sempat ditertawakan teman kamu ini kalau teman sakit ikut sakit. Mbok iyo' o teman sukses ikut latah juga. Boleh juga ya banyolan teman tersebut.Terbayang penduduk Indonesia ini latah sukses. Jaaan Inonesiaku gemah ripah loh jinawi. Iyo opo iyo kita senang karena semua senang.

    BalasHapus
  21. selamat ya pungky..
    pas liat fotonya, kirain sama Jiwo...eh ternyata sama abyan, sukses ya, smg lain kali Jiwo bisa ikutan jalan2 sama ibunya :)

    BalasHapus
  22. Wombat..
    Tiba-tiba aku pengen menghidupkannya juga. Seru ya, kejadian menjelang keberangkatan. Aku baru tau ternyata Abyan sempat nolak. Kebayang gimana rasanya.
    Cepat bikin lanjutannya ya, Pung, aku udah gak sabar baca.. :)

    BalasHapus
  23. Tuhan selalu memeluk mimpi-mimpi kita...

    Aaaakkk kereeen, mak... Dan salut sama Abyan mau aja diajak sama tanteh2 nih *dlempar oky jelly sama mak pungky* heheheh
    ditunggu serial keduaa

    BalasHapus
  24. menghidupkan wombat!!!!!
    selamat pungkik..semangatmu kudu aku tiru ah :)

    BalasHapus
  25. Mak, semoga wombatnya nular ke aku yaaa..
    Aamiin

    BalasHapus
  26. Selamat ya mak... semoga si wombat makin rajin menggali ;)
    Btw baru tau kl jalannya ma Abyan lho

    BalasHapus
  27. Selamat ya mak..mimpinya terpenuhi...kirain sama Jiwo..

    BalasHapus
  28. wow speechless.. wombatku.... masih terus menggali atau jangan2 sudah berhenti yaa? :D

    BalasHapus
  29. Resepmu crepes, koq di pengumuman pemenang jadi es loli Pung? Gimana ceritanya itu. Kirain cuma di-touch up resepnya aja.

    BalasHapus
  30. Iseng nanya FAuzan, mau ngga kalo di ajakin jalan2 ke Legoland sama temen Ibu. Jawabnya ngga mau .. hihihihi.
    Abyan asik ya jalan2 bareng Tante Pungky. Nanti Jiwo gantian jalan2nya bareng Mak Nurul :D

    BalasHapus
  31. wow..spirit of wombat...bener2 terinspirasi diri ini mbak baca ceritanya...sumpah saya merinding (ga pake disco) baca kisahnya...

    BalasHapus
  32. wow keren mak Punky... selamat ya.. aku malah belum pernah keluar negeri. jakarta aja belum pernah hihi..

    BalasHapus
  33. Semoga aku kecipratan beruntung seperti Mak Pungky... keren Mak motivasinya. :)

    BalasHapus
  34. Gak pernah kebayang, jalan2 keluar negri, trus sama anak orang lagi :)) rasanya gimana tuh?
    Ahhhh legoland. Aku juga pernah bermimpi pengen bisa kesana :) selamat ya maak. Ditunggu oleh2nya buat akuh. Plus cerita lanjutannya.

    BalasHapus
  35. wombat mak,,,hebat sekali,,semoga aku dapat wombat juga,,,

    BalasHapus
  36. Seruuuu aja pungky... ditunggu lanjutan ceritanya

    BalasHapus
  37. duh mau banget juga nih jalan2 ke luar negeri gratis...selamat ya mak...

    BalasHapus
  38. weiiih, berrati kudu pede terus kalau ada lomba-lomba masak meski kebisaan memasak acak kadut. Pernah sekali menang lomba masak pas bikin rolade salmon senengnya luar biasa walaupun menang lucky winner mingguan. Hehehe

    BalasHapus
  39. Cukup satu kata mbak,.... Oleh olehnya mana?! *1..2..3..* eh itu udah 3 kata ding hahaha
    Haha oleh-olehnya mana mbak? :D
    selamat yg abis plesiran ke malaysia, kok menara petronasnya gak dibawa pulang? -__-

    BalasHapus
  40. Lain kali tak nyamar jadi bebi nguwil ah, mbok menawa bisa ikutan diajak liburan ke luwar nehherih..

    BalasHapus
  41. Bayangin bagaimana derap jantung berpacu. Pasti galaunya luar biasa yak. Duh jadi pengen keluar negeri jugak, doain aku bisa ke LN ya Mak :)

    BalasHapus
  42. Asyekkkk jalan2...♡♡♡♡ makasiiiiii oleh2nya :*

    BalasHapus
  43. Jadi tikus tuh g selalu nyengil yah :D

    BalasHapus
  44. Keren mak.... :)
    Ngga sabar nunggu kelanjutan.ceritanya

    BalasHapus
  45. Rezeki emang nggak kemana ya Pung. Jadi inget kita ngobrolin lomba ini sore-sore. Hahahaha.

    BalasHapus
  46. Wombat Purwokerto, pasti kamu bahagia banget, ya.
    Terus berkarya, PungQ. Sukses selalu untuk kamu, dan keluarga.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...