Rabu, 04 Maret 2015

Qualcomm Snapdragon 801, At the Heart of Devices You Love



Snapdragon 801 | Pic source: www.qualcomm.co.id


Tau dong kenapa smartphone itu disebut smart? Yap, karena memang mereka punya otak! Kepintaran mereka adalah hasil kerja otak masing-masing. Jangan horor duluuu. Bukan otak meringkel-meringkel kayak punya kita, bukaaan. Otaknya smartphone namanya prosesor. Betul! Sama kayak komputer. Bedanya, ini lebih kecil dan ponsel banget.

((( ponsel banget )))

Pentingkah untuk kita tau? Banget! Karena jaman sekarang, hampir semua orang punya smartphone, tul? Tapi jarang banget ada orang yang mempertimbangkan prosesor saat membeli smartphone. Padahal, bagaimana kemampuan si smartphone, tergantung dari otaknya. Kalau kita sudah paham otaknya, kita jadi gape banget sama smartphone-nya.


Salah satu prosesor kece, namanya Qualcomm Snapdragon 801. 1 dari 5 jenis seri 800 yang dikeluarkan Qualcomm. Sebenernya sih enggak bisa gitu aja disebut prosesor yaa.. Karena seri Snapdragon 801 ini, sudah masuk kategori kategori System on Chip (SOC), atau yang  biasa disebut chipset. Ibarat martabak, doi ini prosesor yang karetnya dua, spesial! Jadi, prosesor all in one gitu.. Seluruh platform smartphone disimpan dalam satu chip. Ntap mantap!

Qualcomm Snapdragon 801 ini banyak digunakan oleh merk-merk ponsel besar yang menghindari banget produknya ketempelan masalah kekinian (kekinian??). Yuhuu, sebutlah cepat panas, cepat lowbat, atau cepat cepat gak banget yang sangat umum terjadi pada smartphone. Jadi hanya smartphone pada tataran premium yang menggunakan chipset ini. Oppo N3 misalnya, smartphone premium yang punya spec luar biasa dan jadi idaman banyak orang. Wow wow wow.

Tapi asli, seri 801 ini memang speknya nggak main-main. Prosesor utamanya Qualcomm® Krait™ 400 CPU 2.5 GHz quad-core. Kekuatan sebesar ini, jaminan banget kecepatan tinggi meski smartphone dipakai multitasking. Gak ada cerita deh smartphone ngelag atau melambat gegara dipakai ini itu berbarengan. 

Snapdragon 801 | Pic source: www.qualcomm.co.id


Fitur ini disempurnakan lagi dengan model RAM DDR3 high performance. Lebih kencang lebih stabil lebih mantap. Jadi, fesbukan sambil twitteran sambil instagraman sambil 10 aplikasi sosial media lain jalan semua, kalian masih bisa main Get Rich, Clash of Clans, atau game game kelas HD lainnya tanpa ngelag. I told you, it’s a wow-thing!

Otak yang luar biasa pintar, percuma banget tapi ya kalau tampilannya biasa-biasa aja. Ouw, jangan salah.. Qualcomm pakai GPU Adreno 330 speed-enhanced. Output warna dan kualitas gambarnya, gak main-main! GPU kelas ini biasanya gak dipakai di smartphone, tapi smart tv. Kebayang, smartphone kamu bisa menayangkan video dengan kualitas smart tv? Ultra HD! Jadi, kalau kamu hobi nonton video atau main game yang HD-HD, Snapdragon 801 ini pilihan sangat-sangat tepat. 

Pic source: www.qualcomm.co.id
Lalu bagaimana dengan nasib para tukang selfie? Muahahaha ini selalu yang paling penting untuk dibahas. Tenang aja, amaaan.. Chipset satu ini patokan maksimal image prcessor-nya 21 megapixel, dan gak cuma satu. Dual image signal processor. Jadi, kamu bisa menghasilkan foto-foto tanpa lelet, autofocus ngebut, dan hasilnya lebih luar biasa. Ini pas banget buat yang suka selfie dimana aja kapan aja, nungguin autofocus srasat sreset gak kelar-kelar, atau kamera loadingnya seabad jubad, gak ada lagi! Cahaya rendah juga bukan masalah, tetep cepat dan hasilnya bening. Video? Beuh, jangankan video, bikin film pendek pakai smartphone juga bisa kalau prosesornya Snapdragon 801.

Smartphone cepat lowbat? Eh masih jaman? Hahahaha Chipset ini pakai Hexagon QDSP6. Aplikasi dijalankan dengan sistem ultra low power. Kalau sialnya kehabisan baterai, tetap tenang, Qualcomm Quick Charge 2.0 adalah jaminan masa ngecas lebih cepat 75%. Beuh banget gak tuh?

Ditambah lagi dengan dedicated integrated multimedia subsystem. Kalau yang ini, poin sangat penting buat kamu yang hobi dengerin musik. Asal kualitas Mp3-nya bagus, kamu gak butuh headset lagi, DTS-HD dan Dolby Digital Plus sudah included di Snapdragon 801. Dengerin Goyang Dumang terasa lebih khidmat deh dijamin.

Nah, karena ini chipset premium, soal koneksi juga sangat diperhatikan oleh Qualcomm. USB 3.0, Bluetooth versi 4.0, Wi-fi, dan yang paling penting Integrated Gobi 4G LTE. 4G loh 4G...


Purwokerto, 4 Maret 2015

Jadi, sekarang, saat beli smartphone jangan cuma lihat merknya, tapi perhatikan juga prosesornya. Karena smartphone tanpa prosesor mumpuni adalah Cita Citata tanpa Goyang Dumang. 
Da aku mah apa atuh..

40 komentar :

  1. mari goyang dumang untuk prosesor handal... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha dengerin goyang dumang jadi lebih khidmat ya maaak :D

      Hapus
  2. *gugling lagu cita citata pake goyang dumang xD

    iya selama ini aku pikir mereknya apa...itu itu...aku naksir oppo jadinya... :"(

    BalasHapus
  3. Kalau prosesornya ngg smart, ya bukan smart phone lagi dooong hehehe..nice info..

    BalasHapus
  4. Ya Tuhaan, jika dapat rejeki banyak pengin banget beli ponsel pintar yang tersemat snapdragon di dalamnya..amin YRA :)

    BalasHapus
  5. yuk kita cek processor hape dulu..makasih mbak pungky sarannya :)

    BalasHapus
  6. Wah kok jadi tambah naksir Oppo yang ada prosesor snapdragonnya ini. Hp kalo lemot dan lowbat memang bikin orang uring-uringan saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul, apalagi untuk blogger kayak kita. Smartphone was wes wos tuh penting banget :D

      Hapus
  7. Nah ini dia... hape ku tuh sering lemot dan nge hang berarti prosesornya gak oke ya Pung. Kudu ganti nih... #intipdompetdulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi.. Karena memang prosesor itu kan otak dan jantungnya smartphone. Kalau jantungnya memble, ya seluruh performanya akan memble juga :D

      Hapus
  8. Kadoin aq smartphone yg pake snapdragon atuh dekbeb ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbakbro kadoin aku dulu, nanti aku balikin x))

      Hapus
  9. Ish..itu tahun berapa martabak dikasi karet dua untuk menandakan martabak spesial? Wkwkkwkw.... sekarang dah pake kotak mak. Dan setuju sih kalo smart phone itu jangan cuma dilihat dari kotak casingnya aja...tapi dari prosesornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAHA sungguhlah, komen ini menyadarkan betapa jadulnya aku x)))

      Hapus
  10. Ish,, hapeku banget. Cepet panas, hikksss

    BalasHapus
  11. Hi..hi.. saya banget mak.. liat merk sama bentuknya aja kalo milih smartphone. Tapi untungnya suami saya tau betul soal per-smartphone-an (??), tau prosesornya, spek-nya dan kelebihannya apa. Jadi dia bisa bendung niat saya yang pilih smartphone asal cantik bentuk dan tampilannya aja.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga perempuan ya mak.. Fungsi nomer dua, yang penting luarnya duluk. Trus ujung-ujungnya nyesel gak dengerin suamik. Hahahahaha ini aku banget x))

      Hapus
  12. wahhh itu profesornya eh prosesornya super canggih ya mantap *goyang dumang dulu*

    BalasHapus
  13. Coba beliin aku satu dong mbak Pungky yg cantik :D
    jadi pengen liat speknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melly yang cantik juga,
      Ini smartphone dengan prosesor mantap, bukan kacang goreng. If you know what i mean.. *sambit kacang*

      Hapus
  14. Wah nyang komen di blog ini ternyata ibu-ibu dan mbak bro ya. Saya nyang cakep ini diterima ndak ya kalo nambahin komen disini hihihi (sok kecakepan).

    Itu prosesor qualcomm snapdragon 801 bukannya nyang dipakai di smartphone camcung (haaah camcung ? sok imut loe) ya ?, soal nya, nie prosesor smart banget kaya smarphone Samsung. haaah nyambung nggak sih nie kalimatnya ?. hihihi gayang caisar dulu aaah. :D

    BalasHapus
  15. kayanya dipake multitasking kaya nonton youtube sambil bman itu lancaaar yaa .. soalnya saya yg pk hp yg prosesornya biasa aja lumayan ga lagging kok apalagi itu si snapdragon :D

    BalasHapus
  16. Haha shetujuu...
    plus kalau bisa jgn cuman beli smartphone kalau cuman dipakai buat gaya2an doang, tp gak tau cara pakainya

    BalasHapus
  17. Kalo gitu besok kalo mau beli smartphone, penting juga ditanya prosesornya apa?

    BalasHapus
  18. Sejak pertama keluar aku sebenernya naksir sama si Oppo ini tapi... karena masih tergolong baru jadi suka mikir ni service centernya gampang nggak ya.

    BalasHapus
  19. Review Smartphone yang baguss..

    BalasHapus
  20. smartphone ini keren sekali jadi ingin beli he :D

    BalasHapus
  21. Sayang banget udah punya smartphone lain juga
    Semoga smartphone ku cepat rusak deh, jadi bisa mempertimbangkan qualcomm snapdragon ini hihihih

    #yaelahbro

    P.S.
    Kak pungky citata mania banget nih sepertinya skrg
    :))

    BalasHapus
  22. Mahal banget kan yaa kalo speknya lengkap. Hiks. Sekarang beli handphone susah milihnya. Beda harga bedanya tipiss

    BalasHapus
  23. pengen deh yang ini... tapi duitnya kagak ada. hehe... untuk sementara masih bertahan sama asus zenfone dulu

    BalasHapus
  24. jadi, dari sekarang kalo beli hengpon pinter harus pinter juga milihnya :DD
    apalagi kalo snapdragon gitu, buat ngoprek ngoprek nya pasti banyak pilihan kalo untuk pemakaian dalam jangka pemakaian panjang. Asoy.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...