Rabu, 15 April 2015

Melihat Dunia Bersama Teknologi Pintar Honda



Sebagai mamah muda, pertanyaan yang sering banget ditanyain orang ke aku adalah “Gak stress ya di rumah terus? Kan bosen!”. Mungkin orang-orang mikir, namanya ibu rumah tangga, ya hidupnya cuma di rumah, warung, pasar, rumah lagi. Duh, jaman apa itu yang begitu? Hihihihi Kalau begitu ya jelas stres lah bu ibu.. Tiap hari yang diliat cuma rumah, anak sama suami. Hepi sih, tapi ya jenuh lah.. Bisa-bisa jadi mamah galak karena kelamaan dieremin di rumah.


Kalau aku, menyiasati ini dengan pergi ke luar rumah dan berpetualangan, melihat dunia! Kadang sendirian, kadang sama suami, kadang sama temen-temen. Kemana aja, pokoknya ke tempat yang bisa bikin aku bernapas dari runititas sebagai ibu rumah tangga yang begituuuu terus setiap hari. Tempat yang bisa bikin hepi dan bikin aku kembali ke rumah dengan semangat baru. Jalan-jalan ini juga asupan penting buat menghidupi blog, banyak inspirasi yang bertebaran dengan melihat dunia. Kalau di rumah terus, yang ada isi blogku cuma curhat, curhat dan curhat. Muehehehe

Biasanya, aku mencuri waktu sehari dalam seminggu untuk berburu tempat-tempat cihuy di Purwokerto dan sekitarnya. Entah itu main ke air terjun, berenang di sungai, menyusuri pematang, atau jalan-jalan di kebun (orang). Tajir banget ya buang-buang duit mulu? Heuh, dari hongkong! Ibu rumah tangga punya alarm sendiri sama aktivitas buang-buang duit. Karena prinsip hidup cuma dua: irit dan irit banget.

Sip! :))



Setiap jalan-jalan, aku naik matic kesayangan. Vario 125 keluaran Honda yang merah seksi itu! Makanya gak buang-buang duit, soalnya motor ini sudah menerapkan Teknologi Pintar Honda yang bisa bikin perjalanan jadi ramah kantong, bahagia dan penuh senyuman. Kok bisa?



Ho jelas.. Pertama, motor ini sudah dilengkapi dengan Programmed Fuel Injection. Sebenarnya, model injeksi seperti ini sudah nongol sejak Honda ngeluarin Supra X 125 PGM FI. Tapi, dalam hal bikin motor irit dan bikin konsumsi bahan bakar efisien, teknologi ini bukan main bagusnya.

Sistem injeksi ini mengandalkan peran berbagai komponen sensor yang mengirimkan sinyal informasi ke pusat control mesin ECM (Engine Control Module). Kalau di mobil, ini mungkin yang biasa disebut ECU. ECM ini yang memberikan sinyal perintah ke komponen injeksi bahan bakar di dalam mesin, untuk menghasilkan tenaga optimal secara efisien dengan emisi yang ramah lingkungan

Suami aku itu jurnalis, kalau Honda launching produk baru, dia suka diundang jadi perwakilan kantornya buat test ride lalu bikin review. Nah, aku inget banget waktu Honda bikin test ride buat Honda Beat eSP. Saat itu, suami aku pulang lalu cerita soal kekagumannya sama Beat baru. Karena dengan 1 liter premium, motor yang dipakainya bisa menempuh 72 koma sekian kilometer. We-o-we, IRIT AMAAAAT!



Teknologi Pintar Honda juga membuat aku nyaman bawa motor naik bukit bahkan menyusuri kaki gunung. Yakali kan berburu air terjun di kota, yang ada nemunya comberan sama empang ngahahaha. Di kaki bukit, susah lho nemuin pom bensin. Jadi, aku betul-betul butuh motor yang kuat menanjak tapi tetap irit walaupun terus diajak naik.

Nah, motorku ini sudah pakai Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi Pintar Honda yang mungkin jadi satu-satunya inovasi dunia motor cc kecil yang layak disebut inovasi beneran. Lewat eSP, Honda merubah hampir seluruh sistem daya dan pembakaran.



Pertama, ada yang namanya ACG starter, yang buat aku betul-betul pintar. Di motor biasa, ada dua dinamo, starter dan generator (kalo orang bengkel biasa nyebut Spul). Starter fungsinya buat ngasih daya putaran pertama ke motor, intinya buat bikin motor nyala. Kalo spul atau generator, fungsinya bikin listrik. Listrik itu yang nantinya menjalankan seluruh sistem pengapian di motor tersebut.

Di teknologi motor-motor lain, keberadaan dua dinamo, starter dan generator otomatis menambah gesekan. Oleh Tekhnologi Pintar Honda, dua dinamo tersebut disatukan. Efeknya, menarik! Starter honda yang terkenal kasar hilang total. Sekarang dengan eSP, starter alus dan tenaga motor juga naik beberapa persen.



Gesekan di dalam mesin motor ini sering jadi masalah lho.. Karena semakin besar gesekan semakin turun pula dayanya. Nah, ini juga dapat perhatian besar saat Honda bikin eSP. Mereka bikin dinding ruang bakar yang berduri. Suer, inovatif banget! Dulu, yang namanya dinding ruang bakar itu dibikin semulus mungkin, rata. Di bayangan aku ya.. dinding ruang bakarnya itu dipenuhi titik-titik mikro. Kaya kulit manusia yang punya pori-pori gitcu. Kalo teknologi lama, alus, praktis seluruh dinding bergesekan. Sekarang, dengan duri-duri kecil, gesekannya pasti lebih dikit.

Hubungannya apa sama naik bukit dan irit? Nah inih.. perempuan penting untuk tau. Motor itu, semakin sedikit gesekannya di komponen mesin, semakin sedikit kebutuhan bahan bakarnya. Plus, semakin sedikit gesekannya, semakin besar dayanya. Jadi, saat aku bawa naik bukit, motor tetap irit walaupun terus jalan menanjak. Gak panik nyari pom bensin lagi deh di tengah hutan. Nanjak juga mantep karena tenaganya jos! :D

Sering jalan-jalan ke kawasan air terjun, tepi sungai, dan kaki gunung, aku jelas sering dikhawatirkan sama banyak orang. Pada takut aku nyungsep! Hahahahaha Yaiyalah, namanya kaki gunung, kan jalanannya naik turun banget. Dramanya lagi, udah mana naik turun, terjal, bebatuan, becek pula! Beuh.. Jarang banget ada yang percaya aku sering mondar mandir ke daerah begitu bawa motor sendiri.



Santai aja! Gak kenapa-kenapa kok, motorku kan sudah lengkap dengan Combi Break System. Teknologi Pintar Honda yang mengoptimalkan fungsi rem depan dan belakang. Jadi, saat tuas kiri ditarik, pengereman roda depan dan belakang akan berfungsi dengan tepat. Enggak ada deh cerita nyungsep gara-gara roda depan tergelincir. Sekali tarik, dua rem bekerja optimal. Tuh mblo.. rem motor aja sekali tarik jalan berdua, masa kamu tetep sendirian?

*PLAK*

Tapi sering berkunjung ke alam, rasanya ironis yaa kalau aku sering bawa motor. Kan gas buangnya polusi banget. Ya gak? ENGGAK! Hahahahaha. Ini udah masuk pertimbanganku saat membeli motor dulu. Motorku ini ada Idling Stop System (ISS) nya. Teknologi Pintar Honda yang membuat motor mati sendiri saat berhenti lebih dari 3 detik. Irit bahan bakar tentu saja, tapi yang paling penting buat aku, teknologi ini meminimalisir emisi gas buang dari kendaraan.



Fitur ini cerdas minta ampun, ini juga salah satu cara Honda biar motor produksinya semakin irit. Lagi naik motor, berenti di lampu merah, mesin mati. Puter tuas gas, jalan lagi! Awalnya, ini fitur bikin aku sedikit kaget karena motor sering tau-tau mati. Tapi, sekarang, setelah biasa udah gak ada masalah.

Fitur ini bukan tanpa kritik, sedara-sedara.. Banyak orang yang percaya kalo mesin kendaran mati-nyala-mati-nyala akan semakin boros konsumsi bahan bakar. Bener memang. Tapi, itu saat sepeda motor masih pake sistem karburasi biasa. Kalau motor lama yang masih pake karburator biasa, saat kita nyalain motor, ada sekian persen bahan bakar yang nyemprot ke arah filter, itu yang bikin boros. Tapi, sekarang kan udah nggak pake karbu, udah injeksi, PGM FI lagi yang bahan bakarnya diatur komputer. Jadi motor mati nyala mati nyala nya Honda bikin boros hanya mitos. Sekarang bahkan mati nyala mati nyala bikin lebih irit. Aseeek!

Nih nih nih, ada video perjalananku melihat dunia bersama Teknologi Pintar Honda. Naik Vario kesayangan, menuju Kedung Pete dan Curug Cinta, Baturraden, Banyumas. Ya begitu itu medannya, naik turun dan berkelok-kelok. Kalau abis ujan, becek dan licin, rawan banget tergelincir kalau pakainya rem depan doang. Pom bensin susah ditemui. Jadi, Teknologi Pintar Honda betul betul teman perjalanan yang super-menyenangkan dan memenuhi semua kebutuhanku atas kendaraan bermotor roda dua. Ditonton yes, awas naksir! :D



Sayangnya, motorku ini masih pakai lampu biasa. Menerobos hutan, kebun, dan area-area yang penerangannya belum merata, aku jelas butuh banget Led Headlight. Teknologi Pintar Honda yang menghasilkan penerangan sempurna untuk motor. Terangnya mantap, tapi gak silau dan hemat daya. Iya, soalnya biarpun mentereng, dia gak cepet panas. Wah, pas banget tuh buat nerobos hutan kalau pulang kesorean. Hihi



Aku juga pengen banget motorku ada Answer Back System. Itu lho, inovasi Honda yang kece banget. Jadi, ada remote di kunci motornya. Kalau remote itu dipencet, akan tersambung dengan buzzer pada motor melalui sinyal radio. Terus, si motor akan mengeluarkan suara dan lampunya akan berkedip-kedip. Jadi saat parkir, motor gampang ketemunya. Asik ya? :D



Teknologi Pintar Honda betul-betul mengantarku melihat dunia. Berkunjung ke alam, dan mensyukuri ciptaanNya. Tentu saja, dengan bahagia dan penuh senyuman karena sejuta kenyamanan dan kelebihan yang Honda berikan. Oh, We love Honda!

--- 

44 komentar :

  1. Huaaa videonya kece berenang...
    Berarti pung..sekarang waktunya untuk ganti motor yang lebih baru..
    Gutlak yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaak duitnya siapaaaah beli motor baru xD
      sementara ini cukup kok.. Teknologi pintarnya udah memenuhi kebutuhanku :D

      Hapus
  2. Pungkih....masa iyaaa kamu pake vario???? Bukannya malah megapro.wakakakaa...
    kece deh videonya.videonya.xixixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaak aku kan cocok sama vario, sama sama anggun dan elekhan xD

      Hapus
  3. Ish.. Keyeen videonyah.. Semoga menang yaaa mak :D

    BalasHapus
  4. Aku fokus ke videonyaa... tolooonnggg.....
    Gutlak gutlak gutllaakkkk :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan naksir pliss. aku wes mbojo x)))

      Hapus
  5. Nyesel aku liat videonya.Jadi naksir. #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. naksir akunya apa varionya? akunya dong yaaaa wkwkwkwk *maksa*

      Hapus
  6. Videonya.. luar biasa keren mak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren? video isinya narsis semua begituu. wkwkwkwk xD

      Hapus
  7. Motor honda memang canggih ya...teknologinya keren...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa honda itu motor sejuta umat banget. siapa siapa suka :D

      Hapus
  8. Penyuka honda dari dulu.. irit, praktis, awet, jrg bermasalah.. kece aja tu videoo :D

    BalasHapus
  9. Aku juga suka pake honda Maak :D

    Goodluck lombanya ya :)

    BalasHapus
  10. Gesekan ter hot ada di honda ya, Pung? :D

    Moga menang, yeees. . .
    *KUIS*

    BalasHapus
  11. Keren ih, pungky berani bgt naik motpr dg medan yg gk mudah gitu, ke aer terjun biasane kan jalannya gk alus kayak pipiku. Pfft. Haha... Eh tp motore bpjoku yg honda lho, emg pilihan terbaik sih!

    BalasHapus
  12. Pungky aku suka videonya...kerennn... good luck ya pung...semoga menang biar ada bagi2 kebahagiaan ma kita2...hehehe

    BalasHapus
  13. Mupeng banget padahal pengen ikut lomba ini, tapi belom nguasain materinya khawatir ngga maksimal. Padahal suamiku mau banget bantuin secara kerjanya di Honda *lah jadi curcol* good luck ya ma, entah kenapa saya ko yakin dirimu bakal menang. Karena.... ada yang unik di tulisan ini ;-)

    BalasHapus
  14. Honda memang keren ya, ntar kalo beliin anakku motor, pilih honda aja ah *kalo mamanya nggak bisa nyetir sih. Good luck Pungky :)

    BalasHapus
  15. dah cakep banget itu honda, dari dulu aku suka honda sebatas bandel tapi gak ngerti mpe teknologinya beeeb, saiki ngerti deeech, kenapa kamu berenang

    BalasHapus
  16. 1 liter premium, motor yang dipakainya bisa menempuh 72 koma sekian kilometer?? Benerannn?? Waahhhh irit amat, Pung!

    BTW itu videomu keren looo... dan kamu keliatan "manis" disitu... (emang biasanya ga manis apa?! #lempartongsis).

    Gutlak ya Pungkyyy... dan makasih infonya, terus terang aku baru tahu kalo Honda sudah banyak menerapkan teknologi pintar.

    BalasHapus
  17. AKu tadinya mau beli beat warna merah jg pung, tp warna hitam ternyata lebih seksih dan menggoda. Tp dijalanan sekarang klo ngeliat motor beat merah aku selalu ngiler..haha

    Eh iya, honda ini emang irit bgt ya sama bahan bakar, pokoknya gak nyesel deh pake honda.
    Sekalian jawab pertanyaanmu di komentar postinganku :D

    kakiku nyampe kok pung hahhaha. Tp yaitu... jadi kayak penari balet :D

    BalasHapus
  18. Itu siapaaaa yang di veideo? Kok ada artis Purwokerto?? :D :D :D :D
    Aku lho ini, ga berani2 lagi bawa motor setelah jatoh waktu mau ngampus -___-
    Cobak pake yang matic kayak Vario gini kali ya biar enak kalo tanjakan. Waktu itu jatuhnya pas tanjakan dan belokan pulak. >__<

    BalasHapus
  19. Ajak aku puuunggg...ajak aq ke tempat yg indah itu... pengin lelepin kamyuuu... ke hatikyuuuu :D :D

    BalasHapus
  20. Aku ngga begitu suka dan ngerti tentang motor motoran, tapi bacanya ringan banget dan bikin ngerti. Makasih mbak Punky :')

    BalasHapus
  21. tongsis-nyaaaa... eh salah fokus haha. gutlak buat lombanyaaaa

    BalasHapus
  22. Pungkyyyyyy gue malah salah fokus ke latar tempat parkir motornyaa. Keren ada air ngucur gitu. Hahaha. Dan, gue juga anak Honda sih. Emang iriiir. Tapi ya gitu. Semoga rejeki dapet lagi ini yaa! \:D/

    BalasHapus
  23. bagus banget artikelnya detil dan lengkap, calon pemenang nih :D
    saingannya lomba ini berat2 haha *pesimis*

    BalasHapus
  24. Aku malah terfokus sama air terjun kecilnya, Mbak.. Mueheheh :P

    BalasHapus
  25. Motor keluargaku Honda semua.. emang sudah percaya ama motor satu ini :))

    BalasHapus
  26. wuih...dapat sponsor nuihh....sukses terus punky...

    BalasHapus
  27. Kalo gue selalu pake honda... xixixi

    BalasHapus
  28. wah boleh ni jadi referenjsi buat beli motor baru .

    BalasHapus
  29. "Sekali tarik, dua rem bekerja optimal. Tuh mblo.. rem motor aja sekali tarik jalan berdua, masa kamu tetep sendirian? " ini maksudnya apa mbak? -__-

    BalasHapus
  30. Akhirnyaaaaaa ngerti soal fuel injection XD

    Lampunya cakep ya kak, kaya batman!

    BalasHapus
  31. Wih, keren banget itu motor honda :o semoga aja keturutan bisa beli

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...