Minggu, 05 April 2015

Surga Surga di Banyumas yang Mungkin Belum Kamu Tahu




Hai, selamat pagi dari tepi Sungai Serayu. Sebuah titik syahdu di kaki Gunung Slamet. Di sini, kalian bisa tau mengapa lagu Di Tepi Sungai Serayu bisa mengantar semesta ke telinga. Hari ini, kita akan melakukan penjelajahan ke surga-surga di Banyumas yang mungkin belum kalian tau. Siap? Segeralah berkemas, tentu saja kalian harus membawa banyak pakaian ganti, karena kita akan basah-basahan!



Kita menyusuri kota Purwokerto dan perlahan menanjak ke arah Baturraden. Kalian pernah dengar Baturraden? Sebuah lokawisata di lereng sebelah selatan Gunung Slamet, yang menawarkan wisata air terjun atau curug. Disebut Baturraden, karena merupakan penyatuan dari kata Batur dan Raden, yang artinya teman para raja. Lho ya iya, soalnya kalau teman para artis disebutnya fens. FENS.

Tapi kita gak akan ke sana. Selain mainstream, juga bakal enggak nyambung sama judul postingan ini. Baturraden sudah terlalu terkenal untuk disebut sebagai 'Hidden Paradise'. Tsaelah!

---
Surga pertama yang akan kita temui adalah sebuah lokasi air terjun yang paling hits di kalangan Agaba (Anak Gaul Banyumas). Curug Bayan namanya. Curug yang selalu ramai ini, terletak di desa Kalipagu, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Murah meriah, cukup keluar kocek Rp. 5.000/orang untuk tiket masuk dan parkir. Coba, dimana lagi bayar goceng bisa dapet bahagia? 

Sebelum lebih jauh, foto ala ala dedek gemes dulu kitaaa x))
Kegiatan paling mantap yang bisa dilakukan di sini adalah sosorosotan. Masa kecil kurang bahagia? Kalimat ini gak akan keluar kalau kalian sudah coba sendiri. Serune puol! Mrosot, manjat lagi, mrosot, manjat lagi, begituuu terus sampai bokong ledes. Oiya, sebelum nyemplung, jangan lupa isi perut dulu ya. Di dekat Curug Bayan, ada warung kecil yang menjual mendoan panas lengkap dengan teh atau kopi. Hmm.. Jos! 

 

Setelah dari Curug Bayan, kita turun sedikit ke bawah. Sekitar 1 km dari Curug Bayan, ada surga lain yang gak kalah cihuy. Kenalin, si aduhay ini, namanya Curug Gede. Air terjun dengan hilir besar yang cocok banget buat berenang-renang. Gaya dada, gaya katak, gaya punggung, atau gaya-gayaan doang biar keliatan jago renang, bisa! Segernya jangan ditanya, ntap mantap top markotop endos jelantos!


Tenang, di kawasan Curug Bayan dan Curug Gede ini, ada tempat untuk bilas dan ganti baju kok. Antri sih, etapikan ada warung.. Sambil nunggu giliran sambil nyeplus mendoan lagi, siptap. Sip mantap.

Dari Curug Gede, kita lanjutkan penjelajahan ke surga lain dengan keindahan yang gak kalah aduhay. Letaknya di Desa Karangsalam, Kecamatan Baturraden, Banyumas. Di sini, kalian akan disambut sebuah hilir yang menampung jatuhnya air dari dua air terjun sekaligus. Tarik nafas dan nikmatilah kesegaran udara, rasakan gemericik air dari dua kucuran alam di hadapan kalian. 

Selamat datang di Curug Tebela..

Dari sini, jalan kaki sedikit ke jalur menanjak. Ada sebuah lokasi yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat mandinya bidadari. Pintu masuknya, adalah tumpukan batu yang menyerupai gua. Si cantik ini, punya nama Sendhang Bidadari. Dalam bahasa Banyumas, Sendhang berarti grojogan atau tempat mandi. Suer, indah banget! Kalau ke sini, jangan lupa foto-foto ala princess ya! 

Princess Syahrini.

 

Sekarang, kita berenang lagi yuk! Oh tenang aja, aku tau kalian sudah bosan sama air terjun. Enggak kok, pemberhentian kita kali ini bukan air terjun, tapi sebuah kedung. Kalian tau kedung? Duh, apa ya bahasa Indonesianya.. Kedung itu semacam kolam alam yang mengalirkan air sungai. Banyumas sendiri punya puluhan kedung indah untuk di datangi, tapi sekarang aku bawa kalian ke salah satunya aja ya..
 
Ditempuh dengan jalan kaki, cuma 10 menit dari Shendang Bidadari. Kedung ini berada di kawasan Curug Telu, Baturraden, Banyumas. Dikelilingi bebatuan dan tebing yang pas banget buat cliff jumping. Mau lompat gaya apa? Batman? Superman? Ultraman? Spiderman? Gt-man? Ayok!

Ucapkan hai pada Kedung Pete.. 


Masih kuat? Sip! Naik kendaraan dulu karena lokasi yang ini agak jauh dari Kedung Pete. Siapkan kaki karena kita akan melintasi sungai, semak, kebun, dan bebatuan terjal. Treknya gak bisa sembarangan dijangkau semua orang, karena memang sulit dan jauh. Tapi, yang akan menyambut kita adalah air terjun tinggi yang super-indah. Karena tinggi tapi kecil, air terjun ini bisa bergoyang kalau tertiup angin. Tatap ke depan, ambil nafas dalam, dan tersenyumlah. Kita sampai di Curug Moprok, The Dancing Waterfall..


Sudah terasa pegal? Yuk kita pijat-pijat cantik dulu. Pasti sering dengar dong kalau di kawasan Baturraden ada tempat namanya Pancuran Pitu, atau Pancuran Tujuh dalam bahasa Indonesia. Tempat wisata yang terletak di Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden, Banyumas ini menawarkan pancuran air hangat alami sebanyak tujuh buah. Di sini, terkenal juga dengan pijat belerang yang maknyos nikmatnya! Tapi, kita tentu gak akan ke sana. Mainstream, keleuz.. 

Surga yang akan kita kunjungi, berada di bawah lokasi Pancuran Tujuh. Ada tangga kecil dari Pancuran Tujuh menuju ke sana, awas kepeleset! Tempat ini gak punya nama, tapi indahnya.. wuiiih. Nah di sini ini akan kita temui juga bapak-bapak yang menawarkan jasa pijat belerang. Iya, pijat sekalian lulur pakai serbuk belerang. Enak banget pokoknya, cuma dua puluh ribu rupiah dapat pijat sebadan-badan semuka-muka serambut-rambut. 


Setelah pijat, bilasnya langsung di tebing berwarna emas yang mengucurkan air hangat langsung dari Gunung Slamet. Tau bahagianya lagi jomblo tiba-tiba ditembak Zayn Malik? Nah, seperti ituh.. 

 
Kalau sudah puas kucuran air hangat, turun ke bawah yuk sedikit. Ada aliran air yang gak kalah kece untuk dicemplungin. Bedanya dengan di atas, air di bawah sini udah gak hangat lagi, tapi dingin ngin ngin. Sumpah, dinginnya buanget. Asiknya, berendam di sini kita akan diapit dua pemandangan yang berbeda. Sebelah kiri adalah tebing keemasan, sebelah kanan adalah bebatuan dan rumput hijau. 

Permisi, Pevita Pearce nampang dulu..

 

Sama kayak di Curug Bayan, di sini juga tersedia tempat untuk ganti baju. Walaupun cuma kotakan kayu sederhana, tapi siplah buat mengembalikan kekecean. Antri juga, tapi alhamdulillah ada warung mendoan juga. Pisang gorengnya lima ratus perak tapi rasa Fara Quin, sedaaap! 

Sebenernya masih ada seabrek surga lain yang mau aku tunjukkan ke kalian. Ada Curug Ceheng, Curug Lawa, Kedung Nila, Cugu Telu, dan semuanya masih di kawasan Baturraden. Tapi, lain kali aja ya. Atau kalian bisa intip-intip akun instagram surgakecil kalau mau menikmati foto-foto surga Banyumas yang lain. Bukan akun berbayar, kok.. Semata-mata memanfaatkan media sosial untuk membuat Banyumas dilihat dunia ;)

 

Kalian pulang lewat mana? Kuantar sampai Rawalo ya.. Kita menikmati matahari tenggelam untuk disimpan di kepala dan dibawa pulang. 

Saat semburat biru dan jingga memantul di syahdunya Sungai Serayu, saat itulah kamu tau mengapa hati kami tertinggal di sini, di Banyumas.
--

60 komentar :

  1. Jadi kapan aku diundang ke Banyumas? Punkgy itu tempatnya benar-benar surga ya apalagi di bawah kaki gunung Slamte sampai dibawa pulang keurmah Mas Slametnya :)

    BalasHapus
  2. Wah banyumas ini banyak juga ya obyek wisata yang perlu dikunjungi , keren banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa.. makanya sini ke Banyumas :D

      Hapus
  3. pemandangannya wow yaaa pungky...

    BalasHapus
  4. wuiiihhh... surga tersembunyi

    BalasHapus
  5. Pulang mudik ntar, saya harus ke situ...!! :)

    BalasHapus
  6. Indah dan sejukkk sepertinyaa... mupeeeng, mak :|

    BalasHapus
  7. uwaaaa,surga bangettt..keren bangettt,doain bisa menginjakkan kaki di banyumas ya. eh,kapan ngundang aku ke banyumas?? *ikutan mbak lidia* >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ngundang doang mah sekarang banget ini juga bisaaak XD

      Hapus
  8. Keren banget Pungky.... Banyumas,, belum pernah kesana semoga kapan-kapan bisa kesana aminnn :)

    BalasHapus
  9. waaaa... bagusnyaaa.. bs nih msk k tujuan wisata...

    BalasHapus
  10. Air semuaaaa air air air jadi pengen mandi. Pungky mah selalu deadline bikin beginian. Gue baru tahu pengin ikutan udah gak bisa curaaaaang. Hahaha. Goodluck ya. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha gue kan deadliner garis keras, jadi jangan diharapkan banget XD

      Hapus
  11. Duh, ngiler pengen berangkat ke Banyumas. -___- elh latah deh.
    calling dulu aah temen yang di Banyumas biar pas kesana bisa ditumpangin makan ^___^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, nunggu apa lagi coba? Udah buruan ke Banyumas deh :D

      Hapus
  12. aihh, sebagai org yang pernah merasakan tinggal di PWT, saya bener-bener nyaman tinggal di kota ini *halah

    BalasHapus
  13. Subhanallah... bagus sekali Mak Pung! Eh itu yang pijet belerang aku pernah liat di tv dari dulu banget dan kepengen... en yeah, belum keturutan sampe sekarang :3

    BalasHapus
  14. Kalau Batur itu artinya pembantu apa teman sih sebenarnya? :D

    Tapi keren-keren juga ya tempatnya, ke sana ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua duanya, kak.. karena emang ada 2 versi. Mungkin teman itu turunan dari pembantu, soalnya kan kalo pembantu kesannya kasar gitu ya :D

      Hapus
  15. MENANG INI, MAH!!! MENAAAAANGGG!!!!

    BalasHapus
  16. Lihat pemandangannya keren banget.. seger.... kalah air terjun di kalimantan dapat yang kaya begini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya aku buahagia hidup di sini :D

      Hapus
  17. Aaakkk tampang menyenangkan. Pengen ke Banyumaaaass.... dan basah-basahan!

    BalasHapus
  18. uwuwuwuuuwww pevita kw gopek menang euuyyy... selamat ya dekbeeebbb :* tulisanmu mmg aseeeekkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dukungannya selalu ya mbakbro cihuy :*

      Hapus
  19. Wuihhh ceritanya dahsyat deh...

    Owh iya, beneran nih mau nganterin aku kalo dolan Banyumas, bawa rombongan ketoprak nih ntar mei ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneraaaaaaaaaan :D serius ini serius..

      Hapus
  20. hobbynya basah-basahan hahahahaha~

    BalasHapus
  21. Tulisannya keren, menang banget... Eh udah menang ya, congrats ya Pungky ^^
    Jadi pingin cepet-cepet melipir ke Banyumas deh!

    BalasHapus
  22. Kzl Zbl aku kan jadi mupeng ke Banyumas >__<
    Kaaaak tanggung jawab kaaaaaaaaaakk!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siniiii.. aku tanggung jawab deh ngajak muter surga-surga di atas. serius :D

      Hapus
  23. obyek wisata yg sangat cantik, jadi pingin kesana!!

    BalasHapus
  24. Kalo tulisan agaba ini ga menang mah kelewatan!! Balik lagi aja kalo kelewatan *eh.
    Congrats ya mak pungky ;)

    BalasHapus
  25. TANGGUNGJAWAB, KAK, TANGGUNGJAWAB! ASLIKKK TEMPATNYA KEREN. GAK BISA KALEM. 😭😭😭

    BalasHapus
  26. :) ceritanya menarik, destinasinya jugaaa :3
    foto-fotonya jugaaa *duh mau peking ke Banyumas langsung rasanya* hahahahah
    *tanggung jawabb kaakk, tanggung jawaaab* *udah ga punya cuti nih :))

    BalasHapus
  27. Foto-fotonya kereeen.. Jadi mupeng ke sana loh, Mbak. Padahal selama ini aku ngga tau wisata Banyumas. :D

    BalasHapus
  28. dududududu...lihat fotonya jadi lupa ngapaknya euy...
    suka gayamu, Maaakkk.. :D

    BalasHapus
  29. Wow, pantas menang! Ulasannya seru :)

    BTW Pungky, yang moto siapa? Tajem2 loh kualitas fotonya. Suka deh liatnya :)

    BalasHapus
  30. 5 tahun di banyumas belum tau tempat2 itu hee

    BalasHapus
  31. Tenan lo ya. Aku mrono tenan lo.. Awas nek gak ketemu pevita pirs..

    BalasHapus
  32. Ke curug penganten mbak haha curugnya bagus tuh :D http://sastraananta.blogspot.com/2015/01/curug-penganten-pesona-yang-tersembunyi.html

    BalasHapus
  33. Foto terakhir aku ambil aaaach, kapan aku ke Banyumas, disuguhi mendoan ala Pungky yaaa

    BalasHapus
  34. Kapan ke Banyumas ???

    Segeraaa !!! Anterin yaaa .. :D

    BalasHapus
  35. Kak, setelah selesai baca ini (sebenernya dari awal udah disadarin), aku ngerasa tulisannya udah badhayyy ala ala feature travelnya komp*s XD cakeubbbbb (pake 'b' saking bagusnya)

    foto awalnya masi kaya mahasiswa melarikan diri dari kenyataan XD jadi, bagaimana resepnya biar aura mahasiswa nggak luntur kak? LOL

    Itu kak pung sekali jalan ke semuanya? OMG aku sih udah ngos-ngosan mungkin kak XD btw, tebing emasnya kok membawa fantasiku ke pelukan Channing Tatum, ya. Berasa liat laki berotot masaaaaaaaa

    Penutupannya as always, bikin jatuh cinta. Indah banget kata-katanya :3

    BalasHapus
  36. sebagai gadis Banyumas aku baru ngerti ada begituan hahaha
    cuma pernah ke pancuran 7 sama curug Ceheng, yagimana ya sis kebanyakan isinya dedek2 pacaran huhuu..
    btw nice blog Pungky ;')

    btw coba subuh2 ke sungai Serayu tapi yg lewat jembatan pasar apa tuh yg Tanjung ke selatan terus, Patikraja bukan ya?
    ada jembatan yg tembusnya ke Maos, nah dari situ bisa deh itu puas2in liat sungai serayu dengan semburat oranye2, cancik.

    BalasHapus
  37. Foto-fotonya kereeen.. Jadi mupeng ke sana loh, Mbak. Padahal selama ini aku ngga tau wisata Banyumas. :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...