Senin, 22 Juni 2015

Sepetang Bersama Blogger 2015 (2): Hebohnya Treasure Hunt



Kami sampai di Malaysia Jumat sore. Dijemput di KLIA oleh Uncle Masrukin dan Bang Eizil, dan langsung diantar ke Sepang Hotel di Putrajaya. Alhamdulillah.. Baik banget Uncle Mas sama Bang Eizil mau jemput dan antar kami. Tapi perjalanan sempat terhambat karena 5 menit sekali kami harus berhenti. Angkat tongsis, pose najong, selfie. Bah! :))

Soal tongsis, kami tentu menyerahkan ini sama Mak Winda. Anggota rombongan yang selalu menyatakan diri sebagai Emak Gaoel. Ealah, gaul dari hongkong.. Kami akhirnya pakai tongsis punya Una, karena Emak Gaoel ternyata gak punya. Padahal tau sendiri sosmednya dia isinya cuma dua hal, nyinyirin orang dan foto selfie. Muahahahaha Dengan foto selfie di sosmed sebanyak dan senarsis itu, emak gaoel gak punya tongsis adalah keajaiban alam semesta.


***

Kegiatan pertama di acara Sepetang Bersama Blogger 2015 ini adalah Treasure Hunt. Karena satu hotel sama panitia acara, jadi kami (blogger blogger Indonesia) harus ikut bangun pagi dan jadi peserta pertama yang sampai di lokasi. Malam sebelumnya, kami diberitahu kalau harus kumpul di loby hotel jam 6.45, aku dan Emak Gaoel yang sekamar, membuka mata tepat pukul 6.45. Itu juga karena digedor sama Una dan mbak Anaz. Yap, orang udah pada ngumpul, kita berdua baru melek. Cakep!

Jejeritanlah jelas, itu di kamar gedubrakan udah kayak duo srigala konser akbar. Prinsipnya, gak apa apa ada yang ketinggalan, asal eyeliner menjuntring dengan sempurna. Salah satu dari kami akhirnya meninggalkan.... mandi. Dan itu bukan aku. *lirik Emak Gaoel sambil tutup idung*

Sampai di Putrajaya Extreme Park (lokasi acara), masih sepi karena memang baru kami dan panitia yang datang. Jadi kami isi waktu dengan ngobrol ngalur ngidul dan angkat tongsis (lagi). Nah di sini nih teman teman Indonesia lain pada bikin pengakuan, ternyata mereka gak mandi juga. Gak sempet. Jadi pagi itu, 3 dari 5 blogger Indonesia GAK MANDI PAGI. Muahahahaha Pantesan rada-rada semriwing bau comberan gimanaaa gitu.


Acara dimulai dengan pembagian kumpulan (tim) dan persiapan Treasure Hunt. Kami, para blogger Indonesia, dipencar dan bergabung dengan blogger-blogger lokal. Cuma ber-empat, soalnya Emak Gaoel yang bak bunda ratu itu, memutuskan gak ikutan karena khawatir gak kuat fisik. Faktor U, kita maklumi aja yah :')

Aku masuk dalam tim 6, sama blogger-blogger Malaysia yang seru dan gokil-gokil. Belum apa-apa kita udah ketawa mulu. Ketuanya, namanya Maha, foodblogger Malaysia yang kocak dan menyenangkan. Komunikasi kami berjalan aneh dan wagu karena aku gak begitu paham bahasa melayu, jadi ya bayangin aja deh selama Treasure Hunt kami bekerja sama dalam roaming. Haks!

Setiap sampai di pos dan kami menerima tantangan, aku selalu planga plongo menanti bantuan datang. Soalnya semua tugasnya berbahasa Melayu semi semi formal gitu, mene eyke ngerti... Untungnya semua anggota tim 6 baik-baik dan paham ke-bloonan-tak-tertolong ku, jadi setiap kami dapat tugas, pasti langsung ada yang translate ke bahasa Indonesia atau inggris.

"Semua kumpulan buat cie masing-masing.."
"HAH? CIE?" *pasang tampang bloon andalan*

Terus semua anggota tim 6 ribut menyebutkan kata pengganti cie yang menurut mereka, aku bakal ngerti. Aku geleng-geleng (masih tampang bloon). Trus aku nengok ke Mak Gaoel yang berdiri rada jauh, mulutnya menye-menye mengisyaratkan sesuatu. Aku balik ke tim.

"Jingle?"
"YAAA JINGLEEE!!!"

Buahahahahahahaha tim lain udah pada jadi, timku masih disibukkan dengan blogger Indonesia cantik cantik bloon.

Kocak banget pas setiap tim harus neriakin yel yel masing-masing. Rata-rata kan pakai bahasa melayu atau inggris yaa, eh ada satu tim yang jerit "telu.. telu.. telu..". HA? Kelompoknya Darul dong... Doi ditunjuk jadi ketua tim, sama dia sekalian tim nya dibikin berbahasa Jawa. Muahahahaha belajar gilaaaa x))))


Treasure Hunt ini, semacam outbond gitu. Ada tantangan demi tantangan yang harus kami pecahkan. Setiap kelompok dibekali paspor dan peta untuk menyelesaikan 6 checkpoint (pos) yang ada. Macem macem banget tantangannya, ada wall climbing, menjadi si buta-bisu-tuli, mengapungkan jarum di air, membuat kaleng berdiri miring, sampai bikin pose gak layak lihat di tengah jalan.


Karena acara blogger ya namanya juga, jadi setiap tantangan ada hubungannya juga sama sosial media. Entah harus post foto di instagram saat berhasil menyelesaikan tantangan, bikin twit, update status, sampai live blogging di pos terakhir. Setiap kelompok punya hashtag sendiri sendiri untuk memudahkan panitia memantau di sosmed.

Tantangan yang paling aku inget itu di pos 4, kami disuruh menjawab delapan pertanyaan dalam empat menit. Tapi, si penanya ada di saung yang kalau ke sana, harus naik tangga dulu. Sedangkan kami di bawah dan naiknya harus satu-satu, jadi mau gak mau harus lari. Nah, karena tim ku merasa kebanyakan anggotanya memiliki badan yang mustahil untuk gesit, jadi kami memutuskan untuk santai aja. Mending dihukum daripada harus lari naik tangga. Muahahahaha Kena deh muter-muter sambil mencet hidung 10 hitungan. Pusyiiiing xD




Nah yang bikin seru, setiap pos itu ada tantangan bonus yang boleh dikerjakan boleh enggak. Tantangannya nyeleneh semua. Dari mulai foto bareng pihak sponsor, foto bareng spanduk, bikin instavideo, sampai bikin dubsmash ala-ala. Karena kelompokku niat banget menang, kami menyelesaikan semua tantangan bonus yang ada. Bho, baru kenal langsung diajak nge-dubsmash lagu I will always love you-nya Whitney Houston. Lengkap dengan mangap mangap sensual di tempat umum. En aaaaaaaiaaaaaaa will always love youuuu uuuuu..

Sampai di sini, aku punya kesimpulan, bahwa gak tau malu dan malu-maluin kadang harus menjadi pilihan untuk bertahan hidup. Yaksip.

***


Selesai Treasure Hunt, acara Sepetang Bersama Blogger 2015 dilanjutkan dengan makan siang yang disediakan oleh Bakarlah BBQ. Menunya super banget, domba bakar! Abis makan siang, acara dilanjut dengan diskusi panel soal blogging lalu ditutup dengan pengumuman pemenang Treasure Hunt. Dan kerja sama dalam roaming tim ku, membuahkan hasil manis, kami juara 2! YAY YAY YAY! Rejeki anak solehah, berangkat bawa receh, pulang bawa ringgit. Alhamdulillah.. xD

Terimakasih untuk tim 6 yang sangat ramah dan menyenangkan, ada Zakwan Zain, Kak Alyza Fisol, Cik Za Jejaricomel, Kak Asfieda, Mior, Mahamahu, dan Kak Sumijelly. Semoga kita jumpa lagi di lain waktu yaa.. Senang sekali pernah satu tim dengan kalian :)


Acara kopdar blogger berbentuk Treasure Hunt begini, asik banget lhoo.. Selain jadi olah raga bareng-bareng, juga bikin para blogger menggunakan gadget dan sosial media untuk bekerja sama memecahkan tantangan. Kerasa banget harus kompaknya karena tantangan yang beda-beda, menyesuaikan dengan gadget siapa yang mumpuni untuk melakukan itu. Kayak dubsmash, misalnya, gak semua orang di gadgetnya ada aplikasi ini. Dan karena harus cepat, jadi anggota tim yang gadgetnya punya dubsmash, langsung ambil alih. Atau saat live blogging, dipilih satu orang yang blognya paling hits, lalu anggota tim yang lain bantu mendikte dan ngumpulin foto untuk keperluan post.

Jadi, gak ada tuh ceritanya selama acara semua nunduk sama gadget masing-masing. Sponsor juga gak rugi karena beberapa tantangan, ada yang harus menyertakan foto sponsor (spanduk, banner, produk, dll) dan harus post di sosial media. Bisa banget jadi referensi konsep acara kopdar di Indonesia. Soalnya, kalau aku pribadi, agak agak gak sreg sama acara kumpul blogger yang dikasih lomba livetwit atau liveblog kayak biasanya di Indo. Peserta asik sama gadgetnya masing-masing, dan makna kumpulnya itu sendiri jadi hilang.


Saat itu, matahari bener-bener di atas kepala, puanas! Satu hal pelik melintas di kepalaku: 3 dari 5 blogger Indonesia kan gak mandi pagi. Jadi, abis penuh keringet setelah Treasure Hunt + makan domba + di siang terik yang panasnya luar biasa + paginya gak mandi =
Kebayang gak itu ada silir-silir udara membawa bau prengus dari ketek?

HAHAHAHAHAHAHAHA

39 komentar :

  1. Seru banget bisa kumpul2 begitu... _- kegiatannya bikin envy, kalo kumpul lagi sama blogger sana ajak aku dong kak, jadi kan ada 6 blogger dari indonesianya hehew :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheu ini juga aku diajak orang. jangan berenti ngeblog aja sih, pasti ada rejekinya :D

      Hapus
  2. Hahaha udah baca dari postingan sebelumnya. Seruuuu. Gue gak kebayang tuh ribetnya pas roaming pake bahasa melayu. Pasti rusuh abis. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. BANGEEEET. Hahahahaha gue jadi kebanyakan planga plongo nya, mereka cas cis cius udah nyampe arab, gue baru naik angkot x)))

      Hapus
  3. erhhh ngebayangin bau badan, Bok.. nggak kuat eikee haha

    BalasHapus
  4. horee pungky menang ya. kok maktir gak ikut sih, kalau gak kuat kan bisa di gendong sama punky sekali-kali berbakti gitu loh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. andai mak lid tau, aku bebisitting di malaysia, gak ada yg jagain akoh, mak..gak adaaah.. #deramah

      Hapus
    2. Loh, Darul itu apaah? Adik bungsu yang sangat setia pada kaka gaoel super rempongnyaaah muahahahaha

      Hapus
  5. Langsung tutup idung *bau domba :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. *angkat ketek tinggi tinggi* aku mah bau parpum euy, da udah mandi :')

      Hapus
  6. hemm gak kebayang bau nya itu lho, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe tapi gak kecium kok, kan outdoor :D

      Hapus
  7. Wah keren yah bisa ke MAlaysia :D

    BalasHapus
  8. Wah asiknya bisa liburan ke Malaysia, gratis lagi ga perlu beli tiket pesawat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya om Obat, Alhamdulillah lagi rejeki ^_^

      Hapus
  9. Yaa mak tir kalah ni sm mbok hamil yg msh lelarian di bangkok :p *jgn bilangin maktir ya pung*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah, aku hanya menjaga kondisi make up supaya tetap cetar, mbok...make up cetar, tapi bau prengus...nyiahahahaaaa

      Hapus
  10. terbukti kan, pungky anak durhaka, saat aku ngemong dia di malaysia, dia malah bully aku di sini....trims! #lawas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhai mamak... aku tak pernah bermaksud membully.. Ini fakta mak.. faktaaaa xD

      Hapus
  11. seru ya mba tantangannya bikin dag dig dug :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener om Jelly, dag dig dug serr ;D

      Hapus
  12. kapan yaa bisa ikut seseruan kayak begono...melancong ke luar negeri pulak...peace ya non :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan kapan maaak, pasti ada rejekinya sendiri ^_^

      Hapus
  13. ada tantangan manjat juga, serem ah

    BalasHapus
  14. Gembira sangat dapat ketemu kamu di SBB dan dapat mengenali kamu dengan lebih dekat walaupun sekejap bangat... Moga perkenalan ini lebih kekal lama sama blogger di Indonesia. Salam dari orang Malaysia....

    BalasHapus
  15. Wah serunya ^^ jadi yang ngga mandi salah satunya Pungky nih hahaha, berarti bener nebaknya di insta Mbak Anaz, satunya Emak Gaoel yang ga ada tongsis ya? Berarti salah nih, ketipu sama makeupnya mak Gaoel wkwkwk...

    BalasHapus
  16. aaahhh seruuuu seruuu banget...

    oia mak pungky, salam kenal yaa, udah aku follow yaa mak GFC 466 #KEB asiiik.. :))

    BalasHapus
  17. Duuh asyiik ya Mak... mudah2an suatu saat bisa ikutan ah.. Aamiin Allohumma Aamiin *doa khusyuk ^_^

    BalasHapus
  18. bener-bener seru ya, Pung.. apalagi bisa bawa pulang ringgit itu . Bahagia poll :)

    BalasHapus
  19. Hah iya bener banget soal livetweet. Kalo kayak gitu mah lebih sibuk ama gadgetnya buat menangin hadiah kan ya.

    BalasHapus
  20. Bahasa nelayu angel banget dipahami ya, Pung. Melasi temen kowe. :D

    Acaranya seru, seriusan. Moga konsep BN bisa niru SBB, ya.

    BalasHapus
  21. Salam Pungky...

    seronok bersama kamu.. maaf yek kalau ada salah silap atau terkasa bahasa...

    Selamat berpuasa dan tak lama lagi bakal menyambut aidilfitri

    Sumijelly.com

    BalasHapus
  22. Waahhh....Seru banget mbak...Wah pake bahasa melayu ya kuisnya kebayang dah gak ngertinya hehehe...

    BalasHapus
  23. Pung... harus kuakui aku sirik lihat foto2mu itu hahaha....
    bener2 asyik banget waktumu di Malaysia itu ya.

    BalasHapus
  24. Akuuuu telat baca postingan ini...dan ngikik berat begitu tau fakta soal tongsis dan bau ketek prengus ini hahahaa....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...