Sabtu, 15 Agustus 2015

Traveling Asik Bareng LangitMusik


Namanya sudah berumahtangga, jalan-jalan enggak bisa lagi sebebas dulu. Sekarang, mau gak mau harus selalu sama anak dan suami. Tapi dasarnya senang kelayapan, jadi walaupun rombongan makin banyak dan bawaan jadi membludak, tetep aja diladenin. Keluarga kecilku, paling senang main-main ke alam, sungai dan air terjun adalah dua favorit kami. Senangnya itu sudah sampai level: seminggu sekali harus berenang di sungai. Entah yang di dekat rumah, atau yang harus ke luar kota dulu. Bahagia itu memang sederhana ya... dan aneh.

Biasanya, aku dan suami bagi tugas saat jalan-jalan. Dia dan si kecil kebagian main-mainnya, karena memang mereka lebih butuh quality time dibanding aku yang setiap hari jam berapa aja bisa main sama anak. Nah, sedangkan aku kebagian lucunya. Paling keren itu jadi fotografer untuk segala aktifitas mereka biar bisa upload-upload gaul di sosmed, paling ngenes jadi orang yang kudu melek sepanjang perjalanan kalau naik kendaraan umum (karena mereka berdua pasti tidur pules), dan paling sering... 
jadi tukang jaga tas.

Dulu, si tukang jagain tidur dan tas ini selalu ditemani youtube di gadgetnya, memutar puluhan video untuk sekedar dinikmati musiknya. Karena perjalanan dan musik kan kombinasi sempurna untuk membuat formula bahagia yaa. Cuma didengerin aja memang, gak ditonton. Karena mataku jelas lagi asik menikmati perjalanan, dan mengawasi kelakuan dua jagoan yang---kalo gak dicerewetin, mereka bisa loncat bareng dari batu tinggi tanpa mikir itu bahaya. Atau main tidur aja padahal tas kebuka ngablak.  Pfft.

Muter youtube terus, lama-lama berasa juga bangkrutnya. Karena itukan video ya, jelas memakan kuota internet yang enggak sedikit. Jadi kadang baru beberapa lagu, udah dimatiin mau gak mau demi kuota. 

Kenapa lagunya gak download gratisan aja? Kan praktis, tinggal download, simpan di smartphone trus bisa diputar tanpa keluar biaya. Enggak lah! Itukan ilegal, membunuh industri musik dan melecehkan kerja keras para musisi. Tsaelah bahasanya. Tapi beneran, itu sama dengan pembajakan. Maling. Pencuri. Whatever you name it, download lagu gratisan dari internet sama sekali bukan tindakan benar.


"Would you go into a CD store and steal a CD? It's the same thing, people going into the computers and logging on and stealing our music. It's the exact same thing, so why do it?" – Britney Spears

Makanya, aku biasanya dengerin musik dari youtube langsung, karena udah gak punya cd/dvd atau cassete player. Langsung puter dari channel resmi seperti Vevo, legal deh! Bisa juga sih beli di iTunes, lebih praktis dan murah. Tapikan aku bukan pengguna iOs, manalah punya iTunes. Selalu berdoa android atau blackberry bikin aplikasi serupa iTunes, supaya aku bisa beli beli lagu legal dengan harga terjangkau juga.

Untunglah sekarang ada LangitMusik, ini semacam jawaban atas doaku. Sebuah aplikasi hasil kerjasama Telkomsel dan PT. MelOn Indonesia yang menyediakan layanan streaming dan download lagu secara legal. Asik lho, karena aplikasi bernuansa pink dan biru ini, berisi lebih dari 2.000.000 lagu yang bisa dinikmati di berbagai gadget. Bayangin, lebih dari 2juta lagu! Dari  Katy Perry sampai Syahrini, All About That Bass sampai Pusing Pala Berbi, Kpop sampai Goyang Dumang, semuanya ada. Lengkap!
 

Asiknya lagi, aplikasi ini sekarang tersedia untuk android, blackberry, windows phone, dan iphone. Gak cuma buat pc lagi. Jadi aku udah enggak perlu lagi puter-puter youtube yang menyedot kuota internet buanyak itu. Yeaay! :D

LangitMusik ini betul-betul teman perjalanan yang cihuy, selain kualitas suara yang sudah dolby digital, juga karena enteng banget dipakainya. Ya karena Telkomsel sih ya, sinyalnya memang terkenal sudah sampai pelosok-pelosok. Aku bawa ke air terjun di kawasan Baturraden (yang notabene kaki gunung), streaming tetap lancar jaya. Aku pakai di bis antarkota, musiknya tetap stabil walaupun lagi jalan, enggak putus putus meskipun kekuatan sinyalnya berubah-ubah. Tampilannya juga sederhana, jadi enggak bikin bingung. Sangat orang-gaptek-friendly lah.

Cara Download Aplikasi LangitMusik

Caranya ya standar unduh aplikasi ya.. Tinggal buka Play Store untuk Android, BB Shop untuk Blackberry, App Store untuk iOs, dan Windows Store untuk Windows phone. Search aja LangitMusik, nanti muncul LangitMusik dan LangitMusik Karaoke. Pilihnya yang LangitMusik berlogo merah ya. Download, lalu instal di gadget. Beres!

 

Cara Mendaftar LangitMusik

Mendaftarnya juga gampang banget. Tapi sebelumnya, pastikan dulu bahwa kamu menggunakan kartu Telkomsel ya, karena LangitMusik hanya bisa digunakan dengan simcard Telkomsel. Kebetulan smartphone ku ini dualsim, dan salah satunya selalu pakai Telkomsel (termasuk paket data), jadi ya enggak perlu ganti simcard dulu. Bisa langsung daftar.


Caranya, buka aplikasi LangitMusik, pilih 'Daftar'. Nanti ada pilihan paket berlangganan, kalau mau coba-coba dulu, tersedia paket free trial kok. Jadi kamu bisa coba gratis selama 7 hari. Karena aku pengin lebih puas, jadi aku daftar paket premium yang 7 hari. Tadinya mau sekalian 30 hari, tapi ternyata sisa pulsaku gak sampai 10ribu. Hiks. 

Eh harga paket LangitMusik ini termasuk murah banget lho.. yang 30 hari itu, cuma Rp. 11.000. Ini jauh lebih murah dari iTunes ya.. iTunes per lagu bisa sampai Rp. 12.000, harga segitu di LangitMusik bisa streaming dan download sepuasnya selama sebulan. Wuih!

Nah setelah pilih paket, nanti muncul Disclaimer, pilih 'OK'. Trus nanti ada konfirmasi pendaftaran paket, tulis angka 1 untuk membeli, lalu kirim. Gak lama setelah itu, nomor Telkomsel yang sedang kita pakai akan akan kedatangan sms. Berisi nomer Telkomsel kita dan password untuk login. Ada penjelasan cara Unreg juga, jadi fair ya.. Mereka juga menyediakan fasilitas Unreg beserta caranya, enggak diem aja trus nyedot pulsa kita tanpa kasih tau apa-apa.

Cara Login LangitMusik

Cara login-nya, buka aplikasi LangitMusik, pilih 'Login'. Nanti di bagian login, kolom kosong atas isi dengan nomer Telkomsel kita dan bagian bawah dengan password. Dua hal ini, kalau lupa, bisa ngintip di sms registrasi. Kalau baru pertama login, akan muncul halaman profile. Isi isi dulu aja supaya lebih nyaman, lalu save. Selesai deh! Selamat menikmati LangitMusik :D
 

Tampilan Streaming LangitMusik

Inilah tampilan utama nya LangitMusik. Tempat lagu yang kita putar, mengalun. Seperti tampilan music player pada umumnya ya, LangitMusik juga dilengkapi dengan tombol play, stop, previous, next, bahkan sampai shuffle dan repeat. Dilengkapi juga dengan equalizer sehingga kita mudah mengontrol mood musik yang nyaman di telinga.

Gak berhenti di situ, LangitMusik sangat memenuhi kepuasan penggunanya dengan menghadirkan fasilitas lirik lagu. Jadi kalau ada lagu berbahasa asing yang lagi populer, kita bisa cepet hafal liriknya. Lalu, di ujung kanan atas ada 'more', isinya itu pilihan untuk memasukan lagu ke playlist, men-download lagu, membeli mp3 dan NSP nya, dan paling bawah itu buat mencari lagu atau album lain dari artist yang sama.

Fitur Fitur LangitMusik

Sekarang, aku mau bahas fitur-fitur LangitMusik. Fitur-fitur keren inilah yang jadi alasan aku memakai LangitMusik dan akan jadi alasan kenapa kamu juga harus pakai LangitMusik. Cus!

Di menu utama LangitMusik ada Find, Discover, My Stream, My Music, Catalog, Promo, dan Karaoke. Semuanya dengan tampilan sederhana dan gampang dipakai.

Find

Ini fitur untuk mencari lagu semau kamu. Namanya udah disediakan 2.000.000 lagu ya, fitur ini penting banget supaya kita bisa langsung sampai ke lagu yang kita inginkan. Pencarian bisa berdasarkan judul lagu, album, atau artist. Jadi tinggal ketik aja deh. Kalaupun lupa sama judul misalnya, trus lupa juga nama lengkap penyanyinya. Ya tulis aja seingetnya. 

Misalnya nyari lagu-lagunya G.A.C, tapi lupa A dan C itu siapa namanya. Tulis aja Gamalliel, nanti segala lagu yang mengandung kata Gamalliel akan muncul. Dari lagu, album, sampai artist dengan nama serupa. Praktis banget kan?

Trus aku iseng gitu ngetik PUNGKY di bagian find. Keluar sesuatu? ENGGAK! Bhahahahaha *ternyata namaku gak famous* *sedih*

Discover

Ini fitur semacam gudangnya LangitMusik. Di sini ini kamu bisa menemukan lagu lagu dengan beberapa pembagian supaya gak bikin bingung. Ada LM’s Playlist, Highlight, New Releases, LM’s Pick, Popular Track, Popular Artist, Social Playlist, dan Mood.

 
  

Aku jelasin sepahamnya aku yaa.. cmiiw.
  • LM’s Playlist: Isinya playlist-playlist buatan LangitMusik. Biasanya sih ikut momen, kayak ramadan kemarin, ada playlist LangitMusik Ramadhan. Pas lebaran, ada playlist Selamat Lebaran, atau yang terbaru nih, playlist Kemerdekaan dalam rangka 17 agustusan.
  • Highlight: Ini kayaknya lagu-lagu yang lagi hits deh. Atau yang lagi dipromosikan untuk hits. Kurang paham bagian ini, yang jelas isinya memang lagu-lagu yang lagi beken. Heuheu maaf.
  • New Releases: Berisi lagu-lagu baru (yang juga lagi hits). Jadi enggak bakal ada ceritanya jadi kuper gara-gara gak tau lagu terbaru yang lagi in. Bisa ngintip di sini dan lekas jadi gaul.
  • LM’s Pick: Bagian ini, isinya lagu-lagu pilihan LangitMusik. Semacam editor choice gitu ya kalau di majalah.
  • Popular Track: Lagu lagu yang lagi populer bisa ditemui di sini. Mungkin ini lagu-lagu yang paling banyak dicari pengguna ya.. Mungkin lho, kalau salah ya monggo tanya LangitMusik langsung xD
  • Popular Artist: Sama kayak di atas, tapi ini berdasarkan penyanyinya. Eits, ada Sheila on 7 lho di sini. Sephia mana sephia... *jiwa fans berat 90an nya bergejolak*
  • Social Playlist: Sama kayak LM’s Playlist, tapi kalau yang ini buatan pengguna. Jadi kita bisa intip intip playlist-nya orang. Ini cukup membantu juga kalau lagi males bikin playlist sendiri, ya tinggal pakai aja punya orang yang cocok sama selera kita. Hihihi
  • Mood: Pembagian lagu berdasarkan mood nya. Ada Party, Happy, Angry dan.... GALAU. Jadi mblo, LangitMusik ini sangat mengerti kamu :) *sok manis minta dikepret* 

 

My Stream

Fitur ini adalah history pemakaian kita dan tawaran lagu yang sesuai dengan history tersebut. Ada lagu yang terakhir kita putar, lagu yang (menurut LangitMusik) mungkin akan kita suka, dan satu lagi adalah lagu lagu have you heard of..?.



 

My Music

Fitur kesukaan aku! Isinya adalah My Playlist dan Music from my device. Kenapa kesukaan aku, karena di sinilah fitur yang rasanya 'gue banget'. Semua lagunya adalah pilihan kita. Sik asik!
  • My Playlist: Playlist yang bisa kita buat semau kita. Gampang banget bikinya, tinggal pilih 'create new playlist' trus bikin nama playlist beserta deskripsi singkatnya. Betul betul semau kita deh! Nah karena LangitMusik ini paling sering aku pakai saat traveling, jadi aku bikin playlist berisi lagu lagu yang jadi traveling soundtrack-nya aku. Saat jalan-jalan, gak perlu lagi ribet cari cari lagu, tinggal buka playlist dan mainkan!
  • Music from my device: Kalau yang ini, isinya lagu-lagu yang sudah kita download. Jadi ya, isinya sudah pilihan kita semua.


 

Catalog

Isinya adalah pembagian lagu menurut genre dan negara asal. Favoritku adalah Indonesia Dangdut, karena di sanalah terdapat lagu kenegaraan bangsa barbie: Putri Bahar - Pusing Pala Berbi.

Promo

Ya sesuai namanya, isinya adalah promo dan program yang sedang ditawarkan LangitMusik. Kayak lomba blog LangitMusik yang kerjasama dengan Warung Blogger, ya termasuk LangitMusik promo ini. Atau yang paling hits, Liburan ke Jogja Ala Goyang Dumang. Tsahhh...

 

Karaoke

Fitur ini buat kamu yang suka karaokean. Tapi enggak bisa langsung dipakai gitu aja, harus download lagi karena ini adalah aplikasi tersendiri. Tampilan juga sederhana dan asik, aku udah install tapi gak pernah dipakai. Enggak suka karaoke, cyin..



Apakah Lagu di LangitMusik Legal?

Kan di LangitMusik kita bisa download sepuasnya tuh asal udah berlangganan paket, memangnya legal ya? LEGAL! Soalnya, seluruh lagu yang di download dari LangitMusik, gak bisa kita putar selain di aplikasi LangitMusik itu sendiri. Karena setiap lagu yang kita download, memiliki format .DCF. Alias, format audio yang punya copy-protection. Di dalamnya tertanam Digital Rights Management (DRM), yang  berfungi membatasi file untuk di-copy atau diubah. Jadi, mencegah banget terjadinya pembajakan.


Sekarang, traveling ku dan keluarga jadi semakin menyenangkan. Karena selalu berteman musik asik yang mudah diakses, suaranya bagus, dan jauh dari pembajakan. Kalian, sudah pakai LangitMusik belum? :D

 

***

Kompetisi Langit Musik

20 komentar :

  1. Widiih lengkaapp.. Sukses yaa tsaayyy

    BalasHapus
  2. Lengkap bangetttt, say bye to youtube nih ya ^^ apalagi kadang sering juga kalo dari beberapa channel musik "this content is not available in your country" semacamnya...

    BalasHapus
  3. Traveling emang lbh asik ditemenin musik yo puung

    BalasHapus
  4. Kapan-kapan mau instal Langit Musik juga ah.
    Keren banget reviewnya mbak Pungky. Good luck yaaa <3

    BalasHapus
  5. Jadi pengen download langit musik nih buat nemenin aktifitas emak2 gegara baca postingan ini. Gutlak ya maminye jiwo ^_^

    BalasHapus
  6. Duh... jadi malu krn sering buka youtube...untung aku gak mau donlot gratis krn memory full jadi gak bisa dikategorikan pembajak deh

    BalasHapus
  7. Beuh, asik banget ya LangitMusik-nya. Aku sih tetep lebih pilih liat youtube aja karena kalau lagi liburan ke luar, jarang banget butuh dengerin lagu XD
    Kalau lagi santai, bisa sesekali liat youtube :)

    BalasHapus
  8. Begitulah nasib emak-emak ya, sering banget dapat tugas jagain tas, hehhee tapi yg penting anak dan suami happy hihihi

    Ulasannya lengkap kap kap :) dan aku baru tahu ternyata lagunya hanya bisa didengarin di aplikasi langitmusik jdinya legal gt
    sukses dach Pung :b

    BalasHapus
  9. jadi tambah asik ada langitmusik :)

    BalasHapus
  10. komplit deh fitur'a
    bisa milih lagu yang sesuai mood juga

    BalasHapus
  11. wahh seru juga yaaa.. biasanya beli aja sih di itunes.. 1 lagu bisa rb-7rb.. tapi kalo sebulan cuma berapa tadi.. 11rebu? iihhh ngirit bangeeettt

    BalasHapus
  12. ya lah lengkap ajaib pungky, jadi maksud apa yang namanya langit musik. Jadi dia proteksi ya lagu-lagunya dan emang berlangganan gitu.

    BalasHapus
  13. Waaah asyik sekali yaaah :))
    Aku pengeeeen!

    Etapi pertanyaan paling signifikan disini : ada lagu Kpop gak niiih hehehe...
    *penting*

    BalasHapus
  14. Wah keren banget reviewnya, lengkap dan jelas :D semoga menang lombanya :D

    BalasHapus
  15. Postingan diujung deadline dan seperti biasanya... mama jiwo keren banget >,<
    Moga menang ya mbak ^_^

    BalasHapus
  16. Aku udah download langit musik di ios.. Sampai lupa ikutan lomba nya saking asik dengerin musik via langit musik deh.. Good luck makk, pastikan menang terruuusss.. Amin. Hihihii :))

    Http://beautyasti1.blogspot.com

    BalasHapus
  17. sepakat ma bi erry, ada soundtrack drama2 korea gak yah, hihi secara kalau youtuban yang diputer soundtrak drakor ajah, hihi.

    Sukses mb lombanya :)

    BalasHapus
  18. Semakin dibuat manja deh dari tahun ke tahun oleh aplikasi-aplikasi atau apapun itu sama hape maupun benda lainnya semkain modern aja senangnya :D

    BalasHapus
  19. aplikasinya okeee nih..dan aku bisa cobaaa di siniiii hehehehe. Bon courage neng untuk kontesnya :)

    BalasHapus
  20. aplikasi segala macem yang bisa membuat hari kita lebih indah ..wkwkwk :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...