Selasa, 27 Oktober 2015

Blogger Camp 2015 Purwokerto, Yha Khaaan!


Olah raga yang bertajuk bukan senam bukan sihir, memecah suasana Blogger Camp pagi itu. Gimana enggak, acara yang judulnya senam berubah jadi 15 menit penuh ngakak dan pengen nyambit instruktur. Usut punya usut, duo maut yang memimpin senam pagi itu memang bukan instruktur senam, melainkan komedian panggilan yang membuat seluruh peserta Blogger Camp Purwokerto mengawali hari dengan ….. gerakan cuci baju, jemur pakaian, topeng monyet, hormat proklamasi, sampai joget sambalado ala Ayu Ting Ting.

“Ayo teman teman kita pemanasan dulu ya..”

Kata salah satu instruktur, sambil menyalakan sebuah korek api dan mendekatkan badannya ke arah api. Seluruh peserta bengong dengan penuh krik.


Oke, pemanasan … 

***

Sampai sekarang, aku masih percaya gak percaya kalau Purwokerto jadi salah satu tuan rumah kegiatan Blogger Camp 2015. Kota kecil yang sering disebut gak ada di peta, ternyata dipercaya untuk menjadi sentra perayaan Hari Blogger Nasional tahun ini. Ibarat ketiban duren runtuh, ini tuh udah dalam bentuk pancake dikirim langsung dari Medan gratis ongkir. Tiap detik bawaannya pengin Alhamdulillah yang kenceng.

Kayak judulnya ya, Blogger Camp adalah kempingnya para blogger. Tahun ini, dilaksanakan serentak di 4 kota, Jakarta, Surabaya, Makassar dan PURWOKERTO. Harus pakai capslock biar beuh. Liat dong 3 kota lainnya adalah kota besar, dan kota kesayangan aku berdampingan di situ. Mari sama sama kita bilang beuh yang khusuk …

Beuuuh..

Seperti standar acara lainnya, acara pertama adalah pembukaan lalu dilanjut dengan perkenalan. Di sini masih pada malu malu duren. Malu-malu tapi tajem. Bilangnya malu tapi pas ada kuis beringas juga bhahahahak. Berbeda dengan kota lainnya, acara kedua Blogger Camp Purwokerto adalah golar goler. Iya serius, golar goler. Karena peserta di kota lain masih dalam perjalanan menuju lokasi camp, sedangkan kami sebelum waktu dimulai juga peserta udah lengkap. Lha gimana, namanya kota kecil, seselepetan karet gelang juga sampe. 


Acara beneran baru dimulai lagi sekitar pukul 19.00. Di tengah syahdunya Desa Ketenger Kecamatan Baturraden sebagai lokasi acara, kami mengawali kegiatan Blogger Camp dengan … makan soto.

Sotonya special dong tentu, soalnya semua yang enggak special, katanya sih dilarang keras menjadi bagian kegiatan Blogger Camp Purwokerto. Tengil ye? Jangan ditanya. Soto Sokaraja namanya, soto daging sapi dengan campuran bumbu kacang yang rasanya aduhay. Semangkok mah kenyang pencitraan. Soalnya asli, enak. Banget. Salah satu makanan khas Banyumas yang menjadi primadona selain mendoan. Sekali sruput kuahnya, semangkok enggak akan cukup. Kalo cukup, berarti kamu gengsi mau nambah. Yha khaaan? xD

Eh frasa Yha Khaaan itu gak boleh dibaca sembarang ya. Harus dengan suara kesekong-sekongan, hidung mengernyit sok lucu dan muka minta dikepret. Karena seseorang yang tidak perlu disebut namanya, Yha Khaaan dengan nada lenjeh mengundang emosi itu menjadi salah satu hal yang khas di kegiatan Blogger Camp Purwokerto. Khas dan menular. Jadi dikit dikit pada Yha Khaaan.. Yha Khaaan ... Kepret aja tuh yang mulai.

Setelah kenyang, seluruh peserta melingkar di tengah lokasi camp untuk acara api unggun. Seharusnya, acara ini digunakan untuk sesi sharing tentang "Blogger Berbayar dan Tidak Berbayar". Seharusnya. TAPI NAMANYA JUGA CAMP PURWOKERTO … Mendadak jadi ada show stand up comedy ketua panitia yang ditantang battle sama salah satu peserta. Peserta lain bukannya mengondisikan suasana, malah ikutan hore-horein. E jangan salah, panitia dan tamu juga ikut rusuh, enggak ada yang niat bikin susunan acara kembali normal. Yaudah aja lah, sesi sharing berubah jadi acara lawak penuh engkih engkih.

Engkih engkih?
Tentang ini, biarlah hanya peserta camp Purwokerto dan Tuhan yang tau …


EH KITA TETEP SHARING KOK TERAKHIRANNYA. Beneran, serius, asli, suer. Di ujung banget acara api unggun, kami tetap sempatkan untuk sharing tentang blog. Biar enggak disemprit panitia pusat. Bhahahahak.

Sharing kali ini, ada cerita dari seorang perempuan asal Aceh tentang masa kecilnya di daerah konflik. Dia pernah hidup bersama suara tembakan di sekitar rumah, pernah menyaksikan pamannya digorok, pernah mengungsi hanya karena rumahnya dikepung, dan dia bilang gak banyak orang yang tau betul tentang itu. Travel blogger banyak yang ke Aceh, banyak yang menulis tentang keindahan Aceh, tentang sisa sisa Tsunami, tapi sangat sedikit sekali yang menguak sisi lain Aceh. Bahwa Aceh pernah menjadi daerah pertumpahan darah sangat mengerikan.

Ada juga cerita dari mbak Anazkia. Mantan buruh migran yang dulu gak paham sama sekali mengoperasikan komputer. Pelan-pelan dibantu anak majikannya di Malaysia sana, dia mengubah jalan hidupnya. Sekarang, mbak Anaz adalah seorang blogger yang telah memenangkan banyak penghargaan. Soal jarang mandinya mbak Anaz, gak usah kita bahas, ya? Gak enak, beliau udah femes.

Cerita lain lagi datang dari *lupa namanya*. Dia adalah pengurus portal berita kampus yang ngap-ngapan, karena susahnya mencari dana untuk menjalankan website. Buat dia dan rekan seperjuangan websitenya (ini bahasanya gimana sih yang bagus), portal berita itu adalah tempat untuk bersuara. Keren ya, masih mahasiswa udah pusing ngurusin begituan. Aku mah umur segitu lagi pusing mikirin besok makan di warteg mana ngutang ama sapa lagi x))

Ditemani jagung bakar dan jahe susu, kami menutup malam dengan selfie-selfie jangan ditanya banyaknya.

***

Selesai senam pagi super-absurd, aku menuju kamar mandi karena tadi lupa pakai eyeliner *penting*. Tiba-tiba, dari depan kedengeran suara riuh peserta Blogger Camp kayak lagi kegirangan. Ada apaan nih? 



ADA MENDOAN! Yha ampuuun … Karena peserta kebanyakan dari luar Purwokerto, jadi menu pagi itu mungkin terlihat tumpukan Pevita Pearce bagi mereka. Euuuh, ini beneran deh menu turun dari langit. Primadona yang ditunggu-tunggu muncul. Mendoan anget baru digoreng bermandikan bumbu pecel pedes pedes sedap. MAAF YHAAA …

Selesai sarapan, acara inti pun dimulai. Talkshow tentang "Membangun Kredibilitas Blog". Pembicara yang dihadirkan adalah Mira Sahid, Eva Noviana dan Pradna. Satu adalah influencer terkenal banget, yang satu pengurus desa-desa melek IT yang sampe diliput tv tv, yang satu pihak agency yang banyak kasih bocoran tentang content marketing.

Dari mas Pradna, yang penting digarisbawahi adalah dengan menulis, kita bisa melakukan perubahan. Maka teruslah menulis yang baik dan bermanfaat. Yang jelek-jelek dan negatif, buat apa masuk blog? Kita gak akan dapet apa-apa dari yang begituan. Kalau tante Mira Sahid, dia menekankan tentang konsistensi dan pentingnya menaruh passion kita pada blog. Supaya blog kita punya jati diri, dan itu betul-betul sejalan dengan jati diri kita di dunia nyata. Dari mbak Eva, inspirasi datang tentang kreatifitas. Jumlah blog di Indonesia saat ini membludak, secara kasat mata kita sedang bersaing. Jadi blog kita sebaiknya punya ‘sesuatu’ yang membuat orang tertarik daripada membuka blog lain. 


Ekenapa jadi serius amat? MAAF YHA …

Frasa Maaf Yha ini juga sakral ya, sedara-sedara. Jadi mohon maaf gak bisa diucapkan sembarangan. Harus dengan nada cempreng ngeselin, dan posisi mulut mangap mangap minta diabaikan. Betcul, karena ulah satu orang sama, Maaf Yha ini juga jadi khas Blogger Camp Purwokerto. Dari acara mulai sampai bubar, kedengeran terus. Ini blogger camp apa lebaran?

Buset 1000 kata lebih ini tulisan, MAAF YHA … Aku terlalu semangat cerita. Saking senengnya, saking bangganya sama Purwokerto. Saking terharunya kota kecil ini kedatangan puluhan blogger kece dari berbagai daerah. Bandung, Solo, Semarang, Banjarnegara, Cilacap, Wonosobo, sampai Beka*si. 
Makasih ya semuanya.. Terutama untuk Indosat Love, Uteesme, Tauzia Hotel, Sunpride, Juara Agency, dan Netmediatama sebagai official media partner. Makasih juga untuk Carica Gemilang, Loja De Cafe dan Metro Cafe Purwokerto sebagai jajaran sponsor lokal yang menambah kemeriahan Blogger Camp Purwokerto. Makasih untuk semua teman-teman peserta dan panitia, semoga kita semua dipertemukan lagi dalam kesempatan yang lain. Amin..

 

 

 

Purwokerto, 27 Oktober 2015

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL!

68 komentar :

  1. seru acaranya
    udah lama gak ikutan camp

    BalasHapus
  2. Selamat hari Blogger ya Pungky cantik *pake eyeliner*
    semoga suatu saat nanti kita bisa bertemu dan berbagi kisah, yha khaaaan? :pppp
    Selamat jg akhirnya Purwokerto terpilih jd tempat kemping berjajar dg kota2 besar di Indonesia
    Syelamaaat mama Jiwooooooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin... kita kopdaran mamah mamah gemes gitu yhaaaa hihihihi

      Hapus
  3. huahahahaha purwokerto diarani langka neng peta XD

    BalasHapus
  4. maap OOT ya pungky, aku sukaaaaa banget sama carica, kl ada teman yang ke daerah sana mesti nitip hihihiii, seru ya acaranya, pingin ikutan tapiiiiii.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun suka bangeeeet. apalagi kalo dingiiin... duuuuh :3

      Hapus
  5. Wooohooo gak mau kalah dong kemaren yang di jakarta juga seruuu! MAAF YHAAAA!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak Jakarta Seruuuuu jugaaa, YHA KHANNN, Di *muka lenjeh minta ditabok* eh muka lenjeh itu gimana sih??

      Etapi, etapii Next time kita ke Purwokerto yuk, Di kalo ada acara2 gitu lagi. Itu soto sama mendoan nya minta banget di icip-icip.

      Tapi MAAF YHAAAA, gegara komen pengen ke purwokerta, jangan jadi sok iyesss YHAAA..

      :D

      Hapus
  6. Alangkah serunyaaa.. yang tinggal di Bengkulu (ada di peta ga ya?) mendadak iri & laper lihat tempe mendoan :((((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini neng... kopdaran sama akyuuu, nanti aku sediain mendoans :D

      Hapus
  7. mahmud pungky memang tengil eh lucuuu...bacanya sambil ngikik ngikik ..*kabuuur sebelum dilempar eyeliner

    BalasHapus
  8. serunyaaa di purwokerto, kampungku juga nih.. hiks.. jadi kangen

    BalasHapus
  9. Sadizzz banget itu.mendoan bikin bumil ngilerr..

    BalasHapus
    Balasan
    1. *ngawe ngawe mendoan depan bumil* hihihihi

      Hapus
  10. hik.. Mendoan dan Soto hik hik hik

    BalasHapus
  11. mba pung, itu ati2 ketawanya gak nyampe jatuh kan? hahhaa...seru banget keknya ih....
    aku jadi penasaran "maaf yha" ini sampe sakral itu kl didengerin gimana sih medok jowo, sundo opo piye? hahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaah, kemaren kita ketemuan lupa praktek MAAF YHAA.. hahahahaha

      Hapus
  12. kereeeennnn mendoannya, #eh ke kuliner hahahah
    selamat ahari blogger mak pungky ^_^

    BalasHapus
  13. Aahh.. coba pas weekend, aku pasti daftar.
    Nasib buruh kantoran yang jatah cuti udah minus-minus. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhuhu mungkin taun depan bisa ikut lagi :D

      Hapus
  14. Ihh Pungky mah gicthuu,, Kesesiii disebutin duonkkk :@

    oh iya, itu cowok yang sharing adalah RIZAL aka RIJAL, aka KAYAGITU.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. OIYAAAA. RIZAL KAYAGITU. wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  15. Huaaah, kepengeeen. Aku gak ikut yg di pwt di surabaya pun sama aja gak ikut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhuhu padahal seru lho bisa kopdaran :D

      Hapus
  16. wuiiih seru banget Pungky ca'em.. semuanya hepi semuanya mendulang kesan mendalam.hamdalah acaranya sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget ibu gajadi ikut yaa :(

      Hapus
  17. seru banget ya, woi keren abiz :)

    BalasHapus
  18. wih asik banget seandainya Manado punya komunitas blogger, trus ngadain blogger camp kayak gini. pasti keasikan dan keseruannya. Muaaantaaappp....!!!

    dianexploredaily.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Purwokerto juga komunitas bloggernya gak sampe 10 orang kok. Tapikan modal nekat aja :D

      Hapus
  19. Seru bangeeet ya.. apalagi mendoan dan soto itu. Beuuh, bikin ngiler aja! ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beuuuuh... mbaklia aja ketagihan sama sotonya :v

      Hapus
  20. Seru banget dari ceritanya.
    Susyah bayangin muka lenjeh minta ditabok. Dibikin video cobak. *minta ditabok mendoan*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangaaan.. kalo divideoin nanti aku terkenal :(

      Hapus
  21. Serunyaaaaa....., kapan-kapan ikut ah. Boleh, khaaaaaannn???

    BalasHapus
  22. Yang dari Bandung ada? Niat amat. Berarti aku kurang niat ya. #hiks
    Iya ya kalau diperhatikan emang blogger Indonesia ini banyak banget XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu gak niat ketemu aku sih.. jadi gak berangkat deh huhuhuhuhu *lalu baper*

      Hapus
  23. Hahhahahaha seruuuu... reportase seru ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahmer selalu bisa deh muji akuh :')

      Hapus
  24. Ya khaaaan jadi gagal MOVE ON karena ga ikutan, maaf yhaaaa *ini mesti kerjaan pungky :P

    BalasHapus
  25. Jaaaadiii pemanasannya nyalain koreeeek? Baguuusss Yhaaaa.. kalian memang anak-anak kreatif! Beuuuuuh!

    BalasHapus
  26. Jadi ngiler sama sotonya mak pungky :)

    BalasHapus
  27. Selamat hari blogger nasional Mbak :)

    BalasHapus
  28. seru banget sih acaranyaaa... envy banget gegara ga bisa ikutan :(

    BalasHapus
  29. Ada yang kurang... Kurang lama waktunya... hehehe :D Semoga bisa ikutan kembali #BloggerCampID tahun depan... Amiin :)
    *SaHaTaGo (Salam Hangat Tanpa Gosong) Pojok Bumi Celebes - Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  30. Dengar2, ada yg berhasil ngkiiiiih ngkiiiiik di tendaaaa. . .bahhaha *GZP*

    BalasHapus
  31. Mau dong mendoannya, hihihi. Btw, seru ya acaranya outdoor :D

    BalasHapus
  32. senam WC hahaha, lagian gerakannya kebanyakan gitu . tapi unik banget

    BalasHapus
  33. mantap dan unik, tendanya sukak..pasti seru nih acaranya disini

    BalasHapus
  34. Wahhhh seru.....semoga tahun depan camping blogger bisa diadakan di Lombok..:)
    pengen ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju :))
      Semoga tahun depan diadakan di Lombok. Biar bisa kenalan sama teman teman blogger Lombok :D

      Hapus
  35. aku sih seneng bgt ke kota kecil purwokerto apa lagi di daerah batu raden alamnya masih asri dan sejuk

    BalasHapus
  36. senengnya aku, aku bisa ngomoong, mbiyen aku kuliah nang purwokerto looh? heheee.

    BalasHapus
  37. Kebayang mendoan anget bersalut bumbu pecel pedeees.. Aaargh ;).. Tapi aku pengeen lhooo main ke tempatmu.. Beneraaan 😇😇

    BalasHapus
  38. Reportase paling seru dan gokil banget, khas Pungky, wwkwkwkkk

    BalasHapus
  39. Kalo ditempatku mendoan nama bekennya TEMPE KEMUL, wkkk, asik banget sih baca reportasenya mahmud ini, salam kenal yaahh semoga suatu saat bisa ketemu, hihi

    BalasHapus
  40. Khas Pungky, tulisan santai tp enak dibaca dan sesuatu. Yha Khaaan? :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...