Selasa, 12 April 2016

Menuju Selayar


"Kak, bangun kak.. Udah banyak orang, kursinya gantian"

Tepukan pelan di kaki dari mas mas cleaning service bandara membangunkan tidur setengah pulasku. Aku menyingkap pashmina motif trio macan yang menutupi separuh badan. Dua ibu-ibu jutek dengan muka mamah dedeh belon gajian, menatapku dengan wajah 'gantian woy kursinya'. Ya ampun, udah rame! Jam berapa sekarang?

"Udah jam 6.. Flight jam berapa, kak?"

"Jam 9, mas. Toilet di sini boleh numpang mandi?"

"Tanya sama ibu yang jaga toilet ye.."


Kata YE di akhir kalimat mas cleaning service khas sekali, menyadarkanku kalau tanah yang aku injak sekarang adalah Sulawesi Selatan. Aku meninggalkan kursi tunggu, menenteng travel bag biru kesayangan, dan menuju toilet. Mandi? YAKALI. Cuci muka sama bikin alis doang lah. Dimanapun itu, prinsip hidup harus selalu dipegang teguh: biarin gak mandi, yang penting alis dan eyeliner menjuntring dengan sempurna.  Sipmantap.

Setelah dandan kinyis, check in dan sarapan di sebuah coffee shop, aku duduk manis di ruang tunggu gate. Satu jam lagi, pesawat kecil Wings Air akan mengantarku ke sebuah pulau menawan di ujung selatan Sulawesi. Selayar namanya.

*lalu terharu*

*** 

Dua puluh satu jam, adalah waktu yang harus aku tempuh untuk mencapai Selayar. Jauh bener? Tergantung. Buat aku sih enggak, karena 21 jam itu kebanyakan delay dan bobo seru di bandara. Aslinya, menuju Selayar hanya butuh tiga jam dari Yogyakarta dengan perjalanan udara yang superrrrr menyenangkan!

Ada dua pilihan untuk sampai ke Selayar, jalur air dan udara. Aku kemarin kebetulan pulang pergi lewat jalur udara, jadi maaf  kalau informasi soal jalur air gak lengkap ya.
Kalau lewat udara, untuk sampai ke sana, hanya perlu ke Makassar lalu sambung dengan sekali lagi naik pesawat kecil. Kalau kamu tinggal di kota-kota besar, banyak dong ya pesawat langsung ke Makassar? Aku kemarin lagi gak hoki, jadi dapat pesawat yang transit dulu di Surabaya dan delay-nya astaganaga. Belum lagi lokasiku kan di Purwokerto, jadi harus nikmatin naik kereta 4 jam ke Yogya dulu kalau mau naik pesawat. Iyeee, belom ada bandara di Purwokerto. Adanya helipad, nih di jidat.


Dari Makassar, ada Wings Air dengan pesawat berkapasitas sekitar 50 orang menuju bandara Aroeppala, Selayar. Tiketnya bisa pesan di situs boking biasa kok. Tapi, kudu harus wajib mesti mengatur perjalanan dari jauh-jauh hari, soalnya penerbangan Makassar - Selayar cuma ada seminggu tiga kali. Tipsnya, beli tiket Makassar - Selayar dulu, baru tiket kota asal - Makassar. Jadi enak menyesuaikan jadwalnya. Kalau mau pulang pergi lewat udara, jadwal liburan otomatis menyesuaikan juga yaa..

Keluar bandara Aroeppala, kita gak akan disambut dengan "Taksi mbak?", "Mbak naik ojek aja yuk mbak..", "Kemana mbak? Dianter becak monggo..". Hal pertama yang akan kamu saksikan adalah sekumpulan warga di pagar bandara, sebagian jemput sanak saudaranya, sebagian lagi nonton pesawat. Serius, NONTON PESAWAT! Unik ya? :D

Jadi, kalau mau ke pusat kota atau cari hotel, dari bandara harus sewa mobil atau naik pete-pete (angkot). Saran aku, di Selayar itu enaknya sewa mobil atau motor ke travel agent. Jadi pas sampai bandara langsung ada yang jemput. Soalnya pete-pete enggak wara-wiri tiap detik kayak di tanah abang. Dan di sini, sopirnya kalem-kalem, gak bakal jerit-jerit "Sar minggu sar minggu.. Pat enam langsung jalan!!!", jadi gampang kelewatan. Daaaaan, di Selayar enggak ada taksi, becak apalagi gojek. Kendaraan umum di sini cuma ada pete-pete itu tadi, dan sangat sangat jarang.

Eh, aku belum cerita soal pesawatnya ya? Iya, penerbangan Makassar - Selayar itu naik Wings Air tapi pesawat kecil. Jadi terbangnya pun rendah dan super-duper-hyper-megatron-seru! Selama 50 menit penerbangan, kita bisa liat Sulawesi Selatan menghampar kayak karpet hijau raksasa yang membentang dan dikepung bukit-bukit. Belum lagi laut biru dan kapal nelayan yang terlihat mungil namun elok dari atas. Di sini kamu akan tau kalau Indonesia itu karunia yang mewah dan pantas dibela.

***

Kalau jalur air, bisa naik ferry dari pelabuhan Bira di Bulukumba menuju Selayar. Empat jam perjalanan kalau gak salah. Dari Makassar bisa pesan travel, nanti langsung ke pelabuhan Bira terus tinggal nyebrang. Si kapal ferry nya ini sebenernya punya jadwal, sehari dua kali. TAPI, tergantung musim. Kalau lagi musim hujan dan banyak badai, kapal akan berangkat asal langit cerah, jadi gak tentu. Aku sama sekali belum pernah nyicipin naik ferry ini, tapi kalau dari pelabuhan ke pusat kota, ya sama lah ya kayak dari bandara. Tetap aku sarankan sewa mobil atau motor dari travel agent, pesannya jauh-jauh hari sebelum berangkat. Biar dijemput dan kemana-mana jadi gampang.


 Purwokerto, 8 januari gerimis tapi gerah, 2015

Ke Selayar itu susah? Tergantung. Buat yang betul-betul udah mempersiapkan perjalanannya, menuju ke Selayar itu sangat mudah dan superrrrr menyenangkan. AYO KE SELAYAR! :D

40 komentar :

  1. Iye'= bahasa halusnya iya, kita'= bahasa halusnya kamu, ahhhh jadi kangen Sulawesi Selatannn >.<

    BalasHapus
  2. Pedoman hidup yang sama, meskipun belum mandi, belum sikat gigi #eh...alis harus tetap diukir ngalahin ulat bulu hehehe

    BalasHapus
  3. Oke naek pete, besok2 bisa kali ya naik jengkol hehehe... *kidding* :D
    Tp emg alis itu nomor satu tak apa belum mandi yg pasti alis melengkung indah *komennya gagal fokus* hahaha...

    BalasHapus
  4. wuaduh..aku malah sering skip alis nih... *komen makin gagal fokus*

    BalasHapus
  5. Enak kali kodong :D
    Viewnya indah ji... kkk

    BalasHapus
  6. Waw, delay nya ampun. 21 jam, kayak bioskop -_-. Tapi terbayar lah ya sama tujuannya.


    Etapi jangankan bandara di Selayar, Bandara husein Bandung pun setiap ada pesawat yg lewat ya ditontonin sama masyarakatnya. Di atas motor, nenteng bayi, sekumpulan adek adek gemes dan gak mau ketinggalan abang abang tahu sumedang.

    BalasHapus
  7. Ah indahnya perjalanan ke selayar, makin indah sama eyeliner yang njentring :D

    BalasHapus
  8. Kl naik ferry 2 jam aja sebenarnya mak, tp perjalanan dari Makassar ke bulukumba untuk naek ferry itu yg bikin lama lg, 4jam naik mobil

    BalasHapus
  9. Emg wajah mamah dedeh bom gajian kek gimana, pung? #eh

    BalasHapus
  10. Ajakin aku dong mba... :D

    Tetep kemana-mana alis harus tetap cantik mau udah mandi atau belum mandi hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuuull.. alis adalah hidup eyyymmm :D

      Hapus
  11. Kalau ke Balikpapan, banyak kok angkot yg lewat. Tawaran2 taksi, ojek, dll juga banyak. Nah, kalau Banjarmasin, berhubung bandaranya masuk ke dalam yg bukan jalur angkot jadi agak susah naik angkot. Tapi ojek dan taksi argo banyak... Eh di Banjarmasin, angkot disebut taksi. #loh kok jadi ngasih info tentang bandara? Hehehe... Kali aja Mbak Pungky sebentar lagi ke Kalimantan ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh seneng banget baca ini.. semacam doa aku bakal ke sana. Hihihi Amiiiinnnnn...

      Hapus
  12. viewnya memanjakan mata banget ya, Pung. KEREN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeeeet.. apalagi di Selayarnya.. indaaaah beneran indah..

      Hapus
  13. Jadi yang tadi itu tidurnya di Bandara Sultan Hasanuddin,mbak? Saya coba ngulang2 kalimat yang ada 'ye'nya tadi itu kok malah nyasar ke logat betawi ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo betawi, ye nya dibaca dengan e kayak 'becak'. Kalo Makassar, ye nya dibaca dengan e kayak 'belum'. Dan kalo Makassar, ada penekanan di akhir, jd kayak pake apostrop IYE'. Begicuuu :D

      Hapus
  14. Pedoman hidup aku apa dong? Mandi kagak mandi yang penting ketek wangi lebih cocok kali ya.. :D

    Lewat udara atau air kayak seru dua-duanya ya. Enjoy Selayar Pung!! ^^

    BalasHapus
  15. jiah....mak Pungky sudah ke Selayar...naik Wings lagii...aku yang tinggal di Makassar..malah belum sempat ke Selayar sampe detik ini...benar-benar ngiri dechh....
    maaf baru sempat main ke blog super keren ini...salam dari Makassar-Banjarbaru, keep happy blogging always :-)

    BalasHapus
  16. Dulu tu ada blogger bagus, Octa yg tinggal di Selayar. Sekarang tinggal di Amerika. Aku suka banget angle foto2 yg kamu ambil selama travelling. Kamu ada difoto itu tapi tetap pemandangan yg jadi heronya. Makanya selalu aku like. Btw perasaan aku sudah masukin ke reading list tp kok aku jarang kemari ya? Lbh akurat feedly deh.

    BalasHapus
  17. Perjalanan normalnya 3 jam dan delay jadi 23 jam itu aduhai banget yah mbak :D

    BalasHapus
  18. Gak terus ke Kendari? Udah 1 Sulawesi lhoo ^^

    BalasHapus
  19. Kegiatan yg asyik, nonton pesawat. :D

    BalasHapus
  20. Pungkiiiiii .....
    Benci deh.... kali ini aku terpaksa harus mengakui. AKu iri!
    Huaaa.....huaaa.....

    BalasHapus
  21. keren banget mak kandi yg satu ini...ikutan donk..masukin ke dalam tasnya mak...

    BalasHapus
  22. kirain 'ye'-nya ala betawi gitu :)))

    BalasHapus
  23. kayaknya belum berani naik peswat kecil kayak gitu...penakooot.
    tp pasti seru banget.
    Btw aku akhirnya nginep di Green Valley Baturraden kmrn pung...thx yaa chat-nya.

    BalasHapus
  24. mbak pungkik ayo ke purwodadi...ahahaha

    BalasHapus
  25. Kalo di Bandung, Ye itu maksudnya Mah kali yak. Da aku mah apa atuh. Ye aku ye apa ye :P hihihi. Bagus, Pung! Tulisan kurang banyak, ayooo saya mau baca lagi nih hehehe

    BalasHapus
  26. Keren bgt viewnya yah, aih tapi lumayan jauh juga keliatannya heheu

    BalasHapus
  27. cantiiiik banget pantainya. Laut bening membiru..huaaaa hatiku rinduuuuu :)

    BalasHapus
  28. wih perjuangan banget ya buat ke selayar, tapi bagus pemandangannya ya

    BalasHapus
  29. keren bgt dah
    yuk streaming dan download Film Box Office kualitas HD gratis

    BalasHapus
  30. Baru tahu ternyata Selayar itu adanya di Sulawesi Selatan ya Kak? Di Pontianak ada sih nama Jalan Selayar, cuma ya gitu deh ga pernah hirau ama sejarah namanya. Btw, desain blognya yang baru bagus. :-)

    BalasHapus
  31. Delay nya lama amat ya. Kalau sendirian lumayan bete ya

    BalasHapus
  32. Mau ngasih saran nih, yg suka travelling naik pesawat, sebaiknya pilih pesawat gede karna rawan kecelakaan lebih kecil

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...