Jumat, 19 Februari 2016

Ingin Memotret Gerhana Matahari 9 Maret 2016? Simak Dulu 5 Tips Ini





Gerhana matahari akan menghiasi langit Indonesia pada 9 Maret 2016 mendatang. Bahkan beberapa daerah di Indonesia seperti Ternate, Bangka Belitung, Tanjung Pandan, Palangkaraya, akan kedapatan Gerhana Matahari Total selama beberapa menit. Fenomena alam langka ini tentu saja sayang untuk dilewatkan. Selain menyaksikan langsung dengan bantuan kaca mata gerhana, mengambil gambar adalah hal yang wajib dilakukan. 

Tapi, tau kah kamu, kesalahan memotret gerhana matahari bisa mengakibatkan kerusakan mata dan kamera. Paling parah, risiko kebutaan mata akibat sinar matahari itu sendiri. Mau memotret gerhana matahari tanggal 9 Maret besok? Berikut tips and trick dari blog Galaksi Pungky:




1. Sebelum bicara soal teknis, pastikan kita paham bahwa SANGAT TERLARANG melihat gerhana matahari dari viewfinder (jendela bidik) kamera. Kenapa? karena dari viewfinder, gerhana akan terlihat lebih besar dan lebih berbahaya bagi mata. Efek paling parah dari tindakan ini: Kebutaan. Kecuali, mata sudah dilindungi dengan kacamata khusus gerhana. Kalau mata telanjang, jangan sekali-kali yaa ...


2. Bagaimana melihatnya? Selalu gunakan live view (layar). Itu pun gak bisa langsung, HARUS melakukan set kamera terlebih dahulu. Setting kamera saat akan memotret gerhana: Atur diafragma di bukaan paling kecil, ISO terendah, dan speed paling tinggi. Pelan-pelan, baru turunkan speed supaya kamera gak rusak. Kalau enggak diseting dulu, sinar matahari tetap akan sangat sangat silau dan bisa merusak mata. 

Gimana kalau kameranya gak ada live view? Ya pilihannya cuma dua, setting kamera lalu memotret tanpa melihat dan pasrahkan hasilnya, atau intip dari viewfinder dengan menggunakan kacamata khusus gerhana. Sekali lagi ya, nekat melihat gerhana lewat viewfinder dengan mata telanjang, akan berhadapan dengan risiko kebutaan. Gak mau, dong?



3. Sebelum memotret, pastikan kita tau posisi matahari dan waktu terjadinya gerhana. Enggak semua daerah di Indonesia akan kelihatan gerhana pada waktu yang sama. Jadi, pastikan tau dulu jam berapa gerhana akan terlihat. Supaya bisa memosisikan kamera dan memastikan kalau setting sudah siap sebelum jepret. Gerhana itu terjadi dalam waktu yang cepat, tanggal 9 Maret besok, waktu melintas gerhana di Indonesia hanya sekitar 1 - 3 menit. Jangan sampai saat gerhana terjadi, alat tempur fotografi kita belum siap. Sayang kan kalau kelewatan.



 4. Oke, sekarang kita masuk ke masalah alat.

- Pertama, untuk memotret gerhana, kita butuh kamera DSLR atau Mirrorless, terserah mau pilih yang mana. Kamera handphone? Hmmm, ya silakan, tapi paling jadinya hanya layar putih karena terlalu terang.

 - Lensa tele, minimal focal length-nya 200 mm. Maksimal monggo pilih sendiri, mau pakai yang sampai 2000 mm juga nggak apa-apa. Gak punya lensa tele? Sama. Tapikan sekarang banyak toh rentalan lensa yang menyediakan tele dengan harga terjangkau. Ya sewa aja. Maksa dengan lensa yang ada? Boleh. Tapi jadinya enggak akan maksimal. Gerhana matahari hanya akan terlihat seuprit di gambar, karena kejauhan.

Dengan lensa yang tepat, objek di langit akan tertangkap dengan lebih jelas

- Filter is a must! Gunakan filter Neutral-Density, dan pasangkan pada lensa sebelum kamera membidik matahari. Filter ND 8 ditambah ND 3 mungkin bisa jadi pilihan ideal kalau gak mampu pakai ND10 yang harganya selangit. Ini harus ya, karena kalau kamera langsung menghadap ke matahari, mau diseting ISO terendah dengan bukaan paling kecil juga kemungkinan over masih ada. Jadi, pasang ND! 

Selain mata, kamera juga harus dilindungi, ya! Selain mengambil gambar dengan lebih maksimal, filter ND juga berguna melindungi sensor kamera. Karena UV yang terlalu keras bisa banget merusak. Filter ini bisa dibeli di toko-toko kamera baik offline maupun online.

- Tripod. Bukan karena kuatir shake atau semacamnya, tripod di sini, diperlukan biar kita (pemotret) lebih aman dari paparan langsung sinar UV. Jadi pasang kamera di tripod, setting seperti di atas, baru hadapkan kamera ke langit.

Mau motret sequensial atau hanya saat terjadi ring of fire? Kalau sequensial, tripod jadi satu hal yang sangat penting biar frame-nya gak geser-geser. Pun jadi lebih mudah mengatur speed di kamera, sesuaikan light meter dengan kondisi cahaya saat gerhananya masih parsial.

5. Menyesuaikan light meter? Iya, kondisi cahaya saat gerhana akan berubah-ubah. Kalau kamu berada di daerah yang kedapatan gerhana matahari total, akan ada saat di mana langit gelap gulita dan cahaya matahari betul-betul menghilang. Di saat seperti ini, kita gak mungkin menggunakan setting kamera yang sama dengan setting saat matahari masih terlihat banyak. Jadi, penting banget untuk mengatur speed dan diafragma supaya seluruh proses gerhana tertangkap dengan apik.


Purwokerto, february 2016

Siap memotret gerhana matahari 9 Maret mendatang? Semoga tips dari aku bermanfaat, ya! 

16 komentar :

  1. Saya liat dri televisi aja deh mak, :)) mau sih ke Belitong tapi mati gaya, gk dpt angle nulis yg enak. Goodluck ya.. tipsnya bagus.

    BalasHapus
  2. dulu wktu sd, lihat erhana matahari pakek klise foto, hehe, sayang gerhana matahari totalnya gk lewat sini mbak pung, tp makasih bgd yak tipsnya,

    BalasHapus
  3. nah itu, mak. terjawab sudah pertanyaanku selama ini, gmn cara ngeliat gerhana tanpa sakit mata. ternyata harus pakai kacamata khusus ya.

    BalasHapus
  4. Waaahhh aku bookmark nih ^o^... Ga lwt sini sih gerhananya, tp ptg bgt tipsnya kalo suatu waktu kelwatan ama gerhana lagi ;)

    BalasHapus
  5. Jujur nih...aku lho nggak mudeng blas baca tips memotret ini hahahaha... Pungky aja deh ya berangkat ke tempat2 yg potensial utk capture gerhana matahari total, aku ntar dibagi fotonya aja muuuaacchhh....

    BalasHapus
  6. wiii mantep banget ulasannya,jadi makin tahu banyak tentang motret memotret dan seluk beluk kamera....
    aku pesen,ulasin kamera microles punyau dong pung,detail sma harganya kalo bisa xixixixi..ya ya yaaaa...

    BalasHapus
  7. Efeknya sangat membahayakan banget ya mba.. oya itu resiko kebutaannya permanen atau masih bisa di operasi sama ahli/dokter nggak ya? hehe

    BalasHapus
  8. Ribet juga ya XD
    Emang demi hasil yang maksimal persiapan juga harus matang~

    BalasHapus
  9. kak pungky tar share disini yah hasil bidikannya heheheh

    BalasHapus
  10. Fenomena gerhana matahari tota yang akan berlangsung apda tanggal 9 Maret yang akan datang kudu diabadikan deh.. ini momen langka ya Mba..

    BalasHapus
  11. Aku gak punya kamera yang bagus.. Cuma punya kamera saku dan kamera hape.. Mudah2an nanti hasil jepretannya bagus deh..

    BalasHapus
  12. aku tunggu ajaa deh hasil fotonya :)

    BalasHapus
  13. Kakak pungky, aku tunggu hasil potomuuu, pasti keren sekali...

    BalasHapus
  14. saya mah lihat hasilnya aja deh :D

    BalasHapus
  15. ntar liat beritanya aja.. baru foto hahaah..

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...