Rabu, 24 Februari 2016

Makanan Halal di Phuket



Sebenernya aku bukan orang yang terlalu peduli sama urusan halal atau haram. Gak beriman? memang! Inilah titikku sebagai manusia biasa. Jadi, waktu mau berangkat ke Phuket, aku sama sekali gak cari tau soal tempat-tempat makanan halal. Eh ternyata pas sampai sana, aku mati gaya. Mau makan pork kok ya gak sampai hati, antara jijik dan takut dosa. Kemaren-kemaren kemana aja neng.

Sampai di Phuket, Ifa cerdasnya khan maen. Dia ternyata udah googling sana sini soal makanan non-pork di Phuket, katanya, yang paling terjangkau itu makanan beku di sevel. Lima belas ribu aja kalau dirupiahin. Jodoh emang gak kemana, hotel kami nempel pel sama minimarket hijau itu. Jadilah kami gadis sevel; pagi, siang, malem, nangkring depan freezer cari makan.

Eh emang dasar enggak direstui irit, kami di sana jalan bareng sama bule muslim dari France. Azzau namanya. Dia bilang, dia biasanya makan di restoran libanon, pinggir pantai Patong, halal. Kami tertarik, tapi pas nanya harga, amsyong gila. Buat satu orang bisa abis sekitar empat ratus ribu rupiah, menunya paling roti-rotian atau kebab ala-ala. Apalukata. Mending juga kami ke sevel sebelah hotel, rejeki lima langkah, mabelas ribu hore. Makannya di teras hotel, minumnya akua Thailand murah meriah. Tuhan bersama gadis gadis sevel.


Mabelas ribu hore!

Dan di sinilah drama dimulai ... Azzau kami ajak makan ala kami, gadis-gadis Indonesia bisa ke Phuket tapi gak bisa makan layak. Dia setuju. Sampai di sevel dia pilih-pilih makan dan kecewa, katanya, enggak ada label halal di kemasan makanannya. Ya memang gak ada, kami kan gak bilang kalau ada label halalnya. Cuma, banyak menu yang lauknya ayam atau seafood, jadi kami sikat aja daripada pingsan laper di negara orang.

Azzau bete, dia bilang makanan se-freezer itu belum tentu ada yang halal. Bisa aja minyaknya minyak babi, kami cengengesan bego tapi cantik. Azzau menyarankan supaya kami ambil yang seafood aja, jangan ayam. Karena ayam di Thailand, belum tentu matinya disembelih, sangat mungkin direndem air panas dan jadi haram. Lagi lagi kami cuma planga plongo bloon tapi cantik. Lah itu seafood belum tentu halal lu abisin juga. Selamat datang di geng gadis-gadis sevel, bro...

Hari terakhir di Phuket, kami akhirnya (sok) niat berburu makanan halal. Kami ke pantai Patong, di sana banyak yang jual Pancane, pancake ala Thailand yang enaknya bikin merem melek. Kalah deh jamahan Zayn Malik mah. Kami beli yang nutella dan lemon, kata ibu yang jual ini halal banget. Yaudah akhirnya kami makan malam pakai pancake, kebetulan ukurannya segede sendal jepit, jadi kenyang dan tahan gak makan semaleman. Walaupun harga satunya lima puluh ribu kalau dirupiahin, gak apa-apa lah sekali-kali jadi aktivis halal.

Judulnya makan pancane biar kenyang sampai besok, nyatanya dari pantai kami melipir ke Banzaan Market dan makan lagi berporsi-porsi di sana. Hahahahaha lu mamam tuh pancake harga presiden. Banzaan Market ini salah satu pusat kuliner di Phuket, adanya di deket pantai Patong. Di sana ada ratusan tenda makan yang mirip pasar malem di lapangan kelurahan. Semuanya ada.

Awalnya kami tergirur sama tenda makanan Malaysia, yang jual-karena lihat wajah melayu kami-dari jauh udah teriak-teriak aja. Miss.. Halal.. Halal! Tapi pas merhatiin harganya, eng ing eng, sama aja kayak makan di sevel. Tapi versi bareng anak cucu dan saudara setanah air. Muahal!

Terus ada gerobak jual udang tempura, lima puluh ribu rupiah aja satu porsi. Kami tanya halal, jawabannya halal. Yaudah deh, malam itu, pada udang tempura kami bersimpuh lemah. Abis itu sempet beli jus juga, jus buah dan seger banget. Bilangnya sih halal, tapi gak jamin. Soalnya kami lihat blendernya bareng sama blender buat minuman ber-alkohol. Di sini jiwa aktifis halalku runtuh, jadi abis segelas jus lalu bahagia. Muahahaha

Intinya, kalau mau makan halal di Phuket, sebenernya buanyak. Restoran fast food hampir semuanya halal, restoran-restoran timur tengah, atau restoran-restoran Malaysia, pasti halal. Cuma ya itu, harganya bikin nyengir. Gak cocok sama kantong gadis-bisa-ke-phuket-tapi-susah-makan macam aku. Cemilan kayak pancane, seafood di gerobak pinggir jalan, atau es krim kelapa yang hits itu, semuanya halal juga. Paling asik ke Banzaan Market, makanan di sana melimpah ruah. Jadi pilihan tepat kalau cari-cari hotel sekitar Patong, kayak akyu.

Tapi yaaa, tetep sih paling sreg beli frozen food di sevel. Lima belas ribu sekali makan dan itu membahagiakan syekali. Pilih yang seafood supaya Insya Allah halal. Sebelum makan bissmillah dulu, pasrah aja sama Gusti. Sip. Mantap.


Purwokerto, 25 february tengah malam, 2016

Salam manis dari,
Gadis sevel nomer urut satu. Bhay.

14 komentar :

  1. bekel rice cooker sama indomie mak hehe, bukan travelling sih itu ya..tapi camping :D

    BalasHapus
  2. kapan ya ke thailand... itu pernah liat yang telor isinya anak ayam yang udah mati terus direbus, aduh bergidik liatnya.. Selain halal juga kudu terjamin bang toyyib juga..

    BalasHapus
  3. ampun dijeee... 400ribu buat satu orang -_-

    BalasHapus
  4. andalan banget ya makan di sevel

    BalasHapus
  5. kayaknya enakan yang ma belas ribu mbak, pokokmen anggere pake nasi wis

    BalasHapus
  6. Kalau dateng kesana mesti punya bekal uang yang banyak kali ya mba, dari ceritanya semua makanan di phuket mahal-mahal hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya kalo makanan biasa sih enggak yaa.. banyak yang terjangkau. Yang mahal itu makanan halal, karena memang susah kali ya untuk mereka menghindari pork. Apalagi peralatan masaknya, makanya harganya jd selangit ^_^

      Hapus
  7. woah kak punggg ikutttt dongg.
    btw kalo aku jadi kk, mgkn aku bakalan makan apa aja yg ada disana termsk pork heheheh sekali-kali

    BalasHapus
  8. Mahil sekali harga makanannya, ngga ada yang selevel warteg ya mbak? :)

    Tapi yang limabelas ribu itu lumayan juga, sudah ada buahnya :)

    BalasHapus
  9. pancake jade pancane ya disana...

    BalasHapus
  10. Cieee anak Sumampir jadi anak Sevelepen. . .
    Nek ngana maning sangu telor rebus yaa. Tahan 1 minggu. Wkwkwk *jorok*

    BalasHapus
  11. Phuket itu di daerah mana sih kak? Kalo aku punya temen sekelas dua orang, mereka mah dari selatan (banget, mepet Malaysia) sama utara-nya Thailand.. Dan katanya di daerah mereka mah banyak makanan halal XD

    BalasHapus
  12. Sy bawa rice cooker dan abon deh #NiatBanget
    Pernah lihat liputan di TV tentang makanan halal di Phuket. Tapi harganya ga disebutin sih. Atau disebutin tp sy ga ngeh sama harganya. Hehehe... Jadi lupa murah atau mahalnya :D kalau dengar cerita mb Pungky berarti mahal ya.

    BalasHapus
  13. Huuu ebuset dah ya. Kalo mau ngirit mending sangu PopMie Indomie giti tapi nimbun penyakit. *repot juga :3

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...