Rabu, 23 Maret 2016

Piranti Fotografi di Balik Galaksi Pungky


Sekarang kan lagi tren banget yaa blog pakai infografis, desain grafis, gambar tangan, motion grafis dkk. Tapi, aku tetep pakai foto sebagai gacoan. Bukannya gak pengin, mau mah mau.. Ini juga lagi belajar pelan-pelan biar enggak ketinggalan. Cuma, memang minatku lebih condong ke fotografi. Jauh sebelum kenal dunia blog, aku kenal dunia fotografi duluan. Jadi blog dan foto, buat aku, adalah perkawinan yang enggak bisa dipisahkan. Kalau blog adalah Anang, maka foto adalah Ashanti-nya. Postingan-postingan yang dihasilkan adalah buah hati mereka, eng... Aurel gitu maksud lo?


Makanya, selain invest di kemampuan menulis dengan ikut kelas sana-sini, aku juga invest peralatan fotografi mumpuni untuk blog-blog yang aku bangun. Terlebih blog ini dan sujiwo.com, blog anakku. Karena membangun blog, bagi aku, juga membangun terus kemampuan fotografi. Untukku, invest alat adalah harus. Semuanya tentu berbarengan dengan kegiatan membangun rumah tangga.

Ini alat-alat yang selama ini ada di balik Galaksi Pungky. Mungkin ada yang menganggap mereka masih murahan, ya memang kalau situ standarnya fotografi profesional. Tapi dalam standarku, mereka ini hal yang mahal. Karena berkat mereka, anakku bisa minum susu dan pakai diapers setiap hari. Berkat mereka, aku bisa beli gincu berlusin-lusin tanpa harus merengek ke suami. ISH SOMBOOOOONG.

1. Mr. 69


DSLR kedua yang aku punya, yang pertama itu Nikon D60. Tapi si D60 ini gak terlalu merasakan hidup bareng Galaksi Pungky, dia banyak berjasa sama blog aku yang sebelumnya. Yang bertahun-tahun ikut jungkir balik nungging-nungging bareng Galaksi Pungky adalah Nikon D90. Dari mulai aku bukan siapa-siapa, sampai sekarang tetep bukan siapa-siapa, dia gak pernah absen melengkapi setiap foto di blog ini.

Bareng Mr. 69 waktu hari penghargaan Srikandi Blogger :D

Dan karena awalnya aku pakai D60 trus ganti ke D90, temen-temen pada manggil aku D69. Akhirnya si hitam ganteng ini dinamakan Mr. 69, atau banyak juga yang manggil si bleki. Iya, kamera aku dulu adalah kamera semua orang. Siapa aja boleh pinjem karena dulu ada mata kuliah fotografi tapi gak semua mahasiswa punya DSLR. Dari 69 jadi bleki, mungkin kalian kebanyakan nonton siaran live artis kawin, Gaes..

TAPI DIA UDAH DIJUAL *cry*

Jadi foto-foto yang kalian lihat di Galaksi Pungky dari pertama, sampai tahun 2014, adalah hasil karya Nikon D90 ini. Aku suka banget sih pakai ini, karena klop banget sama aku. Tapi waktu itu Jiwo masuk rumah sakit, aku dan suami gak punya pilihan lain selain merelakan kamera kesayangan ditukar uang. Dimanapun kamu Blek... Semoga baik-baik dan tetap bermanfaat :')

Foro kami tahun 2009. We miss you, Blek.. :')

2. Baby V


Ini kamera yang belakangan mungkin sering kalian lihat wara-wiri di Galaksi Pungky. Soalnya selain buat motret, dia sering juga dipake narsis. Ahahahaha Abis lucu sih, mungil dan warnanya putih. Jadi kalau dikalungin, aku udah kayak blogger beneran.

((( blogger beneran )))


Mirrorless Nikon V1, kenapa beli ini? Karena aku pakai Nikon sejak 2008, sampai sekarang berarti udah 8 tahun aku hidup bareng Nikon. Dari mulai SLR, DSLR, sampai akhirnya berlabuh ke mirorrlessnya. Kamera ini adalah jawaban atas air mataku waktu Mr.69 dijual, aku menang tantangan bermimpi dari salah satu produk sticky notes dan hadiahnya adalah uang tunai yang cukup untuk beli Baby V beserta perintilannya.

Ada hari-hari dimana aku ngeblog tanpa foto, ada saat-saat dimana aku mau ngeblog aja harus pinjem kamera dulu kesana sini, dan Alhamdulillah, semuanya diganti sama Gusti.

Maya Bay, Thailand. Baby V dikalungin doang buat properti narsis xD

Semua foto flatlay, perjalananan, selfie, make up, pokoknya semua foto di blog ini sejak awal 2014, pakai Baby V ini. Pun foto-foto tentang Banyumas hidden paradise, semua hasil karya dia. Jadi mau foto alam ataupun foto make up, aku pakai satu kamera yang sama.

Untuk foto alam, biasanya dia ditambah filter supaya warnanya makin greget. Filternya beli di Bukalapak, karena gak tau yah, suamiku seneng banget belanja peralatan fotografi di sana.


3. SJCam 4000


Kalau ini punya orang, Bagas namanya. Dia ini anak magangnya @surgakecil, akun instagram kesayangan akoh. Karena aku dan suami belum mampu beli actioncam, dan Bagas ini baik hati, jadi saban butuh kamera aksi ya aku pinjem ini: SJCam 4000.

Selayar, Sulawesi Selatan. Bikin timelapse bareng SJCam orang x))

Kamera ini yang biasanya aku pakai buat bikin video. Kalau aku pergi jauh, si kecil ini pasti ikut. Bahkan waktu ke Phuket. Dan herannya si Bagas baik bener selalu ngasih ahahahaha. Sekarang lagi berdoa bisa beli actioncam sendiri, amin amin amin.

4. Nikon D80


Satu-satunya kameraku yang gak punya nama, soalnya bukan kesayangan dan aku gak pernah foto bareng dia, Nikon D80. *pilih kasih*

Kamera ini beli sama temen sendiri, karena aku dan suami adalah anak Nikon yang gak bisa banget liat Nikon diobral. Dia pakai lensa fix 50mm, inilah kamera yang menghasilkan foto-foto bokehku. Biasanya aku pakai buat motret produk kosmetik, biar cakep aja gitu ada blur-blurnya. Paling sering dipakai suamiku untuk foto-foto di blog sujiwo.com, jadi itu blog bocah punya kamera sendiri.

Sok tajir betul hidup keluargaku yah? Karena kami punya prinsip, gak apa-apa makan pakai garem doang, asal tabungan buat menghidupi hobi fotografi kami terpenuhi. Mau muntah gak sih bacanya? xD


4. My Soon to be Baby Q


Jadi postingan ini sebenernya cuma mau pamer ini sih HAHAHAHAHAHA

Alhamdulillah... Bisa beli kamera baru lagi. Jadi aku bilang ke suami kalau aku pengin banget memulai vlogging, yaa tau sendiri lah ya sekarang orang-orang lebih seneng liat video daripada baca tulisan. Jadi aku harus belajar dan harus bisa. Akhirnya kami putuskan untuk beli mirrorless baru, untuk produksi vlog aku nantinya.

Kenapa gak pakai Baby V? Bisa sih sebenernya, tapi kami kasian, kalau satu kamera di push untuk foto sekaligus video, nanti sensornya gampang jebol. Karena kan aku gak pakai sekali dua kali yes, tapi sering. Jadi, yaudahlah beli kamera baru aja.

pic source: pcmag.com

Gusti mah gak pernah tidur, maha tau maha baik. Belum lama ini aku menang lomba blog berhadiah uang tunai dalam jumlah banyak. Doa selalu berjodoh dengan jalannya, akhirnya sebuah mirrorless Pentax Q10 dengan dua lensa akan jadi milik kami.

Masih soon, soalnya baru order kemarin. Jadi anak baru aku ini, masih dalam perjalanannya menuju rumah kami. Beli bekas aja kok, rejekinya cuma cukup untuk beli bekas. Belinya di Bukalapak.com, tetep -_-

Gak tau yah, aku dan suami seneng banget belanja di Bukalapak, bahkan untuk hal semahal kamera. Kayak udah reflek aja gitu, kalau butuh apa-apa, yang dibuka pertama pasti aplikasi Bukalapak di hape. Emang gak mahal di ongkir? Nah itu dia, pas banget ternyata Bukalapak lagi ada promo free ongkir. Asal belanjanya lewat Bukalapak apps di Android atau iOS dan masukin kode voucher BLGOAPPS. Awalnya aku nothing to loose sih, ya masa barang seringkih kamera (yang mana ongkirnya selangit), tetep gratis?



Jadi aku pikir kalaupun voucher gak bisa dipakai dan aku tetep kena ongkir, gak apa-apa. EH TERNYATA BISA! Untuk sebuah kamera yang dikirim dari Jakarta, aku berhasil dapat free ongkir! Muahahahaha horeeee! Sumpah ya, sampai tulisan ini diketik, aku masih rada gak percaya, asli gitu kamera aku bebas ongkir? Padahal udah nyiapin duit, karena aku yakin kalau kamera mah gak mungkin gratis kirim.

Beneran langsung potong ongkir! YEAY!!!

Rejeki anak solehah gak kemana. Pas banget lagi beli kamera, pas lagi ada promo belanja lewat Bukalapak apps gratis ongkir. Untung aku belinya sekarang, soalnya promo Bukalapak gratis ongkir ini cuma sampai 31 Maret. Kalau aku belinya lewat tanggal itu, ya kenalah ongkir muahal karena kan harus packing kayu segala. Pas beneran pas banget. Alhamdulillah..

5. Ms. Meike


Abis itu, aku jadi kalap. Ngerengek ke suami buat beli ring light juga, buat kebutuhan vlog biar enggak gelap pas take shoot. Trus biar kalau bikin foto eye makeup, di matanya ada ring nya gitu, jadi cakep. Dan approved! Hahahaha Yes suamiku emang paling ganteng sedunia. Aku beli Ring Macro Flash Meike FC100, tetep lah ya di Bukalapak, karena aku ketagihan promo gratis ongkir itu. Bhahahaha dasar emak-emak.

Eh enggak bisa, vouchernya gagal. Ternyata kode voucher BLGOAPPS itu cuma bisa dipakai sehari sekali. Kecewa? Ya enggak lah, aku tungguin aja sampai 24 jam, berarti nanti sore. Abis itu tetep order karena mumpung suami lagi baik. Muahahahaha
Ini laporan dari Bukalapak. Baby Q sudah dalam perjalanan HOREEEE :D


Nanti kalau mereka udah sampai Purwokerto, akan aku update ya. Atau bikin postingan baru. Iyalah, pasti. Aku kan anaknya tukang pamer.


Purwokerto, 23 Maret 2016


Gimana dengan kalian, Gaes? Apa aja nih alat tempurnya? Ceritain doooongs!

57 komentar :

  1. aku mah apa atuh.. kalau mau jepret sana sini cuma pake smartphone aja.. punya rencana mau beli camera, tapi baru rencana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku duluan kenal slr drpd smartphone. Dulu orang2 punya bb, aku tetep pake sony erricson jadul. Gapapa hape jelek, asal bisa beli kamera.. hehehehe

      Jadi memang sejak dulu prioritasku lebih ke kamera :D

      Hapus
  2. aku mah cuma hape android aja mbak. belum bisa belu smacam SLR yang kecebadai itu. transfusi tabungan kesendat masihan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku juga gak bisa beli.. tapi diikhtiarkan karena aku pengin banget. Nabungnya semangat. Jadi pelan-pelan.. satu-satu.. akhirnya kebeli juga. Hihihi Alhamdulillah..

      Hapus
  3. Eh... emang anak ashanty dan anang Aurel, ya? Kayaknya bukan deh ha ha ha gagal fokus.

    Kayaknya mbak Pungky pake apa aja hasil fotonya keren deh. Dan ternyata memang modal fotografi tu banyak to. Jadi tahu juga kalo kamera tu sebaiknya nggak dipake barengan untuk foto dan kamera. baiklah kakak, terima kasih untuk pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anaknya anang ashanty itu Arsy.. kalo Aurel anaknya anang-kd. Tapikan skrg jd kayak anaknya Ashanty yaa.. abis dia ibu tiri yang baik sih..

      *jadi gosip*

      Hapus
  4. Uangku belum cukup untuk membeli kamera, kalaupun udah cukup uangnya pasti beli kamera digital kaya kamera mbak pungky yang Baby V si putih itu. Rekomendasi dong mbak kamera digital yang bagus tapi murah biar isi dompet nggak kering2 banget mau beli kamera haha (sok kaya gueh)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhannya neng... Kalo aku sih biasanya beli bekas. Soalnya harganya beda jauh, tapi kemampuannya masih oke. hehehehe

      Hapus
  5. aku cuma modal hape ajah seperti biasa andalan asus zenfone selfie wkwkwkwk...aku mau beli mobil dulu biar gak keujanan babyku *gaya banget tapi please jangan dikeplak* hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kok shomboooong sih mama gemes soon to be. *nebeng mobilnya* *aku kan baby* *baby hiu*

      Hapus
    2. iya aku mau sombong, biar kece kayak kamu wkwkwk...

      Hapus
  6. ciee kamera baru lagi mba pungky.. btw ngk takut beli peralatn elektonik gitu via online ?? duh kan belum liat tuh asli apa kagak, udh second tau bagaimana. Takutnya di tipu mba...

    saya smpai skrg blm kebeli kamera pengganti kmera saya sebelumnya. terhambat di budget -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah kenapa aku belinya di Bukalapak, karena kalau barang yang datang gak sesuai deskripsi (ternyata ada yang rusak atau cacat) bisa di retur. Dan kalau penjual gak menanggapi returnya, uang akan ditahan oleh Bukalapak. Hehehehe

      Jadi ya tiap pak kurir dateng, paket akan aku buka di depan si kurir dan di periksa langsung. Kalau ada yang kenapa2, langsung retur sebelum pak kurir menyatakan resi kiriman itu udah delivered.

      Jadi setiap beli elektronik, aku sering Bukalapak. Udah klop sama sistemnya ^_^

      Hapus
  7. Jepret2 hape aja gambarnya ((Apa apaan)) mba, malah jadi malu sendiri. Jadi ga pake gambar klo bisa mah diriku ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheheu hasil fotoku juga masih apa-apaan kok. Yang penting pede aja hihi

      Hapus
  8. mbok yo baga satu buat hot wajan..ckckckck...
    wii pentax... >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti ada rejekinya sendiri pastiiiii... amin amin amin :D

      Hapus
  9. Lmparin kesini dong mba Punky anak-anak mu yang udah lama haha..#siaptangkep#

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi ini anak kesayangan semuaaa. Masa dilempar lempar :D

      Hapus
  10. dari semua kamera di atas, tidak ada satu pun yang tidak saya taksir :P
    Biarlah saat ini mesra2an dulu ama poketan yang udah ada garis2nya dan vignettenya akibat tabrakan ama matahari >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari semua kamera di atas, aku suka semuaaaaa xD

      Hapus
  11. Wuih gratis ongkir? Mauukkkkk..
    *nasib tinggal jauh dari Jabodetabek**

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ke seluruh Indonesia selain jabodetabek. Cobain dong Lomboook :D

      Hapus
  12. Mupeng ama si putih, berapaan sich? Pasti mihil.. Nabung dulu kalau gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mihil sih.. tapi alhamdulillah kebeli setelah doa banyak banyak hihihi Gusti kan Maha Kaya :D

      Hapus
  13. Hapalah, baca postingan ini bikin ngiler aja. Semoga saya bisa beli semacam Baby V Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn... Ayo semingit nabungnya :D

      Hapus
    2. Kakak, tanya dong, rencana beli mirorrles (2nd) tapi karena kagak ngerti sama sekali soal kamera, jadi galau pakai bingit. Ini mupeng Olympus Em1, Ep3, atau nggak Epl3. Nah, yang cocok buat blogger yang suka datang ke acara yang mana yak. Yang kalau buat motret orang gerak bisa oke :D

      Oke, matur suwun.

      Hapus
  14. Saya baru punya mirroless..masih buat motret ndak penting. Pengin punya lensa baru tapi harganya :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa emang mahal banget :(
      Lensaku juga dikit, lha wong lebih mahal dr kameranya :'D

      Hapus
  15. Naksirrr sama Baby V, kak Pung.
    Duhhh *nabuung nabuung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semingit Intaaan.. kamu mah sering menang lomba, pasti cepet kebeli deh yakin :D

      Hapus
  16. Haiiiii Nikoners hihihihi, btw aku liat tripod. Gileee itu berguna banget ya mba, apalagi pas review makeup hahahhaha ya. Dibalik setiap wajah cantik pas makeupan itu terdapat usaha luar bisa untuk cari angle yg pas unt cam hahahhaha

    BalasHapus
  17. Lucu banget sih mba tulisannya hehehehe. Selamat ya kameranya smga selamat sampai di timangan sang ibunda ������

    BalasHapus
  18. Keren mba kameranya bikin iri ihhh *nangis dipojokan

    BalasHapus
  19. kak, kasih tips dong biar blog kita banyak pengunjungnya dan bisa menangin hadiah2 gitu... :(

    BalasHapus
  20. aaaah pungky jangan bikin aku mupeng pingin beli kamera juga deh :)

    BalasHapus
  21. Wuah kameranya keren keren..... saya cm pake smartphone aja. Kadang2 pake kamera digital biasa.

    BalasHapus
  22. Masih Iphone 4 mak. *nangis di pojokan* Doakan aku juga segera bisa beli fujifilm XT1 dong Mak Pungky! Wihihihihiiiihiii *ngelunjak banget maunya*

    BalasHapus
  23. Itu hapenya keren ya *eh lhooo...:)) *antag tak bertepi

    BalasHapus
  24. Wah, makasih ilmunya... aku lagi ngidam go pro ini malah :)))
    BM banget ya mbak... anyway, salam kenal ^ ^
    BEAUTY | NONAHITAMPAHIT

    BalasHapus
  25. AAAch pungky selalu cetar pamernya gak nanggung-nanggung

    BalasHapus
  26. Kalo Ida type orang yang nggak telaten harus masukin gambar dari camera ke PC, Mak. Jadi lebih sering ambil gambar dari Google. Tapi baca ini kok jadi terinspirasi ya. Kayaknya kok jauh lebih seru dan memuaskan dengan jeprat jepret sendiri.

    BalasHapus
  27. Mbak Pungky mah gitu, itu mah udah apa2 atuuuu, saya yg masih modal kamera henpon n digicam jadul hehehe

    BalasHapus
  28. Kalau aku nggak cuma makan pakai garem punk. Tidur beralaskan tikar ga papa asal peralatan motret komplit. Salam kenal buat baby V. Ditunggu review nya

    BalasHapus
  29. samaaa, aku juga pecinta nikon ;D.. mungkin karena mbak ku selama ini slalu setia ama canon, papaku canon, jd aku pikir, masa 1 kluarga canon semua ;D .pgn beda jadi ceritanya... ;D tapi payah nih mbak, udh ampir setahun krn g jalan2 abis lahiran ini, jd si nicky dan nicky-o (nikon yg pocket ;p), nganggur terus di box nya -__-..

    BalasHapus
  30. beliin aku jg dong pung kameranya :D

    BalasHapus
  31. mau aku racun lagi ngga pung hehehehe...GoPronya manaaa...sama Phantom 4 Professional hihihihi

    BalasHapus
  32. Iya banget blogging jamannya mix sama infografis dan foto. Dan dua-duanya aku pake. Semua original. Foto pakai hape sih. Pokoknya kudu pinter cari angle, Background dan cahaya. Keucuali untuk grafis, aku didukung sama free image hosting yang memang free download bebas untuk dipakai ulang. :)

    Asik banget free ongkir, Aku belum pernah di bukalapak. Tapi seringnya di Tokopedia sama Qo100. Elevenia juga pernah sih. Dulu. Vocher elevenia itu banyak. Qo100 bisa pake lebih dari 1 vocher. Just info sih hehee...
    Kapan2 coba ah di bukalapak.

    BalasHapus
  33. Btw, vlogging juga aku lagi belajar. jahahahaa... pake kamera hape juga. Tapi skarang aku punya tripod yeeaaay! Ntar saling subcribe-an yaaaa....

    BalasHapus
  34. Aku cuma ngandalin Smartphone Asus Zen4 , Action Cam dari Brica ,dan si Sony A5000 dan Canon G7x baru mau pesen... :) keep smile...

    BalasHapus
  35. Aku mah cuma mgandelin canon 50d. Canon camdig. Sama camera phone huhu

    BalasHapus
  36. Saya juga lagi kepengen punya kamera mirrorles, action cam, sama ring light.

    Banyak maunya ya hahahaha.

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah udah punya mirrorless n GoPro.. hihihi *somse*. Cumaaaaaa, belom dimaksimalkan niiy, hadooohh :(

    BalasHapus
  38. Buka lapak memang lgi bebas ongkir. Tapi sayang gak bebas harga beli barang *menurut loooooo????!* padahal lagi butuh harddisk eksternal 1TB buat menampung foto2 dan video drama/variety show hasil donlotan euy.. :p. Oiya betewe Aurel itu anaknya Anang sama KD lohh. Sebelum mbak KDnya protes mungkin bisa diedit huahahahhaa

    BalasHapus
  39. 1. Kamera Nikon D3200 yg aku kasih nama Ani Kondriatun.
    2. Siti Funiah, alias iPhone 5 ku
    3. Soon akan pakai si iPhone 6 yg belum pernah kuajak piknik karena masih berumur 4 hari. Masih mikir enaknya dikasih nama siapa si iPhone 6 second ku ini.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...