Jumat, 13 Mei 2016

Wisata Keluarga di Sentul


Sebagai orang yang lahir dan besar di Depok, aku selalu merasa punya hubungan khusus sama Kota Bogor. Sekolahku, waktu SMA, berada di perbatasan Depok dan Kota Bogor. Kalau bolos, mainnya ya ke Bogor, jadi Agapar dalam sekali naik angkot. Anak gaul Parung.

Hubungan khusus ini juga didukung dengan beberapa mantan yang tinggal di sana, cinta monyet yang semuanya berakhir tanpa bekas. Salah satunya, putus karena jarak. Kami gak kuat LDR-an Depok Bogor. Jarak antar rumah kami, setara dengan tiga kali naik angkot, empat ribu lima ratus. Sedangkan sangu harian cuma sepuluh ribu. Berat juga kalo tiap istirahat sekolah cuma jajan cilok pedes demi pacar :(

Gak cuma lokasi strategis untuk bolos (ini anak sapa sih ajarannya gak bener amat xD), Bogor juga jadi salah satu destinasi berwisata keluargaku saat liburan tiba. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di sana, mulai dari wisata alam, budaya, pendidikan, hiburan, belanja sampai wisata kuliner yang menggiurkan.

Ada beberapa kawasan wisata di Bogor, dan salah satu yang paling terkenal, adalah kawasan Sentul. Kawasan ini berada di di Kecamatan Babakan Madang. Apa yang terlintas di kepala kalian saat baca kata Sentul? Sirkuit? Balap motor? Valentino Rossi pernah balapan di sini? Yap, banyak orang yang cuma tau Sentul hanya punya sirkuit aja. Padahal, Sentul punya wisata lain yang gak kalah seru. Yuk, aku ajak jalan-jalan ke sana!

Berikut beberapa objek wisata yang bisa kamu temukan di Kawasan Sentul:

1. Jungleland


Tempat wisata yang satu ini cocok banget untuk berlibur bareng keluarga terutama anak-anak. Jungleland ini merupakan wahana air yang memiliki 33 area permainan air yang becek-becek asyik. Terdapat fasilitas seperti Cafe dan Restauran, Mushollah, ATM centre, area parkir yang luas yang dapat menampung sekitar 1000 kendaraan beroda empat, 3000 kendaraan beroda dua dan 300 unit bus pariwisata. Luas bener, yah? Jidat jenongku doang mah lewat.

Jungleland ini buka setiap hari, tapi jam dibuka dan ditutupnya beda-beda. Kalau datang hari Senin sampai Kamis, dibuka jam 10 pagi sampai jam 5 sore. Kalau datang hari Jumat, dibuka jam 10 pagi sampai jam 6 sore. Dan kalau datang hari libur yaitu Sabtu dan Minggu, Jungleland akan dibuka lebih awal yaitu jam 9 pagi dan ditutup pada jam 6 sore. Nah, kalau hari dimana semua akan indah pada waktunya, itumah sabar-sabar aja ya, mblo..

Harganya juga beda-beda lho.. Tergantung waktu datang kita. Kalau datang sebelum jam 3 sore, akan dikenakan harga Rp. 200.000, dan kalau datang di atas jam 3 sore, cukup bayar Rp. 100.000 aja. 
Oh iya, di Jungleland ini juga terdapat Area Dino World. Di sana banyak patung-patung dinosaurus jaman dahulu kala. Kita akan merasakan seolah-olah sedang berada di masa lampau. Cocok untuk kaum-kaum susah move on.

2. Taman Budaya Sentul 

Selain Jungleland, ada juga Taman Budaya Sentul. Di sini, ada banyak permainan outbond yang berada di lokasi Adventure Centre seperti Paintball, Flying Fox dan masih banyak yang lagi. Selain lokasi Adventure Centre, di Taman Budaya Sentul ini juga memiliki lokasi Culture Centre. Bisa ajak anak-anak untuk bermain sambil belajar seperti mewarnai, melukis, membuat keramik dan juga membatik kain.

Ada beberapa paket wisata yang bisa kita ambil di kawasan ini. Pertama, Outbond Kids Package. Paket ini menyediakan fasilitas 11 permainan outbond untuk anak, souvenir, asuransi keselamatan dan juga makan siang. Harganya? Rp. 150.000 saja. Kedua, Outbond Adults Package. Paket ini menyediakan fasilitas 7 permainan outbond yang bisa dimainkan orang dewasa, makan siang dan juga coffee break. Yang ini, harganya Rp. 200.000. Ketiga, Paintball Package, seharga Rp. 350.000 per packnya. Dan yang terakhir, Trecking Package. Yang ini, kita bisa mengunjungi hutan pinus dan juga air terjun yang berada di kawasan Sentul, cukup dengan Rp. 160.000.

Taman Budaya Sentul buka jam 9 pagi hingga 5 sore.

Kawasan Sentul ini mudah diakses lho manteman. Beda jauh deh sama hati gebetan yang akses masuknya hanya untuk kalangan tertentu dan pilih-pilih. Kita bisa naik  angkutan umum berwarna hijau, ataupun taksi dan turun di depan kawasan Sentul.

Kalau kamu dari luar kota kayak aku, jangan khawatir.. Di sekitar Kawasan Sentul banyak tempat penginapan, seperti hotel yang bisa dipesan dari Traveloka untuk bobo gemes selama berlibur di Sentul Bogor. Hotel dengan berbagai fasilitas dan harga yang berbeda bisa dipilih sesuai keinginan.

Purwokerto, 14 Mei jadi kangen pulang, 2016

Kapan ke Bogor? Titip salam ya buat yang di Parung, eh, Sentul x)))

15 komentar :

  1. ngebayangin serunya main di jungleland,banyak juga ya 33 area bermain air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa banyak dan puaaaaas. Tapi gak semuanya bisa untuk balita, jadi kalau ajak Jiwo, harus bawa pengasuhnya juga hahahahaha *emak macam apa*

      Hapus
  2. Kayaknya kalau mau ke Jungleland, saya bakal pilih yang di atas jam 3pm, deh, mbak. Anak kosan, gitu :v

    Btw, salam manis ya, dari AGS -anak gaul surabaya- buat Agapar :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi gak asik, waktunya jadi dikit.. Gak puas main di 33 wahana itu hihihihi

      Hapus
  3. Wah...banyak tempat asyik di Sentul untuk dijadikan destinasi wisata atau efreshing ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, favorit aku jungleland itu. hihi

      Hapus
  4. bulan februari lalu ke bogor ikut acara kantor, tapi nggak sempat ke sentul :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe bogor memang luas dan... macyet. Jadi kalau udah di satu tempat, suka males kemana mana lagi :D

      Hapus
  5. Hahaha..mantan oh mantan #gagalfokus

    BalasHapus
  6. Cobak..cobak aku pengen main ke Bogor buat nyari mantan Pungky bhahaha..

    Kalo ke Jungleland aku udah pernah, dan emang asyik banget :)
    Ke Taman Budaya Sentul yang belum pernah nih, harus segera di-kepo-in ini mah :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan jungleland asyique kaaan.. Sama seperti mengingat mantan, menyenangkan :)))))))))))

      Hapus
  7. Salamnya dah taksampein via bis agramas hahaha

    BalasHapus
  8. banyaaak pilihannya ya. Jadi kangen sudut seru ini..mudiik ayooh mudik

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...