Rabu, 08 Juni 2016

Gapura Surya Nusantara, Terminal Megah di Tepi Surabaya


Kumuh. Begitulah satu-satunya kata yang aku punya tentang pelabuhan. Aku, sangat sangat anti naik kapal laut. Selain mabok laut level parah, aku juga benci banget sama kondisi pelabuhan di Indonesia. Deuh, pernah naik kapal dari Merak ke Bakauhuni, itu betul-betul pengalaman traumatis. Bau, pengap, panas, kotor, dan bikin ogah datang lagi.

Tapi, semua berubah saat aku mengunjungi Gapura Surya Nusantara. Terminal penumpang di pelabuhan Tanjung Perak. Hal pertama yang menyambutku adalah gedung megah dengan suasana nyaman dan bikin betah. Jauh, jauuuuh banget dengan wajah pelabuhan Indonesia selama ini. Untuk pertama kalinya, pelabuhan menjadi tempat yang menyenangkan untukku. Rasanya tuh, kayak masuk hotel berbintang, beuh.



Gedung 3 lantai ini sangat-sangat bersih dan terurus. Lantainya mencling, tak ada setitik sampahpun di setiap sudutnya. Di lantai dasar, terjejer konter check in yang rapi dan bernomor. Jadi meminimalisir kemungkinan penumpang yang berdesakan saat akan menukar tiket keberangkatan. Lantai 1 dan 2, disediakan seabrek bangku tunggu lengkap dengan pendingin ruangan yang berfungsi normal. Adem-adem gimana, gitu. Menunggu jadwal berlayar, gak akan lagi sumpek dan menyebalkan.

Juaranya, adalah lantai 3. Tersedia food court dan roof top yang asoygeboy. Kesinilah sekalipun kamu bukan penumpang, karena tempat ini terbuka bagi siapapun yang ingin datang. Menyuguhkan berbagai hidangan khas Surabaya yang tentu saja sedap, tinggal pilih yang sesuai dengan kantong dan isi hati. Bertebaran juga bean bag warna-warni barangkali kamu lelah berdiri, pun meja dan bangku berpayung yang pas untuk bersantai lama-lama. 

Surabaya North Quay, begitulah tempat ini dinamai. Terdengar hits dan kekinian? Itu belum apa-apa. Semacam mau mengimbangi nama kerennya, lantai 3 yang nongkrong-able ini menyajikan live music setiap malam minggu. Pemandangannya, tentu aja kapal yang sedang bersandar nunggu penumpang. Ditemani dengan lampu kerlap-kerlip, cocok untuk menjadi teman segala jenis perasaan. Dari jatuh cinta sampai patah hati. Dari baru jadian, sampai ditinggal nikah mantan.

Kali ini aku gak akan ngece kalian, Jomb. Santai mawon..

Untuk para penumpang, tenang, kalian gak perlu lagi berdesakan saat masuk kapal. Dempet-dempetan adalah masa lalu. Sambutlah kekerenan Gapura Surya Nusantara yang lain: tersedianya garbarata sebagai penghubung antara terminal dan kapal. Hanya aja jembatan ini baru bisa menyambungkan penumpang ke kapal, belum bisa untuk hati ke hati. Maaf ya, Jomb..

*urung kelar se-artikel wis ngece maning* *disampluk kapal*



Purwokerto, 9 Juni menjelang sahur, 2016

Gapura Surya Nusantara. Inilah wajah baru pelabuhan kita, terminal penumpang yang ramah manusia. PT Pelindo III berhasil menyulapnya menjadi pintu gerbang yang asik untuk pelesir. Berpergian menggunakan kapal menjadi kebanggaan dan kebahagiaan.

20 komentar :

  1. waa keren ya tempatnya, disulap jadi tempat jalan yang asik...

    BalasHapus
  2. Isshhh kerennn yaaa, sampe ada model kece yg asyik futu2 disituh :))

    BalasHapus
  3. aihhh.. keren uey.. bayangan tentang pelabuhan berubah drastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa.. keren ya, hasil karya dan kerja PT PElINDO 3 ini :D

      Hapus
  4. ihhh bagus bangett, udah ngalahin bandara aja. Tapi itu masih baru kan yah? smoga orang-orang indo yang menggunakannya bs tetap menjadi kekinclongannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, masih baru. Semoga aja yaa.. akan tetap kinclong dan bagus sampai kapanpun itu.

      Hapus
  5. Jadi lebih keren lah tempatnya mbak <3<3

    BalasHapus
  6. nisa dijadiin tempat piknik juga kayanay ya pung:)

    BalasHapus
  7. tempatnya kereen bangeeud, nyaman yaa!
    Ikotlah poto2 dsanaa,berasa turiis :D

    BalasHapus
  8. Apik bangettt jadi pengen naik kapal deh, tapi kemana yaaa. Pernah dulu naik kapal jarak jauh sekali dari Makassar ke Semarang apa ke Surabaya yaa, lupa masih kecil soalnyaah.

    BalasHapus
  9. gini dooong ^o^... kan jd bikin pgn naik kapal sesekalii ;).. cakep gitu jd kayak di bandara ;)..selama ini aku naik kapal juga bisa diitung 1 tangan mbak.. itupun cuma utk nyebrang doang :D.. bukan utk yg bener2 berlayar.. soalnya udh ke-mind set aja kalo pelabuhan dan kapal di indo itu jorok...

    BalasHapus
  10. Buagussss... tak pikir di Surabaya taunya bukan hahah

    BalasHapus
  11. subhanallah... benar2 indah skali mbak. tertata rapi ruang tunggu pelabuhannya. Seringnya sih nemuin pelabuhan kecel bin jotor hhe. tapi ini beda bnget hheee

    BalasHapus
  12. Asik emang tempat ini, buat kongkow ama keluarga oke juga....

    BalasHapus
  13. Wah ... pelabuhan kok kayak hotel berbintang begini ...
    keren ya ...
    Saya belum pernah ke sana

    salam saya

    BalasHapus
  14. tempatnya terbuka untuk umum ya. numpang makan aja boleh kali ya.. hehe laper soalnya *eh puasa ya :D

    BalasHapus
  15. Kayak2 di singapore gitu yaaa hehehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...