Selasa, 16 Agustus 2016

Mau Bleaching Rambut? Pertimbangkan Dulu 6 Hal Ini

Waktu aku upload rambut biruku ke sosmed, banyak banget yang komen “Waa, mau juga digituin”. Percayalah, bleaching rambut adalah keputusan yang paling kusesali dalam hidup. Nyesel banget. Tapi yaudahlah ya, buat pengalaman. Buat pelajaran juga untuk yang lain, sebelum bleaching rambut, pikirkan baik-baik dan pertimbangkan hal-hal berikut:


1. Bleaching itu muahal

Untuk warna-warna ekstrem kayak biru, ungu, atau bahkan abu-abu, enggak cukup sekali bleaching. Harus berkali-kali sampai putih. Dan sekali bleaching di salon bisa sampai angka 250ribu. Semahal itu belum termasuk catnya, belum jasa salonnya, belum jajannya karena proses bleaching itu lamanya semiliar juta tahun. Kalau dikonversikan ke cendol, bisa beli seabang-abangnya.

2. Bleaching = Mematikan Rambut

Satu yang harus dicatat baik-baik adalah bleaching itu bukan sekedar menghapus warna rambut, tapi mematikan rambut. Jadi setelah bleaching, rambut akan jadi seperti uban. Si almarhum rambut, gak bisa lagi mengambil nutrisi dari kulit kepala. It means, kita harus bersiap punya rambut super super rusak dan super super kering. Sapu ijuk kebon jambu doang mah lewat. 


Aku sempet tuh nanya ke om salonnya “Kok kalau seleb-seleb gitu, bagus aja om rambutnya? Tetep badai dan alus walaupun sampai putih?”. Si om, dengan selonya jawab “Ya dia mah seleb, sebelum tampil diproses dulu rambutnya. Dimasker, disetrika, trus distyling. Enggak mungkin abis keramas, dikeringin, trus foto. Enggak mungkin.”. Ya, kerusakan ini terjadi pada setiap rambut, termasuk milik dedek awkarin dan mami KD yang kelihatan baday sekali itu.

3. Perawatan Gila-Gilaan

Karena rusak parah dan gak lagi bisa mengambil nutrisi dari kulit kepala, berarti bersiaplah untuk perawatan gila-gilaan. Hair mask atau creambath itu paling enggak seminggu sekali. Tiap keramas, conditioner adalah wajib! Dulu, abis keramas ya udah aja dikeringin pakai handuk atau hairdryer, urusan kelar. Sekarang? Nehi. Rangkaian hair vitamin telah menunggu dan itu beneran menguras isi kantong.

Jadi kalau dulu keramas cuma menghabiskan energi sekali makan nasi. Sekarang tiap keramas, kalorinya habis sampai porsi martabak keju susu toblerone karena rangkaian perawatannya bejibun. Mahal dan melelahkan.

4. Keramas = Never Ending Drama

Masih soal keramas. Gak abis-abis ya, heu. Jadi warna-warna cat rambut kayak biru atau ungu, itu bisa tahan bagus paling lama sebulan. Yap, sebulan. Setelah itu akan memudar dan warna rambut jadi aneh. Triknya? Jangan sering-sering keramas. Tahan-tahan aja biar warnanya gak cepat pudar. Kecuali duit situ gak berseri dan rambut sekuat baja buat sering-sering touch up warna.

Tapikan jarang keramas bikin lepek ya, apalagi rambut lagi rusak-rusaknya. Ya itu lah, keramas is never ending drama. Dramanya dedek Awkarin dan dedek Gaga, lewat.

5. Gak Semudah Cat Hitam Lalu Kelar

Kalau kamu pikir 'yaudah sih, kalau kenapa-kenapa tinggal cat item aja', kamu salah banget. Karena setelah bleaching, warna asli rambut kita jadi putih atau kuning. Jadi saat bosan lalu memutuskan cat hitam, itu gak akan bertahan lama. Karena makin lama ya cat hitamnya makin pudar, sama kayak warna lainnya. Setelah dihitamkan lagi, harus touch up paling enggak dua bulan sekali. Atau harus nerima kenyataan warna rambut jadi galau. Hitam enggak, cokelat enggak. Dekil dan bikin muka kusam. Euh.

6. Semua Ada Harganya

Tapi yaa.. Bleaching rambut bukan hal yang salah dilakukan. Pertama bleaching dan cat biru, aku bahagia banget liat warna rambutku. Aku senang dan gak ada yang bisa mengalahkan itu. Jadi kalau menurut kamu kebahagiaan punya rambut warna warni bisa membayar segala perjuangan setelah bleaching, lakukan aja. Cus ke salon dan tersenyumlah.

***

Sekarang rambutku jauh lebih baik dari awal di bleaching dulu. Walau masih kering, kusam dan kasar, tapi udah keliatan oke dan gak malu-maluin. Ya itu, berkat perawatan gila-gilaan. Salah satu yang paling berjasa adalah Nuxe Multi-Usage Dry Oil. Ini minyak ajaib beneran jodoh rambutku banget. Dipakai setiap habis keramas, dua tetes aja, jadi sebotol 50ml itu bisa buat seabad. Beli di Sociolla, agak mahal sih, tapi inilah yang menyelamatkan rambutku. Lagian kan bisa pakai kode voucher SBNLAUPAU, langsung dapet potongan 50ribu. Bhahahaha lumanyan.

Purwokerto, akhir Agustus 2016

Jadi, siapa yang berencana di bleaching? Ngacung! :D

21 komentar :

  1. Mba Pungky cantik deh warna rambutnya ungu, kayak boneka barbie.. Btw, aku belum pernah nyoba bleaching rambut..

    BalasHapus
  2. Ngecat rambut sndr sama bleaching beda ye?
    Soalnya eikkeh mo nyoba ngecat rambut tp yey punya pengalaman bikin eikkeh jd jiper nih

    BalasHapus
  3. kalo ngebleaching sendiri bisa juga kan yak? Cuman yah itu dia...kalo istilah bahasa sundanya emblog-emblogan alias enggak rata, jadi pas dicat juga hasilnya gak sebagus salon punya, hicks *nasib mak irits

    BalasHapus
  4. cantik dan keren banged mba pungky
    kayak liat agnes monica loh ^o^

    BalasHapus
  5. Hi..efeknya ribet banget gitu tho.. Berarti mending buat njajan bkso aja kali yaa...☺☺

    BalasHapus
  6. Apa kabar Korean Idol yang tiap 2-3 bulan sekali bisa ganti warna rambut yak. Pernah ada yang rambutnya dicat warna-warni kayak pelangi. Saya dulu juga pernah ngecat rambut tapi ya yang nggak perlu bleaching dan lumayan nyesel Mak. Buat balik ke hitam seperti semula lagi perasaan ya mesti nunggu rambutnya panjang trus dipangkas deh itu yang dulu dicat hu hu.

    BalasHapus
  7. Jadi sekarang mau ganti apa lagi nih siis? Lurik? Hihihi

    BalasHapus
  8. saya mba...mau warna merah gitu...tapi gak boleh euyy sama anak .

    BalasHapus
  9. pernah kepikiran warnain rambut tapi itu dulu waktu jaman SMP XD

    BalasHapus
  10. Aiiih, jadi kayak barbie.

    Ternyata menyiksa rambut banget ya. Terus, itu kalau pengen kembali ke semula gimana? bisa/gak? apa nunggu rambutnya tumbuh lagi. E tapi, itu rambutnya kan udah dimatiin ya? apa bisa tumbuh lagi?

    *kemal, kepo maksimal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngembaliinnya ya tunggu rambut tumbuh lagi sampe semua bleachingnya bisa dipotong. Yaaa lumayan deh nunggunya x'D

      Hapus
  11. Wah iya ya mbak mematikan rambut ?
    Tapi pas udh tumbuh lagi hitam mah engga kan ? Aku sih alhamdulilah ga sampe rusak, kasar kaya ijuk jga engga.
    Tapi kalau agak luntur iya sih bener mbak

    BalasHapus
  12. Aku suka ngeliatnya.. Ayu banget mesti warna unguuuuu.. Ih sayang banget bude pungky klo jadi rusak, jangan sering lah yaa nduk ^^

    BalasHapus
  13. Kalo kayak gtu mah aq kubur dalam2 aja deh keinginan blicing.wkwkwkwk

    BalasHapus
  14. Kayaknya belum nyali kalau bleaching, cuman nyali semir2 doank aja. Lagian temen2 emak2 di tempat terapi Ubii bisa heboh liat emak2 bleachingan rambut :v

    BalasHapus
  15. Saya punya rencana untuk bkeaching, tapi yah pekerjaan sekarang tidak mengijinkan saya untuk berpenampilan 'wow'. :D

    BalasHapus
  16. Iya setuju banget bleaching rambut itu bikin nyesel :( Udah pernah bleaching dan di cat biru sih, awal2 keluar salon sih bagus setelah dikeramas duh jangan ditanya. Keliatan kering banget, jadi malu kalo keluar. Akhirnya di potong deh karena perawatan pun gak bikin balik lagi itu rambut.
    Tapi masih pengen warna2 cerah gitu sih buat rambut :(

    BalasHapus
  17. Aku pernah bleachin rambut jaman di radio supaya beneran unguuuuunya keluar hahaha. Tapi asli, rambut langsuuung jadi kayak serat jagung huahaha. So fragile! Btw, di grup aku lagi bagi2 sephora make-up lagi puuuung :)..

    BalasHapus
  18. Ogah ah, nggak diapa-apain juga rambutku udah kering dan sering rontok. Ngeri kalo di bleaching.

    BalasHapus
  19. AKu pernah diblicing sekali. Trus aku warna maroon rambutku. Eh kayaknya kamu sudah pernah tahu di instagramku.

    Dan yg kamu tulis di atas bener smua! HAHAHHA. Semakin keramas,w arna rambut semakin aneh karena emang luntur. Duh, ini rambut apa baju kualitas pasar wage sih?

    Trus, sekarang rambutku sehat lagi sejak pakai shampo DOVE plus kondisyener DOVE juga.

    Makasih Dove. Kamu adalah jodoh rambutku..

    BalasHapus
  20. ....... Aku 2 bulan sekali dulu bleaching rambut ganti warna
    Udah addicted bgt sama cat rambut
    Nggak bisa kalau warna rambut gelap, hahahaha
    Ini aku coba cat coklat tua. Alhasil 2 minggu udah kuning lagi :D

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...