Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Ini dia Zenfone 3 Max, Smartphone yang GaAdaMatinya!


Woohoo, the wait is over! Ini lho gaes, smartphone yang dari kemarin aku sebut-sebut. Yang meramaikan sosmed aku selama seminggu ini, yang ditunggu-tunggu banyak orang, yang resmi diluncurkan oleh ASUS Indonesia hari ini (7 Febuari 2017), yang katanya #GaAdaMatinya itu! Please welcome yaa..

 ASUS ZenFone 3 Max 5.5” ZC553KL


Penasaran dengan smartphone satu ini? Mari, kuajak kalian lebih dekat. Pssst, awas baper, karena sumpah ini hape bikin ngiler bianget nget.


Sesuai dengan namanya, ZenFone Max, seri ini memang mengandalkan baterai berkapasitas besar yang mampu menyimpan energi untuk jangka waktu lama, plusss bisa berbagi energi pada perangkat lain. Enggak cuma itu, ASUS ZenFone 3 Max juga punya kamera dengan kemampuan hebat dan teknologi mutakhir kayak PixelMaster Camera 3.0 dan TriTech Auto-Focus. Fitur-fitur yang bakal bikin fotografi smartphone jadi makin cihuy! Iya, aku tau kalian gaptek, enggak paham kan itu istilah apa. Aku jelasin di bawah kok tenang muahahahaha *pungky anak yang pengertian* *dan minta ditoyor sendal*

Yuk kita bahas satu-satu.


Baterai yang GaAdaMatinya 


Dari baterainya dulu ya. ASUS ZenFone 3 Max 5.5” ZC553KL diperkuat oleh baterai jenis Lithium Polymer berkapasitas 4.100mAh. Tenang, baterai ini sudah didesain sedemikian rupa, jadi bisa masuk ke body yang tipis, hanya 8,3 milimeter. Jadi meskipun kapasitasnya segede gambreng, situ enggak perlu punya hape segede sendal jepit. ASUS gitu lho, canggih. 

Dari pengujian internal, baterai tersebut mampu bertahan hingga 38 hari saat dalam kondisi standby di jaringan 4G. Dia bertahan lebih lama daripada bapernya kamu liat mantan gandeng pacar barunya yang lebih cakep dari segala sisi. Dia menyala lebih lama daripada ngamuknya ibu-ibu yang udah mana lagi pms, suaminya pulang telat tanpa kabar, anaknya coret-coret lantai pakai lipstick kesayangan.
Kalau dipakai untuk berkomunikasi suara lewat jaringan telekomunikasi berbasis 3G, baterainya mampu bertahan sampai 17 jam! Untuk penikmat musik, baterai dapat memasok kebutuhan memutar musik selama 72 non stop. Nah kalau untuk menjelajah internet, baterai tersebut mampu menopang hingga 19 jam. 


Bayangin gaes, kita bisa sekrol-sekrol sosmednya mantan selama 19 jam. Dari baper - lega - baper lagi - lega lagi, dari foto terbarunya sampai ke bawah banget foto dua tahun lalu waktu masih sama kita, itu hape masih nyala dan masih kuat untuk kepo-kepo. Sedap nggak tuh?

Masa aktif baterai yang luar biasa ini dimungkinkan oleh tiga faktor. Penggunaan baterai berkapasitas besar, yakni 4.100mAh, penggunaan prosesor dengan teknologi terbaru yang lebih efisien dalam pemanfaatan energi, dan juga modus optimalisasi baterai yang memudahkan pengguna untuk memilih setting yang paling tepat untuk berbagai aktivitas yang mereka lakukan. Mulai dari Performance, Normal, Power Saving, Super Saving ataupun Customized. Eh gak usah melongo gitu dong, ini ada penjelasannya kok. Hahahahahaha

Untuk lebih meningkatkan kemampuan daya tahan baterai, ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL menyediakan lima modus pilihan warna yang memungkinkan pengguna mengatur konsumsi energi sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu. Pilihan yang tersedia adalah:
  • Performance. Setting ini akan mengatur prosesor pada performa tertinggi dan juga layar pada tingkat kecerahan maksimal. Cocok saat pengguna mau main game ataupun memutar video baik online ataupun offline.
  • Normal. Ini setting default dari Power Saver di ZenFone 3, termasuk ZenFone 3 Max ZC553KL. Modus ini akan secara cerdas mengatur performa CPU dan juga tingkat kecerahan layar untuk menghemat energi baterai.
  • Power Saving. Selain mampu secara otomatis mengatur performa CPU dan juga tingkat kecerahan layar untuk menghemat energi baterai, modus yang satu ini juga dapat mematikan jaringan (mobile data dan juga WiFi), saat smartphone dalam kondisi sleep untuk lebih menghemat energi. Trus nanti, dia akan kembali terhubung ke jaringan saat layar dinyalakan kembali. Pinter bener yaaaa...
  • Super Saving. Cara kerja modus ini mirip sama Power Saving tetapi satu langkah lebih lanjut untuk menutup seluruh fungsi jaringan, kecuali telepon, SMS dan alarm dengan tujuan untuk lebih jauh lagi dalam menghemat energi baterai. Modus satu ini bisa memperpanjang masa standby ZenFone 3 Max ZC553KL hingga mencapai 36 jam, bahkan saat kapasitas baterai hanya tersisa 10 persen aja. Wow mana wow?
  • Customized. Di sini pengguna bisa mengatur seluruh setting, mulai dari performa CPU, tingkat kecerahan layar dan juga fungsi-fungsi jaringan sesuai keinginan. 

Nah, kalau modus mendapatkan uang belanja tambahan biar bisa jajan esedo dan gincu, itu silakan belajar pada mamah-mamah terdekat. Modus Mamah Minta Jatah, namanya. 

*pungky jitak yaaa*


Reverse Charging, Bang.. Cas Adek Bang..


Selain punya kapasitas baterai besar dan fitur penghemat energi, ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL juga bisa membagi kapasitas energi yang ia simpan di baterainya ke perangkat lain. Dengan fitur reverse charging capability, smartphone ini bisa berubah fungsi pula jadi powerbank.

Gampang! Pengguna cukup menghubungkan smartphone atau gadget lain yang akan diisi ulang menggunakan kabel USB on the go (OTG) yang disediakan pada paket penjualan dan kabel data yang juga sudah disediakan. Pasangkan ujung kabel data (micro USB) ke smartphone yang akan diisi, dan hubungkan ujung kabel USB OTG ke ASUS ZenFone 3 Max. Tadaaa, daya yang masih dimiliki oleh baterai milik ZenFone 3 Max akan ditransfer ke smartphone yang akan kita isi.

Asik banget yakan, bisa dada babay sama powerbank. Bisa tengil juga kalau ada temen hapenya lobet. Bisa gini gini nih, "Lobet? Sini colok ke hape gue. Gue mah baek anaknya". Beuuuuhhhhh hahahahahaha

Oh tenang. Enggak perlu khawatir ZenFone 3 Max-nya kehabisan baterai. Dengan software yang dimiliki ASUS ZenUI, dia akan mencegah ZenFone 3 Max mentransfer daya ke perangkat lain jika daya baterai yang dia punya tinggal 30 persen. Sadar diri gitu bro, enggak kayak kamu, kalau udah klop sama anak orang suka lupa diri.

EH APA?


Fotografi Smartphone yang GaAdaMatinya!


Kamera utama ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL punya resolusi 16 Megapixel dan dilengkapi dengan sistem Tri-Tech Autofocus. Tri-Tech Autofocus sendiri terdiri dari Laser Auto Focus generasi kedua, Phase Detection Auto Focus, serta Continuous Auto Focus. Apaan sih fokusnya banyak bener yah hahahahaha sini sini baca pelan-pelan. Dijamin para aktifis narsis mah bakal mupeng.

Jadi, Laser Auto-Focus adalah teknologi laser yang digunakan oleh smartphone untuk mendapatkan bidikan yang cepat terhadap suatu objek. Kecepatan fokusnya 0.03 detik aja dong, sodara-sodara! Jadi momen secepat apapun, enggak bakal luput dari jepretan kita.


Cocok nih buat yang suka diem-diem ambil foto gebetan pas lagi gak sengaja duduk deketan. Atau gak sengaja ketemu di cafe. Meskipun dia lagi gerak-gerak, wajah rupawannya bakal tetep apik tertangkap kamera karena fokus yang supercepat ini. Jadi pas kangen dan pengin ngeliatin mukanya, yang diliat enggak muka blur. Dielus-elusnya juga enak, idungnya gak meleot karena fotonya goyang.

Cocok juga buat kamu yang kayak cacing kepanasan. Pecicilan gak bisa diem tapi pengin narsis. Naini nih, smartphone yang cocok buat kecacingan kamu.

Santai, fotonya bakal tetep bagus kok. Karena pada Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Lalu Continuous Auto-Focus akan membantu pengguna untuk mengambil gambar obyek yang sedang bergerak dengan cara mendeteksi secara terus menerus tingkat kontras pada obyek. Jadi meskipun fokusnya secepat 0.03 detik, foto yang dihasilkan akan tetap apik. Ih berima!

Dari sisi software, ASUS PixelMaster Camera adalah aplikasi fotografi yang superlengkap. Kita bisa memilih hingga 20 modus pemotretan untuk kamera belakang, dan 10 modus pemotretan untuk kamera depan. Banyak bener.

Juaranya, tentu fitur Manual mode. Karena kita bisa atur sendiri semuamuanya. Mulai dari White Balance, Exposure Value, ISO, Shutter Speed sampai ke jarak fokus. Berasa pakai DSLR gitu deh. Ada juga fitur Super Resolution yang bisa bikin ZenFone 3 Max ZC553KL sanggup mengambil foto resolusi tinggi sampai 64 megapixel.

Di Indonesia, ZenFone 3 Max ZC553KL dipasarkan di harga Rp2.999.000. 

Ini aku sertakan spesifikasi teknis ASUS ZenFone 3 Max 5,5” ZC553KL:

Model
ASUS ZenFone 3 Max ZC553KL
CPU
Qualcomm Snapdragon 430 64-bit octa-core processor (1,4GHz)
GPU
Adreno 505 450MHz
RAM
3GB RAM
Penyimpanan
32GB + 5GB ASUS Webstorage +  Google Drive 100GB free (2 years)
MicroSD
Yes (up to 128GB)
Konektivitas
802.11b/g/n, Bluetooth V 4.0 +EDR, Wi-Fi direct
Jaringan
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 5, 7, 8, 20), WCDMA (Bands 1, 2, 5, 8), 
GSM/EDGE (850, 900, 1800, 1900 MHz) 
DC-HSPA+: UL 42 / DL 5.76 Mbps, 
LTE Cat4:UL 150 / DL 50 Mbps
SIM Card
Micro SIM slot + Nano / MicroSD slot
Navigasi
GPS, AGPS, GLONASS, BDS
Display
5.5” Full HD (1920 x 1080) IPS display, 77,5% screen-to-body ratio, 450nits
Video
Full HD Video recording 1080p @30 FPS, Take still photo while recording
Baterai
Lithium-Polimer 4.130 mAh
Kamera Belakang
16MP PixelMaster 3.0 camera with 1/3" sensor size, f/2.0 aperture, 
Ultra-fast 0.03s TriTech AF system instant focus and subject tracking, 
Dual-LED real tone flash
Kamera Depan
8MP, f/2.2 aperture, 84˚ field of view
Sensor
Proximity, Ambient light sensor, Gyro sensor, Ecompass, 
Fingerprint Scanner, Accelerator, Laser Sensor
OS
Android™ 6.0 with brand-new ASUS ZenUI 3.0
Dimensi
151.4mm x 76.24mm x 8.3mm
Bobot
175g
Warna
Titanium Gray, Glacier Silver, Rose Pink, Sand Gold
Harga
Rp3.099.000


Purwokerto, 7 Febuari 2017

Segala kemupengan dan kengecesan yang diakibatkan oleh artikel ini, diluar tanggung jawab penulis. BHAY! *ngacir*

9 komentar

  1. Yaampun gak kebayang sekrolin foto mantan A sampe Z dari poto terjadul sampe terupdate

    BalasHapus
  2. Mbak Punky plis jangan ngacir dulu. Ini artikel memang berhasil bikin mupeng ya. Awalnya liat di tipi ada smartphone ginian yang jadi bintang iklannya Be-Ce-eL, "Kok keren ya?" nyari di gugel eh ada artikel mbak diposisi teratas gugel terkait keyword "Asus Zenfone gakadamatinya". Ini emang reviewnya iseng?

    BalasHapus
  3. Seandainya saja hp sam***g juga harga-harganya terjangkau seperti asus ya wkwkwk

    BalasHapus
  4. Mau banget mba. Sepertinya Asus layak dilirik selain Samsung. BTW hape saya segede sandal jepit loh, muehehehe... 6,4 inchi!

    Amazing, aseli ini amazing banget, harganya itu loh, terjangkau dan worth it, ketimbang merk sebelah, spesifikasi segitu, pasti harganya selangit....

    BalasHapus
  5. Kren banget ih fiturnya mbak, sukses bikin mupeng :3
    Apalagi yang autofocus, soalny klo lagi ambil foto sering dilendotin baby aisy jadinya susaah banget focusnya, hihi.. fitur reverse chargingnya juga keren banget, emang asus jempolan banget ������

    BalasHapus
  6. Makasi reviewnya kak Pung. Bodi belakang omaigod, iPhone 6 banget! Duh, Asus jago banget ya mengabulkan eksmud yg kepingin punya produknya kak setip job tapi kantongnya sepi job. Dengan punya asus zenfone 3 max ini, dengan harga cuma 3 jutaan, kita akan memiliki kualitas yg melebihi iPhone 6 malah!

    Duh aku kudu piyeee!!!

    *buang iPhone 5 dan iPhone 6 ku ke tempat sampah kalau kayak gini hebatnya asus ini*

    BalasHapus
  7. Wahh... Kemampuan gede harganya terjangkau ya... Asus makin lama makin merakyat nih ngegusur ya ntu bisa bisa

    BalasHapus
  8. Kak pungky,baterainya bisa dicopot ga ya? Hehe

    BalasHapus