Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Mau Cerita Kamu Diadaptasi Jadi Komik? Ikutan Kompetisi Ini!


Diem-diem, aku tuh sirik tau sama komik Mak Irits, seru banget ya jadi dia ceritanya bisa diangkat jadi komik. Aku nggak terlalu suka baca komik buku sih sebenernya, anyep aja rasanya baca kertas burem dan dekil gitu. Sukanya baca komik digital karena ada warnanya, komik buku kalo berwarna kan mahal ya kakaaak. Tapi ngeliat mba Rahmi (penulis komik Mak Irits), punya pembaca komik bejibun, sirik lah tetep! Hahahaha

Pengin juga ceritaku diangkat jadi komik dan punya pembaca segambreng, tapi siapa yang mau gambarin? Mba Rahmi mah enak suaminya komikus, lha suamiku kan jurnalis. Bukannya jadi komik, ceritaku malah jadi berita nanti ngahahahaha


Kalian ngikutin komik Anak Kemaren Sore, nggak? Komiknya generasi90an, ih itu aku suka banget deh! Bener-bener mengembalikan aku ke masa kecil, apalagi yang episode jajanan sekolah itu. Gulali dibikin sempritan bentuk angsa, pas abangnya bikin kita nongkrongin depannya. Belom lagi nontonin doraemon tiap minggu pagi, tapi mama puter antv dulu senam pagi hahahaha. Dan komik Anak Kemaren Sore ini berbentuk digital di CIAYO Comics!

Biasanya selesai baca aku suka ngarang cerita sendiri, karena aku kan memang seneng bikin cerita ya. Beberapa cerpenku aku tayangkan di blog sebelah. Trus suka berandai-andai, gimana senengnya kalau ceritaku bisa jadi komik juga. Mengikuti kiprah komik Anak Kemaren Sore yang subscriber dan view-nya sampe susah diitung kayak mantan, saking banyaknya. HAHAHA

Dan kabar baiknya, CIAYO Blog bisa mewujudkan itu. WHAT? EH, YAY!!!!

CIAYO Blog lagi ada kompetisi menulis, CIAYO Stories namanya. Kompetisi yang pemenangnya, langsung diangkat jadi komik. Ceritanya yang diangkat bukan elunya, elunya mah berat atuh neng. Pungky jayusnya kenapa nggak ilang-ilang sih? :(

Serunya lagi, mereka menyediakan 3 prompt yang bisa kita pilih untuk dikembangkan jadi cerpen. Yah kalau blogger pasti ngelotok ya prompt itu apaan. Selain diangkat jadi komik (seneng amat ya bisa punya komik sendiri ada yang gambarin, jadi gak perlu cari pacar komikus dulu yakan. Solutif sekali CIAYO Stories ini), pemenang juga bisa dapet hadiah berupa Tab dan voucher belanja dalam jumlah banyak. Banyak deh pokoknya.

Nih detilnya nih, disimak baik-baik ya:

PESERTA – CIAYO Short Story Challenge terbuka untuk siapa saja, usia berapa saja, dan di mana saja, selama mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh CIAYO Comics.

PERIODE – Pengumpulan karya berlangsung akhir Mei – 18 Juli 2017.

PENULISAN 
  • Naskah ditulis dengan ejaan, tanda baca, dan bahasa Indonesia yang baik dan benar.Cerpen yang dikirim wajib karya asli dari peserta dan bukan saduran, terjemahan, belum pernah diterbitkan, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba apa pun.
  • Cerpen tidak mengandung unsur SARA, judi, pornografi, dan melanggar segala perundang-undangan yang berlaku.
  • Diketik di kertas ukuran A4, minimal 5 lembar dan maksimal 10 lembar, berjarak 1 spasi, dan ukuran font 12 dengan huruf Times New Roman. Justified.
  • Berikut adalah prompt penulisan Short Story untuk Challenge:
  1. Buku-buku komik berserakan. Ia sedang tak ingin membereskannya.
  2. Segalanya berubah digital.
  3. Baru sadar, ikut-ikutan kekinian rupanya sulit juga. 

PENILAIAN – Naskah dinilai berdasarkan kriteria berikut:
  • Plot dan adaptabilitas.
  • Karakter dan karakterisasi.
  • Diksi.

PENGIRIMAN
  • Boleh mengirim lebih dari satu cerpen.
  • Karya peserta lomba dikirimkan ke email: blog@CIAYO.com
  • Subjek email diisi dengan format: Nama – Judul Cerpen
  • Cantumkan biodata pada isi email dengan format:
Nama :
No HP :
Alamat :
  • Melampirkan foto diri untuk dijadikan display picture penulis (resolusi 300×300 pixel)
  • Melampirkan cover story landscape, high resolution (minimal 300 dpi). Harus mencantumkan sumber gambar (koleksi pribadi atau dari situs free image)
  • Hak cipta ada pada penulis, sedangkan hak penerbitan ada pada CIAYO Comics.
  • Jika di kemudian hari ditemukan adanya kecurangan yang berkaitan dengan ketentuan Short Story Challenge, maka cerpen akan didiskualifikasi.
  • Keputusan panelis bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. 

Tiga cerpen terbaik akan diadaptasi menjadi komik oleh komikus CIAYO Comics. Selain itu, juara pertama akan mendapat hadiah berupa Tab (pajak hadiah ditanggung pemenang), sementara dua juara lainnya berkesempatan mendapatkan voucher belanja masing-masing Rp 500.000,-. Di samping tiga juara ini, 5 cerpen favorit pilihan pembaca dengan jumlah love terbanyak juga akan mendapatkan voucher belanja masing-masing Rp 200.000,-. 

Kompetisi ini berlangsung sampai tanggal 18 Agustus 2017. Dicatet tuh, kayak jodoh kan, kesempatan bagus kadang cuma datang sekali trus nggak balik-balik lagi.

Info lengkapnya bisa kalian intip di sini:

https://blog.CIAYO.com/CIAYOstories/

Eh pada tau CIAYO Blog, kan? Blog berisi informasi-informasi menarik tentang komik, pop culture, game, mainan, film animasi, fakta unik, tips, dan para artis di dunia perkomikan. Satu rumah sama CIAYO Comics tempat biasa aku baca Anak Kemaren Sore.


Purwokerto, 5 Juli dingin banget ini ya, 2017

Kalian mau ikutan? Saingan sama aku, ya! Aku udah tekcup prompt dan udah siap merangkai cerpen paling baperin hahahaha :P

3 komentar

  1. Waduh...klu lg ga ada project mau banget nih ikutan

    BalasHapus
  2. Aku terharu banget namaku disebut di sini sama blogger femesss. Pungky sirik ma aku ah becanda kamuu. Kebalik Pung.. kebalik.

    Waah Ciayo inovatif juga nih, pasti banyak yang punya ide cerita pengen dijadiin komik tapi ngga bisa gambar. Ayok ayook pada ikutan. Btw komik bojoku di Ciayo juga ada, judulnya Mada :)

    BalasHapus
  3. aku tunggu ajaaa deh komiknyaaa :)

    BalasHapus