Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Cantiknya Kain Besurek Khas Bengkulu


Kain yang aku pakai itu, kain Besurek khas Bengkulu. Cantik banget yaaa.. Eh, apa? Kain Besurek nggak boleh dijadikan rok? Nggak sopan? Kenapa? Boleh, kali. Motif yang ada pada kain Besurek, itu hanya ornamen yang menyerupai huruf arab gundul, dan enggak ada artinya. Jadi BUKAN ayat suci Alquran, ya!

Meskipun, he euh, Besurek secara harafiah berarti bersurat atau tertulis. Tapi menurut kak Asnody, guide yang menemaniku waktu di Museum Negeri Bengkulu, motif pada kain Besurek itu enggak membentuk kalimat dan enggak bisa dibaca. Jadi ya memang bukan surat dalam Alquran, hanya ornamen yang menyerupai.

Saking noraknya si Pungky, aku baru tau sebulan yang lalu kalau Bengkulu punya kain khas yang namanya kain Besurek ini. Waktu pertama kali lihat kain ini di Museum Negeri Bengkulu, aku melengos gitu aja karena sekilas kelihatan biasa aja. Cuma kain yang bermotif huruf arab gundul. Pun warnanya, yang dipajang di museum, kelihatan kuno di mataku. Jadi aku lebih tertarik nyantroni temen-temen blogger lain, yang lagi pada asik bahas cara penggunaan ranjang pengantin khas Bengkulu di pojok museum. Lebih panas dan seru. HAHA

Tapi waktu datang ke toko oleh-oleh, mataku langsung terpesona sama jejeran kain warna-warni yang cantik. Kutanyalah pada mbak-mbak penjaga toko, katanya, itu semua kain Besurek khas Bengkulu. Wauw! Nggak pakai cacicu, langsung aku bungkus satu. Aku harus punya! Hahaha

Selain ornamen yang menyerupai huruf arab gundul itu tadi, kain Besurek juga mengandung motif flora dan fauna, yang tentu aja, primadonanya adalah si bunga Raflesia. Mengutip dari blognya kak Terry (negerisendiri.com), ada 7 motif utama pada kain Besurek yang sarat makna simbolik hubungan antara manusia, alam semesta, dan Sang Pencipta. Ya elah, beginian aja ngutip pung..

Aku suka banget pakai kain Besurek punyaku buat jadi rok, enggak ih nggak dijahit, cuma dikubet-kubet berkat tutorial dadakan Ka Rere di pojokan toko oleh-oleh. Paduan motif bunga Raflesia dan ornamennya bener-bener cuantik! Dan warnanya paduan dusty-pink, kuning, dan hijau yang nggak nyentreng, bisa aku padu padankan dengan banyak atasan dan sepatu. Bisa buat kesan fenimim layaknya perempuan baik-baik dambaan setiap brondong, bisa juga kesan casual namun cinta Indonesia. Apeu.


Ini waktu aku padankan dengan kaos polos, aku pakai seharian buat liputan acara pesta budaya. Kaos polosnya beli di toko pinggir jalan 25ribu hore. Sepatunya itu merk Zalora, belinya ya di Zalora lah ya. Lupa harganya, cuma inget kualitasnya, ntap banget nggak jebol-jebol. Kalian pasti hapal lah ya sama sepatu putih ini karena lagi sangat menguasai instagramku. Dipake molo nggak ada bosennya, padahal yang liat bosen bener kali ya sepatunya ini lagi ini lagi hahaha


Nah kalau ini, waktu aku padankan dengan atasan lektong polos, lalu kutambahkan assesoris kalung dan gelang, alas kakinya dengan sepatu motif tenun. Ini aku pakai buat kondangan biar kesannya cantik dan cinta Indonesia. Sepatunya boleh dikasih sama mas Mf Abdullah, kalungnya dikasih sama Safiranys, gelangnya dikasih sama tante Irma Devita, hidupku mantap dikasih semua hahahahaha khan maen.

Etapi atasannya enggak lho, itu merk Zalora juga, aku beli sendiri ya pastilah di Zalora. Kenapa barangku Zalora semua, cinta bener? hahahahaha nggak tau, tapi kayaknya emang banyak banget pakaianku yang labelnya Zalora. Bahkan atasan hitam polos yang aku pakai di foto profil blog ini juga merknya Zalora beli di Zalora buahahahahaha betapa kucinta Zalora the label.

Nulis ginian kenapa hasrat belanja baju jadi meningkat ya? Halah alasan. Bilang aja lagi kecep-kecep sama diskonannya Zalora, klik di sini deh buat lihat penawaran menarik Singles Day 2017 ZALORA. Jangan sampai kelewatan, biar bisa kembaran sama aku selemari Zalora lagi Zalora lagi. Idih mau kalap ngajak-ngajak hahahahaha


Purwokerto, 7 Oktober 2017

Eh selain dijadiin rok begitu, kain Besurek ini bisa diapain lagi ya yang enggak dijahit? Biar bisa ganti gaya, masa saban pakai kain ini, gaya ngubetnya nggak pernah ganti. Coba aku dikasih tutorial mengubet kain dong!

8 komentar

  1. WArnanya cerah kain Besureknya, suka deh.

    BalasHapus
  2. kain Besurek sekarang warnanya udah ngikut tren..
    awal2nya cuma ada warna primer aja,
    dan motifnya pun makin menarik..


    Pungky betisnya cakep

    BalasHapus
  3. Tossshhh (0.0)/\(0.0) kita Zalora Addict...

    BalasHapus
  4. aku ngerti besurek justru pas belajar soal motif batik. dan ini termausk kain yang sakral

    BalasHapus
  5. tulisanmu selalu mengalir mba:( suka:""

    BalasHapus
  6. padal kalo artis endorse kain sejenis di instagram, aku b aja. tapi pas baca tulisanmu jd pengen beli zz-_-

    BalasHapus
  7. Cantik mbak Pungky, kainnya yg dipadankan dengan atasan lektong polos dan kalung, simple dan menarik untuk membeli di Zalora,hehehe.. salam kenal mbak Pungky, saya new mommy blogger��

    BalasHapus
  8. Cantik banget kak pokonya,,, jadi pengennnn wkwkwkwwk :D

    BalasHapus