Pungky Prayitno @ 2013. Diberdayakan oleh Blogger.

Fitur-Fitur Gratis Google Ini, Bisa Bikin Bisnis Kamu Melejit, Cobain Yuk Sekarang!

Andina Nabila Irvani namanya, pengusaha cantik dibalik toko sepatu Slight Shop. Percaya nggak, berkat digital marketing, omsetnya meroket lebih dari 500%. Crazy! Atau pernah dengar Fadly Sahab? Mas-mas ini adalah CEO dari ZAP Clinic, karena online marketing, kliniknya berhasil menembus 1 juta treatment dalam setahun. Sarap, ya?

Ya, segila itu efek dari online marketing. Tapi sayangnya, dari 55 juta lebih UKM di Indonesia, yang punya situs sendiri kurang dari 16%. Duh, sayang amat. Padahal ya, 69% orang Indonesia mencari informasi pertama lewat internet. Adopsi digital bisa banget meningkatkan pendapatan UKM sampai 80%! Ow.




Nah, untuk mendukung kemajuan UKM di Indonesia, google meluncurkan beberapa fitur yang bisa digunakan gratis, supaya para pelaku usaha bisa melejitkan bisnisnya. Kamu salah satu pengusaha itu? Ini dia fitur-fitur google yang bisa kamu gunakan:


Tau nggak sih kalau kecepatan loading situs, itu pengaruh banget sama jadi atau enggaknya orang berkunjung. Kalau kamu punya situs buat bisnis, ya sayang banget dong kalau calon customer pada kabur cuma karena situsmu lelet.

Nah, Uji Situs Saya ini bisa ngasih informasi berharga tentang kecepatan situs kamu. Tinggal masukin aja url-nya, nanti akan keluar berapa detik waktu yang dibutuhkan untuk mengakses situsmu dalam jaringan 3G. Kerennya, kita juga bakal dikasih report ke email lengkap sama cara mempercepat pemuatan dan penampilan situs web bisnis. Jadi ada do and dont gitu, biar kita bisa langsung mengatur ulang situs kita supaya kecepatan pemuatannya bisa lebih wasweswos.

Karena aku blogger, nggak punya situs bisnis, jadi yang aku cek adalah blog sendiri hahahaha. Sip banget lho, aku jadi tau kalau blog aku ini lelet dan yang harus diubah adalah ukuran gambar di setiap postingan! Dikasih tau juga kalau pengunjung blogku bisa hilang sampai 28% karena keleletan ini.

Nggak bingung benerinnya, karena dia juga sekalian ngasih tau cara-cara biar blogku loadingnya cepet. Lengkap dan detil. Ntap banget pokoknya, aku jadi pengin maap-maap ke pembacaku atas keleletan ini hahahaha maap yaaaa.

2. Postingan di Google Bisnisku

Setiap usaha, wajib deh kayaknya punya halaman di Google Bisnisku ini. Jadi bisnis kita kayak punya situs sederhana di google, dan ini ngebantu saat orang-orang melakukan pencarian. Bisnis kita, jadi lebih mudah terpampang, baik di google penelusuran, maupun di google maps.

Misalnya nih, aku buka toko bulu-bulu princess di Purwokerto. Terus karena aku punya postingan di Google Bisnisku, saat ada yang googling 'Toko Bulu Princess Recomended di Purwokerto', itu mungkin banget yang muncul teratas adalah tokoku lengkap dengan alamat dan kontaknya. Ya orang jaman sekarang kan, bersin sama nanya google aja duluan nanya google. Bingung cari alamat daripada nanya orang mending buka google maps yakan. Nah, membuat bisnis kita beserta alamatnya ada di sana, tentu keputusan yang menguntungkan, yakan yadong? Gratis, kok!

Gratis tapi bisa menyedot banyak pelanggan baru. Ajib gak tuh :D



**

Oiya, buat yang sudah sering beriklan online, ada kabar baik lho. Sekarang, pembayaran AdWords sekarang dapat dilakukan melalui ATM. Tony Keusgen, managing director Google Indonesia, bilang, “Kami berusaha menyediakan sebanyak mungkin opsi pembayaran selain dengan kartu kredit dan transfer bank bagi UKM,” Tujuannya, untuk memberdayakan perempuan dengan berbisnis online, bisa jadi pengusaha dengan jam kerja yang lebih fleksibel.

Tony Keusgen Managing Director Google Indonesia, Veronica Utami Head of Marketing Google Indonesia, dan Jason Tedjasukmana Head of Corporate Communications Google Indonesia dalam acara #GoogleUntukUKM

Kamu sudah berbisnis tapi belum meng-online-kan bisnismu? Nih, aku sampaikan sedikit kalimat manis dari Aprilia Melissa, pemilik usaha Let's Go Gelato yang sekarang sedang melejit, "Dunia digital membuat bisnis saya mengjangkau sangat luas. Go digital and make yourself limitless!".

Lalu aku jadi pengin berbisnis gara-gara mereka. Buka jasa foto panggilan gitu lucu kali, ya. Foto panggilan spesialis buat ngasih makan feed instagram HAHAHAHA pung ah.

2 komentar

  1. Beberapa waktu lalu ada pihak google datang ke toko. :D Ternyata untuk ini. :D

    BalasHapus
  2. Kak Pungky, thanks banget buat postingannya!! Aku pebisnis online dan masih manual untuk promo dagangan. Ini ilmu baru yang bermanfaat bgt buat aku.

    BalasHapus